in ,

Ombak Besar Jadi Daya Tarik, Pantai Sorake Nias Selatan Jadi Lokasi Event WSL 2023

gnews piknikdong
Bagikan:

Piknikdong.com, Jakarta – Menparekraf mendukung Kejuaraan World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 Kualifikasi seri 5000 di Pantai Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara yang akan digelar pada 11-17 September 2023.

Advertisements

“WSL Nias Pro 2023 ini saya mendapat tugas dari Bapak Presiden Joko Widodo untuk memastikan kesuksesannya, jadi kami akan memantau dan mengirimkan tim yang akan mengikuti jalannya acara.

Tahun sebelumnya saya hadir di Nias Selatan,”

kata Menparekraf Sandiaga saat “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (4/9/2023).

Ombak Besar di Nias Selatan Jadi Daya Tarik 192 Peserta Ikut Kejuaran WSL
Ombak Besar di Nias Selatan Jadi Daya Tarik 192 Peserta Ikut Kejuaran WSL, photo : Kemenparekraf

Pantai Sorake sudah kali keempat menjadi lokasi event kejuaraan selancar internasional, dengan daya tarik dan karakteristik ombak kanan (right hander) terbaik di dunia.

Ini yang menguatkan minat para peserta dari penjuru dunia untuk datang ke kabupaten yang memiliki desa wisata yang terkenal dengan atraksi budaya lompat batu itu.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kebudayaan, Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan Anggreani Dachi menjelaskan, wisata olahraga ini bukan hal yang baru bagi Kabupaten Nias Selatan, karena ini sudah merupakan event keempat yang hadir di wilayah itu.

Pihaknya bekerja sama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) untuk pelaksanaan dan teknis pertandingan.

Advertisements

“Sudah 192 peserta dari 12 negara yang mendaftar.

Kami siap menerima dan menyambut wisatawan yang datang, target wisatawan untuk ajang ini dari 192 peserta yang akan hadir mereka dipastikan tidak hadir sendiri, karena mereka datang bersama official, teman, dan pendukungnya sehingga target wisman sekitar 600 orang, dan wisnus mencapai 20 ribu orang, karena memang selain main event, kami juga menyelenggarakan side event untuk menarik wisatawan,”

katanya.

Sementara itu, Sekjen PSOI Tipi Jabrik Noventin mengatakan, tahun ini pihaknya mendapatkan informasi ramalan cuaca bahwa ombak pantai di wilayah itu akan besar sekali saat event berlangsung.

“Dan ini jadi satu alasan banyak peserta yang membawa fotografer dan tim media mereka.

Ini salah satu kelebihan ombak Nias yang bukan hanya untuk bertanding, mereka juga akan mendokumentasikan ombak yang sangat baik besok saat event,”

Advertisements

katanya.

Tipi juga berharap, pemerintah melalui Kemenparekraf bisa mendukung kesuksesan WSL Nias Pro ini, karena saat ini masih ada kendala terkait dengan akses menuju bandara di Gunung Sitoli.

“Kami sedang melakukan berbagai upaya karena saat ini masih ada penerbangan ke Nias Selatan.

Bagaimana 200 peselancar dengan 200 board bag bisa sampai di Pantai Sorake,”

ujarnya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.