Cara Membuat CV yang Baik dan Benar, Cukup 3 Langkah!

CV atau Curiculum Vitae merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh para pencari kerja.

Selain mendeskripsikan tentang diri CV juga bertujuan untuk memberitahu kepada perusahaan atau tempat yang akan didaftari kerja tentang keahlian dan kemampuan kita.

Cara membuat CV yang baik dan benar, Gambar oleh Tobias Herrmann dari Pixabay
Cara membuat CV yang baik dan benar, Gambar oleh Tobias Herrmann dari Pixabay

Tak jarang CV ini memiliki pengaruh besar dalam penerimaan karyawan, karena pelamar kerja pasti akan diminta untuk mengirimkan CV kepada perusahaan yang di daftari kerja, sehingga peran CV menjadi vital dalam penerimaan karyawan.

Biasanya ketika CV sudah sesuai maka pelamar kerja akan lolos dan berhak mengikuti tes selanjutnya.

Lantas bagaimanakah cara membuat CV yang baik dan  benar agar dilirik oleh HRD perusahaan dan bisa masuk ke tes selanjutnya?

Dibawah ini ulasan lengkap mengenai cara membuat CV yang baik dan benar bagi anda yang sedang mencari pekerjaan.

1. CV yang baik dan benar seperti apa?

Sebelum membuat CV sebaiknya mencari dulu contoh agar nanti selama pembuatan CV tidak kesulitan, terutama bagi yang baru pertama kali membuat CV pasti bingung apa saja yang dimasukkan ke dalam CV.

Semakin banyak melihat contoh CV maka akan semakin baik juga CV yang dibuat, bagi yang baru pertama membuat CV dibawah ini adalah hal yang wajib ada saat membuat CV

  1. Identitas diri : Berisi tentang nama lengkap, nomor telepon, email, dan alamat yang bisa dihubungi.
  2. Personality : Berisi tentang gambaran karakter diri.
  3. Pendidikan : Berisi tentang informasi mengenai pendidikan terakhir, IPK, maupun jurusan yang ditempuh.
  4. Keterampilan : Berisi tentang keterampilan yang dimiliki.
  5. Pengalaman Kerja : Berisi tentang pengalaman kerja yang sudah dilalui sebelum melamar pekerjaan yang baru.
  6. Training atau Pelatihan : Berisi tentang macam-macam pelatihan yang telah diikuti selama kurang lebih 3 tahun terakhir.
  7. Informasi lain : Berisi tentang berbagai hal yang bisa diunggulkan, mulai dari hobi, referensi, ataupun hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.
  8. Tentukan desain CV semenarik mungkin agar terlihat berbeda dari yang lain.

Mengapa desain CV harus dibuat menarik? Selain isi dari CV desain juga mempengaruhi dalam pemilihan calon karyawan, karena dengan desain CV yang menarik akan memperlihatkan jika kita bersungguh-sungguh dalam mendaftar ke perusahaan tersebut.

Tapi perlu diingat, meskipun bebas dalam membuat desain CV bukan berarti desain yang dibuat asal menarik saja dan mengesampingkan informasi yang terdapat dalam CV.

Sebaiknya pilih desain CV yang dapat dipahami oleh HRD perusahaan mengenai informasi-informasi yang ditulis dalam CV tersebut, bila perlu pilih warna yang menarik dan dapat membedakan tiap informasi yang ada dalam CV sehingga memudahkan HRD untuk memahami informasi.

2. Mengetahui perusahaan yang akan dilamar

Dalam poin ini mengetahui tentang perusahaan yang akan dilamar adalah hal yang wajib diperhatikan, mengapa demikian?

Karena dari CV inilah awal mula ditentukan apakah akan lolos seleksi administrasi dan lanjut ke tes selanjutnya atau tidak.

Jadi bagaimana sebaiknya membuat Job Research yang baik dan benar?

Yang pertama dan utama adalah mengetahui dan memahami apa saja persayaratan yang diminta oleh perusahaan.

Bila perlu siapkan sampai detail terkecil dari seluruh persyaratan. Mengapa demikian? Karena dari hal tersebut pihak perusahaan akan tahu seberapa siap pelamar yang mendaftar.

Salah satu contoh detail kecilnya seperti posisi yang akan dilamar, usia pelamar dan keahlian dan ketrampilan yang dibutuhkan serta yang dimiliki pelamar, dan tak ketinggalan pengalaman kerja juga disertakan.

Selain hal diatas, perhatikan juga profil dan informasi lain dari perusahaan, misalnya saja, visi misi perusahaan, nilai yang dijunjung perusaan, serta etos kerja dari perusahaan yang akan dilamar, dengan mengetahui informasi tersebut akan membantu dalam penulisan CV.

3. Mulailah untuk menulis CV

Mungkin poin ke 3 ini terdengar sedikit nyeleneh namun jika diperhatikan ada benarnya, karena sebaik apapun CV yang diimpikan hanya akan menjadi angan jika tak segera dituliskan, jadi jika menemukan lowongan kerja yang sesuai segeralah untuk menulis CV.

Tips menulis CV yang baik dan benar diantaranya :

  • Cantumkan identitas diri yang lengkap

Identitas diri merupakan jhal wajib dalam penulisan CV selain untuk mengetahui tentang calon pelamar data diri yang lengkap juga akan mempermudah perusahaan dalam penyampaian informasi kepada pelamar.

Identitas diri ini sebaiknya ditulis lengkap mulai dari Nama, Alamat, Nomor Telephone, Email, dan juga Akun Media Sosial.

Selain itu tambahkan juga Foto diri dengan pakaian yang rapi.

  • Cantumkan jenjang pendidikan yang jelas

Selain informasi tentang diri, tuliskan juga informasi mengenai jenjang pendidikan pelamar, tuiskan yang jelas mulai dari yang terkecil TK, SD, SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi.

Namu tak jarang perusahaan hanya meminta pendidikan terakhir saja, maka kembali lagi perhatikan persyaratan dari perusahaan yang akan dilamar.

  • Cantumkan ketrampilan serta pencapaian yang dimiliki

Untuk lebih menarik dan meyakinkan perusahaan ada baiknya pelamar mencantumkan ketrampilan serta pencapaian yang sudah dimiliki, ada beberapa cara dalam penulisan ini diantaranya menuliskan secara langsung, numbering, atau bisa juga dengan diagram yang menggambarkan pencapaian serta ketrampilan.

  • Cantumkan pengalaman kerja dan juga pelatihan yang pernah diikuti

Agar terlihat lebih profesional jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman kerja serta pelatihan yang berhubungan dengan posisi yang akan dilamar agar pihak HRD merasa adalah kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tersebut.

Dengan menuliskan tentang pengalaman kerja maka akan menunjukkan kesiapan diri untuk bergabung dengan perusahaan.

Cara menuliskan pengalaman ini sama dengan penulisan ketrampilan, bisa menggunakan 3 cara yang sama (tulis langsung, numbering, dan diagram)

  • Baca ulang dan analisa CV yang telah dibuat

Langkah terakhir sebelum mengirimkan CV adalah membaca ulang dan mencermati CV yang telah dibuat.

Hal ini bertujuan jika dalam penulisan terdapat hal yang kurang sempurna masih ada waktu untuk memperbaiki sebelum dikirim ke perusahaan.

Jangan sampai ketika CV sduah dikirim namun baru sadar ada beberapa hal yang belum sesuai.

Nah, demikian tadi beberapa tips cara membuat CV yang baik dan benar, semoga membantu dan boleh banget untuk dipraktikkan.

Semoga yang sedang melamar pekerjaan segera diterima dan mendapat pekerjaan yang sesuai. Terimakasih sudah menyimak sampai selesai, sampai jumpa di tips selanjutnya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 3 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini