10 Tempat Sate Kambing Paling Enak di Jakarta

Siapa sih yang tidak suka dengan Sate? Makanan khas Indonesia ini selalu digermari siapapun, bahkan banyak wisatawan luar negeri pun suka dengan sate.

Sate biasanya disajikan dengan berbagai macam bumbu, tergantung dari sate daerah mana, karena setiap daerah di Indonesia memiliki sate khas daerah mereka masing-masing.

Perlu diketahui juga, sekarang ini sate juga sangat populer di negara-negara Asia Tenggara lho, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Bahkan di Belanda, sate juga cukup terkenal.

Kembali ke topik utama ya, bicara soal sate di Indonesia, dimanapun kalian berada pasti sangat mudah menemukannya, termasuk di Ibukota Jakarta.

Nah, dari saking banyak sate di Jakarta, kali ini piknikdong bakal share nih 10 Sate Paling enak di Jakarta. Dimana saja lokasinya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Sate Palmerah / Kim Tek

Sate Palmerah Kim Tek, Image By IG : @788autocare
Sate Palmerah Kim Tek, Image By IG : @788autocare

Sate Kim Tek ini dulunya bernama Sate Palmerah, hal ini dikarenakan sempat berjualan di Jalan Palmerah. Sedangkan sekarang berada di Jl. Panjang Arteri Klp. Dua Raya No.08 A, Kebon Jeruk Kota Jakarta Barat.

Pilihan sate disini sangat bervariasi, mulai dari sate daging kambing, jantung, buntut, sop kambing sampai gule kambing.

Sate Kim Tek sudah sangat melegenda, dan selalu ramai pembeli, kenapa melegenda? karena Sate Kim Tek ini sudah ada sejak tahun 1971. Dulu usaha keluarga ini dirintis oleh almarhum Tan Kim Tek, ayah dari Sintje Tirtadirja. Sepeninggal sang pendiri tahun 1993, usaha tersbeut dikelola oleh anaknya Sintje Tirtadirja. Menu yang paling populer disini adalah sate kambing dang gule kambing.

Untuk harga sate disini bisa dibilang standar, karena dibanderol mulai dari Rp. 8000/tusuk untuk sate kambingnya, dan sop kambing sekitar 50.000. Jadi jika diambil rata-rata harganya Rp. 8000 – Rp. 100.000 kita sudah bisa memilih menu yang kita sukai di Sate Kim Tek.

Alamat: Jl. Panjang Arteri Klp. Dua Raya No.08 A, RT.8/RW.4, Sukabumi Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 11.00 WIB – 21.00 WIB

2. Sate Ayam dan Kambing RSPP H. Romli

Sate Ayam dan Kambing RSPP H. Romli, Image By IG : @miekepuspa
Sate Ayam dan Kambing RSPP H. Romli, Image By IG : @miekepuspa

Sate Ayam dan Kambing RSPP H.Romli ini tidak kalah melegenda dengan yang pertama tadi, karena berdiri sejak tahun 1960an. Yang paling unik disini adalah saat membakar sate, mereka masih mempertahankan menggunakan kipas manual (bukan kipas angin listrik) hal ini agar membuat bumbu meresap rata dan sempurna di dalam sate.

Saat ingin makan sate disini disarankan jangan datang pas makan siang, karena dijamin akan sangat antri. Wajar sih, karena penggemarnya juga sangat banyak.

Untuk range harga Sate Ayam dan Kambing RSPP H.Romli bisa dibilang sangat terjangkau juga. Untuk satu porsi sate ayam dibanderol Rp. 20.000 sedangkan untuk sate kambing sekitar Rp. 35.000 saja. Jika menambah lontong dikenakan biaya Rp. 5000.

Ada yang perlu diketahui nih, jika kalian datang pada sore hari hingga malam hari, biasanya ada tambahan spanduk bertuliskan Sate Pak Muri. Sate Pak Muri ini adalah adik dari Sate H Romli, dimana beliau berjualan mulai dari jam 15. 30 sampai larut malam.

Cara memasak dari Pak Muri juga berbeda dengan Sate H. Romli, untuk sate Pak Muri ini memiliki aroma yang lebih kuat saat membakar sate. Selain sate ayam dan kambing, Sate Pak Muri juga tersedia sate kulit ayam dan jeroan.

Untuk segi rasa, tentu keduanya sama-sama enak, karena memang saudara dan mereka juga berbagi resep rahasia dari kenikmatan sate yang sudah melegenda ini. Jadi tinggal pilih mana yang kalian sukai.

Alamat : Jl. Kyai Maja No.21, RT.10/RW.7, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 08.00 WIB – 15.00 WIB (H. Romli) – 15.30- Larut Malam

3. Rumah Makan Sate Tegal H. Sadjim

Rumah Makan Sate Tegal H. Sadjim, Image By IG : @samuelseraphine
Rumah Makan Sate Tegal H. Sadjim, Image By IG : @samuelseraphine

Konon Sate Tegal H. Sadjim ini dulunya hanya berpromosi dari mulut ke mulut, namun karena memang tidak bisa dipungkiri kelezatannya, hal inipun membuat lokasinya selalu ramai oleh penggemar sate di Jakarta. Tidak hanya masyarakat biasa, banyak artis dan pejabat sudah pernah makan disini.

Lokasi dari Sate Tegal H. Sadjim ini sangat mudah dijangkau karena berada di BenHil Tanah Abang, Jakarta Pusat. Untuk menu yang menjadi andalan adalah Sate Kambing, jika yang suka kuah, ada juga pilihan sop dan gule kambing. Sedangkan jika yang memiliki riwayat darah tinggi, disini bisa memilih menu sate ayam dan beberapa camilan seperti tahu goreng.

Alamat : Jl. D. Tondano No.8A, RT.1/RW.4, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 10.00 WIB – 00.00 WIB

4. Sate Kambing Haji Giyo

Sate Kambing Haji Giyo, Image By IG : @manameishospie
Sate Kambing Haji Giyo, Image By IG : @manameishospie

Sate Kambing Haji Giyo ini juga termasuk yang melegenda lho, karena sudah berdiri sejak tahun 1974. Saking larisnya, tempat sate paling enak di Jakarta ini bisa menghabiskan skitar 15 kambing setiap harinya. Bahkan jika di hari libur bisa mencapai 2 ekor kambing.

Porsi sate kambing disini terkenal besar dan mengenyangkan. Jadi lebih baik pesan semampunya saja. Proses pembuatan sate kambing disini juga masih mempertahankan proses tradisional menggunakan anglo, arang batok serta kipas manual atau tradisional.

Alamat : RT.11/RW.6, Cipinang Besar Sel., Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 10.00 WIB – 23.00 WIB

5. Sate Kambing Batibul Bang Awi

Sate Kambing Batibul Bang Awi, Image By IG : @satekambingbatibulbangawi
Sate Kambing Batibul Bang Awi, Image By IG : @satekambingbatibulbangawi

Yang kelima adalah Sate Kambing Batibul Bang Awi. Ada yang sangat unik disini, ternyata nama Batibul ini merupakan singkatan dari “Bawah Tiga Bulan” yang memiliki arti, kambing yang dipakai untuk sate kambing ini memiliki usia dibawah 3 bulan. Hal inilah yang membuat tekstur dari Sate Kambing Batibul Bang Awi ini sangat empuk.

Alamat : Jalan Doktor Saharjo No. 100B, RT.2/RW.7, Menteng Atas, Setia Budi, RT.2/RW.7, Menteng Atas, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 09.30 WIB – 22.00 WIB

6. Pondok Sate Djono Jogya Pejompongan

Pondok Sate Djono Jogya Pejompongan, Image By IG : @rorodyah
Pondok Sate Djono Jogya Pejompongan, Image By IG : @rorodyah

Di Pondok Sate Djono Jogya Pejompongan ini kalian bisa melihat langsung cara sate dibakar. Selain itu, karena menggunakan kambing yang masih muda, tekstur dari satenya pun sangat empuk.

Advertisements

Lokasinya memang tidak cukup besar, jadi disarankan pakai ojol kesini atau rame-rame naik 1 mobil, agar parkirnya tidak pusing. Selain itu jika tidak ingin terlalu ramai dan antri, jangan datang saat jam makan siang, karena banyak orang kantoran yang makan disini. Wajar sih, memang penggemar sate di Jakarta pasti tau dengan lokasi Pondok Sate Djono Jogya Pejompongan.

Alamat : Jalan Penjernihan 1 No. 5B, Pejompongan, RT.7/RW.6, Bend. Hilir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 10.00 WIB – 22.00 WIB

7. Sate H. Maksudi

Sate H. Maksudi, Image By IG : @warungsatehajimaksudi
Sate H. Maksudi, Image By IG : @warungsatehajimaksudi

Sate H. Maksudi menyuguhkan sate kambing khas Betawi. Jadi untuk kalian penggemar Sate Betawi, wajib dateng kesini deh. Selain sate kambing, disini juga tersedia, sate ayam, sop kambing, gule kambing, sop iga sapi, sampai soto betawi.

Sate kambing disini dagingnya besar-besar dan empuk, selain itu bisa juga pesan memakai campuran lemak atau tidak. Begitu pula untuk sate ayam disini juga dipotong besar-besar untuk dagingnya.

Alamat : Jl. Karang Tengah Raya No.89, RT.4/RW.4, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 08.00 WIB – 21.00 WIB

8. Sate Kambing Khas Solo/ Sate Kambing Solo Berkat

Sate Kambing Khas Solo Sate Kambing Solo Berkat, Image By IG : @judyhartoyo
Sate Kambing Khas Solo Sate Kambing Solo Berkat, Image By IG : @judyhartoyo

Aneka masakan kambing ada disini, seperti sate, gule, dan tongseng. Selain itu jika makan sate disini jangan lupa untuk mencoba sate buntel khas Solo.

Lokasi sate kambing khas Solo ini selalu ramai oleh penggemar sate di Jakarta. Jadi bisa datang disaat bukan jam makan siang. Disarankan kesini menggunakan transportasi publik, karena minimnya lahan parkir.

Alamat : Jl. Prof. DR. Satrio No.16 B, RT.4/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 09.00 WIB – 22.00 WIB

9. Sate Kambing Jaya Agung

Sate Kambing Jaya Agung, Image By IG : @bondz.jr
Sate Kambing Jaya Agung, Image By IG : @bondz.jr

Sate Kambing Jaya Agung merupakan salah satu tempat sate yang sudah sangat terkenal di Jakarta Selatan. Kebanyakan pembeli akan langsung ketagihan dengan potongan daging yang besar namun tetap empuk.

Disini tersedia berbagai menu olahan kambing, seperti sate kabing, gule kambing, sate hati kambing, soto madura, soto ayam sampai sop kaki sapi juga ada.

Jam buka hingga tengah malam membuat Sate Kambing Jaya Agung jadi pilihan yang paling tepat saat lapar setelah lembur kerja.

Alamat : Jl. KH. Wahid Hasyim No.56 C, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 09.00 WIB – 01.00 WIB

10. Cangkir Cafe Melawai

Cangkir Cafe, Image By IG : @mybitejournal
Cangkir Cafe, Image By IG : @mybitejournal

Makan sate kambing di tempat yang nyaman, adem dan homey, bisa banget ke Cangkir Cafe.

Penggemar sate di Jakarta pasti tau tempat yang satu ini, bahkan salah satu ikon kulineran Indonesia Almarhum Bondan Winarno atau sering juga dikenal dengan Pak Maknyus mengacungkan jembol untuk rasa sate kambing ditempat ini.

Alamat : Jl. Panglima Polim IX No.13, RT.7/RW.6, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Buka – Tutup ⋅ 10.00 WIB – 22.00 WIB

5.0
12

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?