Uniknya Wisata Lubang Sewu Erorejo Wonosobo

4 min read

Jika mendengar kata Wonosobo, pasti yang terlintas adalah kotanya yang dingin dan sejuk. Selain itu untuk wisata adalah Kawasan Dieng.

Nah kali ini bukan wisata kawasan Dieng yang akan kita bahas, karena Wonosobo juga memiliki destinasi wisata asik lainya seperti yang satu ini, Lubang Sewu Erorejo.

Pastinya masih sangat asing bukan jika mendengar Wisata Alam Lubang Sewu ini? Wajar saja, karena memang baru diresmikan tahun 2015 lalu, dan belum terkenal seperti halnya Dataran Tinggi Dieng.

Ada apa sih di Wisata Lubang Sewu Erorejo ini?

Lubang Sewu Erorejo ini merupakan tepian Waduk Wadaslintang. Waduk Wadaslintang berada di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosono, Jawa Tengah. Waduk yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting, karena menopang kerhidupan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Lubang Sewu Erorejo ini merupakan tepian Waduk Wadaslintang
image : www.mampirngopi.com

Jika bicara tentang waduk, pasti yang terbesit adalah sebuah danau yang luas dengan fungsi utama sebagai pengairan atau pembangkit tenaga listrik.

Namun Waduk yang satu ini sangat berbeda, karena terdapat deretan batu kapur yang berjajar unik sekali seperti membentuk pola, selain itu batuan kapur tersebut memiliki banyak lubang  dan disinilah yang dimaksud dengan Wisata Lubang Sewu Erorejo.

lubang sewu wonosobo
image : @bendottetapsemangat

Keindahan Batu kapur yang ada di Lubang Sewu Erorejo ini, kadang terlihat seperti Grand Canyon kecil yang sangat cantik yang berwarna putih.

Di tepian Waduk Wadaslintang, tidak semuanya berupa batuan kapur, hanya diarea Lubang Sewu inilah yang sekarang menjadi destinasi wisata unik dari Wonosobo.

Menuju Wisata Lubang Sewu Erorejo Wonosobo

Untuk menuju destinasi Wisata Lubang Sewu Erorejo ini tidaklah sulit, jika dari terminal Sawangan, pengunjung bisa mengambil jurusan ke Wadaslintang, dengan estimasi waktu sekitar 45 menit lebih sudah sampai di pasar Wadaslintang. Dari pasar ini diteruskan menuju Desa Erorejo sekitar kurang lebih 20 menit saja, ketika disana sudah bisa ditemui plakat dengan arah menuju Lubang Sewu.

Fasilitas Yang Ada di Lubang Sewu Erorejo

Untuk akomodasi atau fasilitas yang ada di Lubang Sewu sudah lumayan, karena sudah terdapat beberapa spot menarik untuk istirahat, seperti Gazebo, Mushola dan WC. Namun untuk penginapan memang belum ada, jadi rencanakan perjalanan lebih awal lagi.

Untuk itu warung-warung juga sudah ada dengan menjajakan makanan khas Wonosobo. Selain itu jika ingin memancing, di Waduk Wadaslintang jika terdapat lokasi pemancingan.

Nah sekarang, jika berkunjung ke Wonosobo, jangan lupa Destinasi Wisata Lubang Sewu ini masukkan kedalam list tempat yang wajib dikunjungi.

 

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Dalam Negri