Mengawali Pagi Yang Sederhana Dengan Sogol khas Bumiayu

Bumiayu adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Brebes, kota tersebut merupakan jalur utama yang menghubungkan antara kota Brebes dan kota Purwokerto, sehingga arus transportasi du jalan utama kota ini sangat padat.

Jalan berkelok serta hamparan bukit bukit mengitar memagari sawah sawah yang terbentang luas adalah pemandangan yang sangat identik dengan kota ini, hampir mayoritas penduduknya adalah petani, sehingga aktivitas pada pagi begitu kentara.

Bicara soal Bumiayu, ada satu hal yang perlu dicoba ketika berkunjung ke Kota yang juga terkenal dengan terlur asinnya ini, yakni tentang kulinernya yang sangat menggugah selera. Terdapat beberapa kuliner legendaris yang sangat unik disini, salah satunya adalah Sogol.

Sogol, merupakan makanan khas yang ada di kota ini, bukan makanan mewah dengan racikan bumbu yang kompleks, Sogol bisa dibilang kuluban, tapi bahan utama dan bahan dasarnya adalah tauge.

Sogol, Makanan khas Bumiayu, Image By : luckyonexox.blogspot.com
Sogol, Makanan khas Bumiayu, Image By : luckyonexox.blogspot.com

Bahan dasar yang identik dengan kesuburan ini dibumbui dengan kelapa dan santan, kadang kala para penjaja makanan pasar di setiap pasar Bumiayu menyediakan makanan ini untuk sarapan pagi bagi warga Bumiayu.

Ada sebutan sendiri dari ritual menyantap Sogol, yaitu Nyogol, dalam menyantap sogol biasanya didampingi dengan mendoan hangat serta teh tawar hangat.

Mungkin dalam tatanan strata makanan, Sogol dalam satu level dengan getuk dan makanan khas daerah lainnya, tapi makanan khas ini tak hanya soal kemewahan ataupun rasa. Lebih dari itu nyogol menjadi sebuah ikon yang menggambarkan kesederhanaan kota Bumiayu.

Jadi jika berkunjung ke Bumiayu, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi Sogol ini ya, selain unik dan sudah legendaris, rasanyapun sangat nikmat.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

BAGIKAN
Komentarmu?