5 Tips Buang Air Besar Saat Mendaki Gunung

Mengisi hari libur dengan mengunjungi berbagai tempat memang sudah menjadi kebutuhan saat ini, selain untuk refreshing berlibur juga dapat mengembalikan mood sehingga siap untuk kembali mengahadapi banyaknya pekerjaan yang sudah menunggu untuk diselesaikan.

Mau mengisi liburan ke pantai ataupun ke gunung itu tergantung pilihan masing-masing yang pasti semua tempat tersebut menyuguhkan pemandangan indah yang khas.

Bagi yang memiliki hobi untuk mendaki atau naik gunung maka sudah seharusnya memepersiapkan beberapa hal sebelum berangkat, mulai dari peralatan dan perlengkapan sampai makanan. Jangan sampai ketika sudah sampai di puncak kita bingung dan kelaparan karena tidak membawa bekal makanan serta minuman yang cukup.

Selain beberapa persiapan tersebut masih ada persiapan lain yang perlu diperhatikan, yaitu kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan dan hal ini juga tidak kalah penting loh, karena ini merupakan hal yang harus kita persiapkan dan kita jaga. Tidak jarang ketika kita sudah sampai puncak bingung saat kebelet BAB, karena ya sudah jelas dipuncak tidak ada wc umum yang bisa dipergunakan.

Tips BAB saat mendaki gunung
Tips BAB saat naik Gunung, Image By : warungkita.net

Nah berikut ini ada beberpa tips BAB (Buang Air Besar), untuk kaian yang mau mendaki Gunung. Yuk langsung saja.

1. Pilih lokasi yang tepat

Maksudnya carilah lokasi yang memiliki jarak agak jauh dari jalur pendakian atau lokasi pendirian tenda, jangan sampai kegiatan kalian mengganggu para pendaki lainnya, dan yang pasti lokasinya terlindungi, tidak mau kan ketika sedang khusuk tiba-tiba di intip oleh orang lain?

2. Pergunakan cara yang sehat

Cara yang sehat bukan berarti harus pakai masker atau perlindungan lainnya, tetapi yang dimaksud adalah sebaiknya kita mengubur kotoran kita. Jadi sebaiknya sebelum BAB, kita menyiapkan lubang untuk nanti mengubur kotoran, setelah lubang dibuat secara pas dan menarik maka saat itulah sebaiknya aktifitas bab ini dilakukan, dan jangan lupa siapkan air untuk cebok setelah selesai BAB.

Jika perlu siapkan tissu untuk mengelap/mengeringkan, setelah selesai jangan lupa untuk menimbun rapat-rapat buangan kita supaya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Persiapkan peralatan

Perlengkapan ini yang menunjang kebutuhan saat kita BAB di gunung ya, antara lain air botolan, bisa menggunakan air mineral atau air biasa, tissu (basah maupun kering) untuk mengelap atau mengeringkan nantinya, dan antiseptik agar kita tetep menjaga kesehatan.

4. Perhatikan lingkungan sekeliling

Meski kita sudah memlilih tempat yang aman dan tidak di intip oleh orang lain namun faktor keselamatan juga harus diperhatikan ya.

Jangan sampai nyari tempat sampai bibir jurang, bukan konsen BAB malah bisa-bisa nyungsep. Selain itu aman disini juga bisa diartikan aman dari ancaman tebing longsor, pohon yang mudah patah maupun ancaman hewan buas.

5. Memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan

Maksudnya kita harus menjaga kebersihan diri kita saat mendaki, jangan sampai sakit saat mendaki, sakit ini bisa dicegah dengan memcuci tangan sebelum makan, jangan membuang sampah sembarangan, makan-makanan yang sudah kadaluarsa serta jangan BAB sembarangan, karena hal tersebut berpotensi menimbulkan penyakit khususnya diare.

Oke itu tadi beberapa tips BAB saat mendaki yang dapat mimin bagikan, semoga dapat membantu ya. Selamat Mendaki

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?