Mengintip Wisata Tebing Koja, Kandang Godzilla dari Tangerang

Bagi yang ingin melepas kepenatan sehari-hari, ada rekomendasi tempat wisata seru dan menarik untuk dikunjungi nih, nama tempatnya adalah Wisata Tebing Koja, atau nama kerennya Kandang Godzilla.

Jangan salah sangka dulu ya, dari namanya memang sudah terbayang hal-hal yang menyeramkan, tapi kenyataannya sangat berbeda, dijamin deh bakal dimanjakan dengan keindahan.

Sejarah Tebing Koja

Sebelum itu, kenalan lebih dekat dulu dengan Taman Tebing Koja yuk, atau yang sering disebut dengan kandang gozilla.

Tebing Koja, Image By IG : @weldaswenda
Tebing Koja, Image By IG : @weldaswenda

Tebing koja merupakan kawasan batu kapur yang terbentuk secara alami di area seluas 2 hektar.

Di dalamnya banyak terdapat batuan kapur yang terbentuk atau menjulang tinggi, dan ada salah satu batu yang menyerupai bentuk dari kadal raksasa yang dikenal dengan nama Godzilla.

Nah dari situ munculah nama kandang godzilla yang mulai dipopulerkan oleh pengunjung yang berdatangan ke kawasan tebing Koja. Uniknya hingga saat ini nama Kandang Godzilla lebih dikenal daripada nama asli Tebing Koja, bahkan jika kalian search di Google pun munculnya nama tebing Godzilla.

Kawasan ini dulunya lahan kapur yang mulai ditambang secara manual oleh warga setempat menggunakan alat sederhana seperti cangkul, dan lama – kelamaan tergeruslah lahan yang semula datar menjadi sedalam 5-10 meter.

Bebatuan di Tebing Koja, Image By IG : @weldaswenda
Bebatuan di Tebing Koja, Image By IG : @weldaswenda

Terbentuknya tebing yang menjulang, karena dulu alat yang digunakan untuk menambang sangat sederhana, jadi ketika mendapati bagian yang keras atau sulit digali akan ditinggalkan. Dari situlah muncul tebing-tebing batu yang tak beraturan yang ternyata tebing sisa penggalian tersebut menjadi tebing yang indah jika diamati.

Tebing Koja mulai dikenal sejak tahun 2017 yang bermula dari keviralan-nya di media sosial terutama instagram. Dari situ banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahan Tebing Koja.

Dimana alamat Tebing Koja?

Kawasan Tebing Koja atau Kandang Godzilla berada tepat di Desa Cireundeu, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Lumayan jauh dari pusat kota Tangerang yakni 42km dan harus ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Transportasi ke Tebing Koja

Jika kalian menggunakan transportasi umum maka kereta adalah pilihan yang tepat. Karena ada stasiun yang terbilang cukup dekat dengan lokasi Tebing Koja ini, namanya Stasiun Maja.

Kalian dapat memanfaatkan KRL Comuterline relasi Tanah Abang-Rangkasbitung atau Tanah Abang-Maja, tiketnya cukup murah yaitu 7.000,- saja.

Dari stasiun tersebut bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek yang siap mengantar sampai sungai yang tidak jauh dari kawasan wisata Tebing Koja, tarif ojeknya juga cukup murah yaitu kisaran Rp 10.000,-. aja.

Dari tepi sungai tersebut kalian akan melanjutkan perjalanan menggunakan rakit untuk menyusuri sungai dengan tariff 5.000/orang dan maksimal dalam satu rakit di isi 7 orang saja, karena rakit yang digunakan masih sederhana dan terbuat dari bambu.

Setelah turun dari rakit kalian cukup jalan kaki selama sekitar 10 menit saja dan sampailah pada kawasan tebing Koja.

Berburu Spot Foto Tebing Koja, Image by IG : @vnyfe
Berburu spot foto menarik di Tebing Koja, Image by IG : @vnyfe

Namun sebelum masuk ke kawasan tebing Koja ini jangan lewatkan beberapa spot yang ada seperti gubuk kayu yang dapat dijadikan latar berfoto, untuk biaya masuk ke gubuk ini 5.000,- saja.

Jam Buka Kawasan Tebing Koja

Jam buka kawasan Tebing koja yaitu mulai pukul 07.00-18.30 WIB. Memang tidak dibuka sampai malam karena masih kurangnya sarana penerangan di kawasan tebing koja ini, namun jika kalian termasuk yang menyukai sunset maka jangan lewatkan momen mengabadikan sunset di Tebing Koja, karena sunset disini menjadi salah satu yang terbaik.

Harga Tiket Masuk Tebing Koja

Harga tiket masuk tebing koja ini sangatlah murah, dengan membayar 5.000,- kalian sudah dapat berkeliling dan berfoto sepuasnya.

Fasilitas yang ada di kawasan tebing koja memang belum sepenuhnya memadahi, namun disini sudah ada tempat parkir untuk kendaraan pribadi dan juga warung makan yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk pengunjung.

Daya tarik Tebing Koja

Selaian wisata bebatuan alami yang indah, apalagi sih yang bisa dinikmati jika berkunjung kesini?

Naik Perahu di Tebing Koja atau Kandang Gozila, Image by IG : @idhayhidayat
Naik perahu di Tebing Koja atau Kandang Gozilla, Image by IG : @idhayhidayat

Di area Tebing Koja ini juga terdapat area persawahan, serta kolam yang berwarna hijau pekat yang dapat dinikmati menggunakan sampan untuk berkeliling.

Tebing Koja Tangerang, Image by IG : @vnyfe
Tebing Koja Tangerang, Image by IG : @vnyfe

Selain itu bagi yang hobi foto dapat pula eksplor area-area yang menarik dan tentunya instagramable, jika beruntung, akan mendapatkan foto sunset maupun sunrise dengan latar kabut, seakan-akan tebing yang ada tengah bersembunyi. Dijamin indah banget deh.

Tips berkunjung ke Tebing Koja

Ada sedikit tips yang perlu diperhatikan ketika akan mengunjungi Tebing Koja ini. Seperti :

  1. Waspada terhadap keselamatan, kenapa demikian? Karena kawasan ini masih dikelola dengan sangat seadanya, belum banyak fasilitas yang menunjang keselamatan baik itu rambu-rambu dan perlengkapan keamanan lainnya.
  2. Gunakan alas kaki yang memiliki sol datar, baik itu sepatu ataupun sandal, karena dikawasan ini akan membuat pengunjung banyak melakukan jalan kaki dan naik turun tangga,  serta beberapa bebatuan disini lebih licin jika basah, jadi jangan sampai salah dalam pemilihan alas kaki.
  3. Sebelum berangkat sebiaknya isi full baterai smartphone, powerbank atau kamera kalian, karena dikawasan ini akan ada banyak sekali spot yang sayang untuk dilewatkan, jangan sampai momen indah kalian terhalang baterai lemah.
  4. Untuk waktu kunjung yang baik yaitu pada pagi atau sore hari, selain nanti akan mendapat suasana foto yang baik, cuaca juga akan lebih mendukung. Kurang disarankan mengunjungi saat siang hari karena cuaca panas, dan pastinya akan membuat lebih mudah capek saat berjalan keliling.
  5. Terakhir yang perlu selalu diingatkan kepada semua pengunjung adalah selalu patuhi peraturan yang ada terutama soal kebersihan. Jangan sampai kita cuma mau menikmati keindahannya saja tapi tidak mau ikut menjaga kebersihan. Mari tunjukkan jika pengunjung dan penikmat pariwisata dapat bertanggungjawab terhadap sampah yang dibawa/diciptakan.

Nah itulah ulasan tentang Tebing Koja atau banyak orang menyebutnya dengan Kandang Goazila. Sangat menarik bukan? Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 9

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Seorang mahasiswa ekonomi yang hobi akan main musik, selalu meluangkan waktu untuk travelling ditengah kesibukan. Kegiatan yang menyenangkan lain adalah tidur.
BAGIKAN
Komentarmu?