Inilah 7 Alasan Kesehatan Kenapa Kamu Harus Segera Liburan

Siapa sih yang tidak suka dengan liburan?  Tidak ada kan?

Tahukah kamu jika beberapa survei menunjukan kalau masih banyak orang yang tidak memanfaatkan jatah liburan mereka untuk berlibur karena berbagai alasan.

Memang seperti hal yang sangat sepele, yakni kurang memanfaatkan waktu libur untuk liburan, padahal, hal itu bisa berakibat negatif pada kondisi mental bahkan pada fisik kita.

Nah berikut ini ada 7 alasan kesehatan kenapa kamu harus segera liburan dan meninggalkan sejenak aktivitasmu yang selalu menguras tenaga dan pikiran.

1. Meredakan, bahkan menghilangkan Stres

Meredakan, bahkan menghilangkan Stres
Meredakan, bahkan menghilangkan Stres

Alasan yang paling pertama tentu meredakan dan bahkan menghilangkan stres. Hal ini pasti juga sudah diketahui setiap orang, namun memang mereka tetap enggan untuk liburan.

Beberapa orang mengungkapkan kalau mereka sedang dalam kondisi stres atau dibawah tekanan justru dapat bekerja optimal, namun hal itu sebenarnya tetap kurang baik untuk kesehatan secara umum. Ada sebuah riset mengungkapkan 80% pekerja merasakan stres yang berkaitan dengan pekerjaan dan 70% alasan mereka harus ke dokter yang disebabkan oleh kondisi yang berkaitan dengan stres.

Dan dari semua itu, studi menujukan jika mengambil cuti untuk liburan bisa menjaga kesehatan fisik, mental dan mencegah burnout dalam bekerja. Jadi, jangan sia-siakan waktu liburanmu ya.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Apakah ada hubungannya liburan dengan kekebalan tubuh? Ada dong, liburan yang seru tentu akan membuat kita lebih sering ketawa, dan tahukah kamu, tertawa merupakan obat yang ampuh bagi kesehatan. Tertawa bisa memperkuat kekebalan tubuh, karena menghasilkan hormon endorfin yang bisa mengurangi resiko berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, ketika kita liburan dan keluar rumah, akan terkena paparan sinar matahari yang tentu merupakan vitamin D saat pagi hari. Tahukah kamu, jika Vitamin D ini bisa mempperkuat sistem imun dari tubuh kita juga.

3. Menjaga Kestabilan Emosi

Menjaga Kestabilan Emosi
Menjaga Kestabilan Emosi

FYI, jika terlalu banyak menghabiskan waktu dikantor bisa membuat kita mudah merasa frustasi. Mengambil liburan sejenak dari semua itu akan sangat ampuh untuk menjaga emosi tetap stabil dan terhindar dari stres yang berkepanjangan.

Cobalah istirahat sejenak dari tuntutan deadline dan lingkungan  yang menekan dengan cara memanfaatkan waktu liburan dengan benar.

4. Memberi Kesempatan Tubuh Untuk Berolahraga

Memberi Kesempatan Tubuh Untuk Berolahraga
Memberi Kesempatan Tubuh Untuk Berolahraga

Liburan akan memberikan kita waktu untuk berolahraga. Ketika liburan dipantai, jangan lupa untuk jogging diatas pasir sabil menikmati matahari terbit atau terbenam. Cara olahraga yang fun seperti ini tidak akan terasa berat untuk menjalainnya.

Selain itu, ada olaharaga lain yang bisa dilakukan seperti berenang, hal ini bisa dilakukan di hotel ataupun di laut tempat kita sedang liburan.

5. Memberi Waktu Tubuh Untuk Recharge

Memberi Waktu Tubuh Untuk Recharge
Memberi Waktu Tubuh Untuk Recharge

Tubuh kita butuh istirahat. Ketika orang mulai cuek dengan kondisi tubuh mereka, hal itu akan menimbulkan berbagai masalah komplikasi dalam tubuh.

Istirahat sejenak beberapa jam memang bagus, tapi perlu diketahui jika tubuh kita ini juga memerlukan waktu lama untuk benar-benar fully recharge. Jadi dengan liburan, hal ini akan membuat tubuh kita benar-benar terisi kembali energi yang positif.

6. Meningkatkan Kreativitas

Meningkatkan Kreativitas
Meningkatkan Kreativitas

Ketika kita sedang liburan dan pergi ke tempat baru, tentu akan melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Disini kita akan menukan hal baru yang mungkin tidak akan pernah terpikirkan sebelumnya. Nah dari sinilah akan menumbuhkan berbagai ide yang tentu akan menambah kreativitas yang nantinya bisa diterapkan di tempat pekerjaan kita ataupun di kehidupan kita.

7. Menjadi Mood Booster

Menjadi Mood Booster
Menjadi Mood Booster

Sepulangnya dari liburan,  diri kita akan menjadi pribadi yang baru dengan membawa kenenangan yang menyenangkan.  Mengingat kenangan itu bisa jadi cara relaksasi yang effektif lho.

Seperti dengan meditasi, ternyata mengingat memori yang menyenangkan dapat mengubah pola gelombang otak ke arah gelombang alfa dimana gelombang ini merupakan sebuah pola gelombang serupa dengan saat tubuh kita bersiap tidur dengan tenang.

Masih ada lagi, saat kita mengingat memori liburan, tubuh kita akan menghasilkan endorfin yang membuat mood menjadi lebih baik dan siap menghadapi kondisi yang menegangkan, seperti rapat ataupun menghadapi deadline baru.

Nah sekarang sudah tahukan alasan kesehatan kenapa kita harus segera liburan? Jadi tunggu apalagi, cek tanggal dan ayok liburan demi tetap menjaga kesehatan kita.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?