Susah Fokus? Cobain Yuk, 10 Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi Berikut Ini!

Susah fokus dan sulit konsentrasi sudah menjadi masalah klasik setiap orang. Tentu sudah tahu kan apa akibat yang ditimbulkannya? Benar sekali, biasanya menjadikan kerjaan tidak kelar-kelar hingga hasil yang tidak maksimal.

Memang tidak bisa dipungkiri jika fokus seseorang itu berbeda-beda, ada yang cepat ada juga yang sulit sekali untuk konsentrasi atau fokus. Namun bukan berati hal itu tidak bisa dibenahi.

Kita bisa melakukan beberapa hal untuk pelatihan fokus yang nantinya akan berdampak pada kemampuan konsentrasi kita, seperti 10 hal berikut ini tentang cara mudah meningkatkan konsentrasi agar lebih mudah fokus terhadap suatu hal atau pekerjaan.

1. Kenali Masalah Yang Mengakibatkan Sulitnya Konsentrasi

Kenali Masalah Yang Mengakibatkan Sulitnya Konsentrasi, Image By : Pixabay
Kenali Masalah Yang Mengakibatkan Sulitnya Konsentrasi, Image By : Pixabay

Yang pertama, untuk meningkatkan konsentrasi kita, tentu wajib banget untuk mengenal sesuatu yang bisa mengganggu, atau mungkin mengacaukannya.

Dengan mengenali apa yang jadi kendala ini, kita bisa mencari jalan keluarnya. Salah satu contoh ketika kita mengerjakan sesuatu kemudian mendengar suatu keributan yang ada, seperti suara jalan yang ramai. Cobalah untuk mencari ruangan kedap atau mungkin ruangan yang ada dibagian lain agar tidak terdengar kebisingan kendaraan bermotor berlalu-lalang.

2. Cobalah Latihan Meditasi

Cobalah Untuk Latihan Meditasi, Image By : Pixabay
Cobalah Untuk Latihan Meditasi, Image By : Pixabay

Tahukah kamu jika meditasi ternyata sangat bermanfaat untuk fisik dan psikologis kita lho.

Untuk orang yang sulit berkonsentrasi, penting banget untuk mencoba belajar meditasi. Perlu diketahui, meditasi adalah latihan paling dasar untuk fokus terhadap suatu hal. Selain itu, meditasi ini akan mencegah pikun di usia mudah juga. So sangat bermanfaat sekali bukan?

Cara yang paling mudah untuk latihan meditasi adalah dengan fokus pada pernafasan, tumpukan fokus pada saat menarik dan membuang nafas secara perlahan, lalu pejamkan mata dan gunakanlah perasaan  lebih banyak saat sedang meditasi.

Orang bisa dinyatakan berhasil dalam bermeditasi jika batinnya terasa tenang setelah latihan ini. Tapi ingat, sebaiknya hindari meditasi ditempat yang ramai atau dilalui orang agar kita lebih mudah dalam berkonsentrasi.

3. Hindari Multitasking

Hindari Multitasking, Image By IG : Pixabay
Hindari Multitasking, Image By IG : Pixabay

Menghindari multitasking sangatlah penting. Jangan mengacu kita masih mudah bisa melakukan semua hal ya. Ingat, terlalu banyak multitasking justru akan membuat kita gagal fokus.

Cobalah untuk menentukan pekerjaan yang jadi prioritas utamamu. Jika memang kesulitan jangan ragu untuk meminta bantuan rekan atau tim yang ada.

4. Aturlah Mana Yang Jadi Prioritas Utama

Aturlah Mana Yang Jadi Prioritas Utama, Image By : Pixabay
Aturlah Mana Yang Jadi Prioritas Utama, Image By : Pixabay

Jika memang kegiatanmu membutuhkan multitasking dan konsentrasi yang ekstra. Salah satu caranya adalah dengan mengatur mindset untuk menempatkan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi sebagai prioritas utama untuk segera diselesaikan.

Memutuskan hal sebagai prioritas utama ini sangatlah penting, karena ketika batin sudah berfikir tentang aktivitas yang kita lakukan adalah prioritas utama, makan secara otomatis akan lebih mudah dalam berkonsentrasi.

5. Minum Air Yang Cukup

Minum Air Yang Cukup, image By : pixabay
Minum Air Yang Cukup, image By : pixabay

Mungkin dalam hati ada pertanyaan, tentang apa hubungan minum air dengan fokus dan konsentrasi? Nah, tahukah kamu jika dehidrasi bisa membuat orang menjadi sangat sulit untuk berkonsentrasi lho.

Jika kita ingin meningkatkan konsentrasi, maka kita juga wajib untuk memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh kita dulu. Dengan memperbanyak minum air putih sudah jadi jawaban yang paling pas untuk menghindari dehidrasi.

Advertisements

Jika memang sudah terlalu bosan dengan air putih, bisa juga dengan mengakali makan buah yang memiliki kandungan air yang tinggi.

6. Mencoba Untuk Menyendiri

Mencoba Untuk Menyendiri, Image By : Pixabay
Mencoba Untuk Menyendiri, Image By : Pixabay

Tidak semua orang memiliki kemampuan konsentrasi ditempat yang ramai. Jadi cobalah untuk menyendiri untuk bisa berkonsentrasi lebih baik lagi.

Saat kita mengerjakan suatu kegiatan yang membutuhkan konsentrasi penuh, cobalah cari tempat yang tenang. Dengan kesendirian ini tentu akan memudahkan kita untuk berkonsentrasi dan fokus terhadap kegiatan yang dilakukan.

7. Kelola Stres Dengan Baik

Kelola Stres Dengan Baik, Image By : Pixabay
Kelola Stres Dengan Baik, Image By : Pixabay

Stres merupakan salah satu penghalang utama seseorang sulit berkonsentrasi dan fokus. Memang tidak bisa dipungkiri jika stres ini sangat sulit untuk dihindari, namun setidaknya kita bisa mengelola stres kita dengan baik agar tidak mengacaukan konsentrasi.

Cara mengelola stres ini banyak sekali, salah satunya adalah mulai terbuka dengan orang lain atau mungkin bisa dibilang curhat. Biasanya pandangan orang lain dengan masalah yang akan kita hadapi ini unik dan berbeda, jadi kita bisa mengatur siasat untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Selain curhat, beberapa cara yang menyenangkan untuk mengelola stres adalah dengan meditasi, hingga beribadah. Sangat simpel bukan? Cobain yuk!

8. Cobalah Untuk Selalu Berfikir Positif

Cobalah Untuk Selalu Berfikir Positif, Image By : Pixabay
Cobalah Untuk Selalu Berfikir Positif, Image By : Pixabay

Perlu diketahui nih, jika pola pikir ternyata sangat mempengaruhi kemampuan konsentrasi kita lho.

Jika kita selalu berpikir positif, tentu akan sangat mudah untuk berkonsentrasi dan fokus terhadap suatu hal. Begitu juga sebaliknya, ketika pikiran negatif selalu menghantui, tentu akan mengakibatkan kekawatiran dan hal ini akan menurunkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi dan fokus.

Jadi, mulai sekarang biasakan untuk selalu berfikir positif yuk. Jangan mudah terpengaruh terhadap pikiran negatif yang berasal dari lingkungan kita.

9. Cobalah Untuk Mendengarkan Musik

mendengarkan musik, Image By : Pixabay
mendengarkan musik, Image By : Pixabay

Memang ada sebagian yang tidak bisa konsentrasi ketika mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan musik. Namun tahukah kamu, musik yang teat bisa menjadi ‘vitamin’ yang sangat ampuh untuk meningkatkan konsentrasi, ketika didengarkan sebelum mulai mengerjakan sesuatu hal.

Ketika konsentrasi sudah menurun saat mengerjakan sesuatu hal, cobalah untuk meluangkan waktu lagi untuk mendegarkan musik yang kita sukai. Cobalah untuk mendengarkan musik klasik, karena menurut penelitian instrumen musik klasik bisa memberikan efek rilek sama seperti sedang meditasi.

10. Ayolah, Jangan Lupa Untuk Selalu Refreshing

Ayolah, Jangan Lupa Untuk Selalu Refreshing, Image By : Pixabay
Ayolah, Jangan Lupa Untuk Selalu Refreshing, Image By : Pixabay

Refreshing bisa dilakukan degan banyak cara kok, seperti jalan-jalan, tidur, menonton film hingga liburan.

Ingat, darah kita ini bertugas untuk mengalirkan oksigen keseluruh tubuh, tak terkecuali otak kita. Apabila otak mendapatkan asupan oksigen yang cukup, tentu otak akan lebih mudah berkonsentrasi dan fokus.

Mulai sekarang, luangkanlah waktu untuk refreshing, agar peredaran darah ke otak menjadi lancar. Salah satu cara refreshing ditengah konsentrasi adalah dengan menghirup udara segar diluar ruangan, atau melihat tumbuhan yang hijau. Cobalah.

Itulah 10 Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi agat kita tidak terjangkit kendala ‘Susah Fokus’. Cobain yuk. Tentu semua ini tidak instan, namun jika rutin diterapkan, dijamin deh bakal memudahkan kita untuk lebih berkonsentrasi dan fokus.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?