Inilah Pesona Tersembunyi Dari Pulau Cemara Besar Di Karimunjawa

Mungkin masih banyak dari anda yang belum tahu dengan Pulau Cemara Besar, Pulau tersebut sebenarnya masih satu kawasan dengan kepulauan Karimun Jawa, di Utara Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Pulau Cemara Besar tidak kalah menariknya dengan Pulau – pulau lain, Pulau yang satu ini juga menawarkan Keindahan yang sangat mempesona.

Pulau Cemara Besar ini memiliki air laut yang jernih, pantai berpasir putih, dan disepanjang pesisir pantai ditumbuhi oleh pohon cemara membuat Pulau tersebut masuk dalam daftar wisata terindah di Jawa Tengah. Penamaan pulau diambil dari sebuah lahan seluas lebih dari 3 hektar yang ditumbuhi oleh pohon cemara yang sangat lebat, sehingga Pulau tersebut dinamakan Pulau Cemara Besar.

Pulau cemara besar
Ketika anda mengunjungi Pulau Cemara Besar ini hanya dapat sampai di garis pantai saja, dan tidak dapat masuk kedalam pesisir pantai, hal tersebut dikarenakan Pulau Cemara Besar dikelilingi oleh perairan yang cukup dangkal, sehingga apabila anda ingin mengunjungi pulau tersebut, anda harus turun dari perahu kemudian berjalan kaki menuju ke daratannya.

Pulau Cemara Besar juga dikenal dengan kekayaan dan keanekaragaman biota lautnya, pada saat anda berjalan menuju kedaratannya atau sekalipun anda sedang berada diatas kapal, anda akan menyaksikan dengan jelas ikan – ikan yang sedang berenang di air yang sangat jernih tersebut.

Tidak hanya spesies ikan saja yang dapat anda lihat disana, tetapi juga berbagai macam dan jenis terumbu karang terdapat di perairan tersebut seperti misalnya table coral, staghorn coral, brain coral, dan masih banyak lagi jenis terumbu karang yang sangat indah.

bening pantai di pualau cemara besar
Bagi wisatawan yang ingin Snorkeling atau menyelam di Pulau Cemara Besar untuk menikmati keindahal surga bawah lautnya, tidak perlu bingung, karena hampir pada setiap sudut di pulau tersebut terdapat spot yang sangat baik untuk melakukan kegiatan tersebut.

sekeliling pantai cemara besar yang penuh pohon cemara

Anda dapat menemukan beraneka ragam jenis ikan dan terumbu karang dengan warna yang sangat indah. Pulau Cemara Besar juga terkenal dengan suasana yang sejuk dan hijau, berkat pohon cemara yang tumbuh pada hampir seluruh daratannya, beningnya air dan putihnya pasir di sekeliling Pulau tersebut, menciptakan gradasi warna yang sangat menyejukan mata para wisatawan, untuk itu tak Jarang wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di Pulau Cemara Besar yang cantik ini.