Pasar Kangen Jogja, Cara Mudah Mengobati Rasa Kangen

Pasar Kangen Jogja merupakan event tahunan yang selalu dinanti banyak orang. Kali ini Pasar Kangen Jogja kembali hadir di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) dari 19-27 juli 2016.

Tema Pasar Kangen Yogyakarta kali ini adalah “Pasar Aja Ilang Kumandange”. Seperti yang dikutip dari Jogja.co tema ini memang dipilih untuk mengingatkan kepada publik bahwa selain peristiwa ekonomi yang terjadi di pasar, ada juga peristiwa sosial yang menjadi ruh sebuah pasar.

Pasar Kangen Yogyakarta
image : @biiimaa

Dialog antara pembeli dan penjual, transaksi, dan proses tawar menawar dangan merupakan arti dari “Kumandange Pasar”.

Dari situlah sebuah nilai kearifan lokal muncul serta nilai kemanusiaan saling dipupuk bersama. Hal inilah yang sekarang sudah tidak ada lagi, ketika pasar tradisional sudah mulai tergusur dengan hadirnya Mall dan toko yang berjejaring ang sekarang sudah merambah ke desa-desa.

Apa Aja sih yang menarik di Pasar Kangen Jogja?

Banyak sekali hal menarik yang bisa ditemui di Pasar Kangen Jogja kali ini seperti berbagai macam makanan tradisional yang sekarang sudah jarang ditemui, jajan pasar yang lengkap, sampai barang-barang jadul, yang pastinya akan mengobati rasa kangen dan serasa kembali kejaman dahulu.

Sate di pasar Kangen Yogyakarta
image : @andaa

Beberapa makanan yang sekarang sudah sulit ditemui seperti thiwul, lopis ketan, cenil, sate kere dan masih banyak lagi bisa pengujung temukan di Pasar Kangen Jogja.

Masih ada hal yang menarik lagi di Pasar Kangen Jogja kali ini, yakni tentang pergelaran berbagai kesenian tradisional yang akan menghibur para pengunjung Pasar Kangen, seperti Keroncong, Jatilan, Ketoprak, Wayang Orang, Ndolal, sampai Angguk.

Pasar kangen jogja jathilan mudho budoyo
image : @tyo_free

Jadi sambil menikmati menikmati makanan khas jaman dulu, pengunjung juga bisa menikmati sajian kesenian tradisional jaman dulu yang sekarang ini masih lestari dan pastinya benar-benar akan dibawa jaman tempoe doloe.