in ,

Festival Melupakan Mantan 2020 Hadir 13 Februari Nanti, Ada Apa Saja?

gnews piknikdong
Bagikan:

Perjalanan cinta pasangan muda-mudi tidak selalu bahagia, ada kalanya juga dinamika ini memisahkan pasangan yang terlibat dalam kisah cinta. Untuk banyak orang, peristiwa ini tidak jarang menjadi kisah sedih yang harus dilalui sebagai bagian dari proses mendewasakan diri.

Pengalaman proses hidup, moment, dan eksotisme perjalanan cinta ini direspon oleh kelompok MKAJ (Manggala Karya Ambuka Jagad) melalui lokalitas budaya yang disampaikan melalui petunjukan bertajuk Festival Melupakan Mantan.

Festival Melupakan Mantan diadakan setiap tanggal 13 Februari di Yogyakarta. Konsep dasar acara ini mengadopsi konsep budaya larung.

Fasyarakat Jawa mengenal budaya Larungan yakni membuang energi negatif yang disimbolkan dalam benda-benda dengan maksud menumbuhkan energi positif. Simbol masa kini yang diangkat adalah dengan membawa donasi berupa barang-barang peninggalan sang mantan.

[artikel number=3 tag=”event”]

Festival Melupakan Mantan (FMM) selalu mengangkat tema yang berasal dari sengkalan tahun Saka Jawa (berdasarkan tahun pada saat diadakannya acara, sekaligus sebagai penanda tahun diadakannya acara ini).

Pada tahun 2015 (1948 Saka Jawa) mengangkat tema “Manggala Karya Ambuka Jagad”, yang sekaligus mengawali diadakannya acara ini untuk pertama kalinya. Yang di tahun-tahun berikutnya dilanjutkan dengan “Manjing Catur Puspaning Kalbu” (1949 Saka Jawa/2016 Masehi), “Kesah..Nata Gatra Panguripan” (1950 Saka Jawa/2016 Masehi) dan pada tahun 2018 mengangkat “Urip Sing Sangsaya Ngrasuk Budi”.

Penyelenggaraan tahun 2018 yang merupakan tahun keempat Festival Melupakan Mantan akan menutup siklus perjalanan dalam 4 tahun dan 4 tema besar ini.

Pada dasarnya Festival Melupakan Mantan berusaha membangun semangat festival tradisi yang erat kaitannya dengan ungkapan syukur, doa serta dan relasi antar manusia dalam kemasan sebuah festival modern yang selama ini sarat kompetisi dan ekspresi.

Hal-hal ini diwujudkan dalam sebuah pertunjukan melalui bentuk sharing, interaksi karya, dll. yang melibatkan baik penampil maupun penonton di dalamnya.

Fase Pertama Festival Melupakan Mantan sudah selesai di tahun 2018 dan jeda hiatusnya FMM di tahun 2019. Perjalanan fase pertama di balik layar perjalanan cinta muda mudi sudah disampaikan melalui 4 tema berturut-turut: membuka dunia, perkenalan, kepergian dan mengikhlaskan.

Fase Kedua ditahun 2020 ini Festival Melupakan Mantan di Jogja akan membawa tema “MENTAS”.

Mentas (baca: mêntas) dimaknai sebagai kemampuan dan kemauan untuk dapat bangkit ataupun berdiri sendiri. Berdiri sendiri bukan berarti bertindak egois, tetapi memiliki sikap mandiri. Sementara mentas (baca: méntas) dapat berarti melalukan sebuah pementasan.

Festival Melupakan Mantan 2020 menampilkan beberapa wahana seni yang menonjolkan interaksi dengan pengunjungnya melalui: seni rupa, pantomim, puisi, musik, dan bincangbincang (sharing) dari pengunjung yang datang.

Bemandy di Festival Melupakan Mantan 2020
Bemandy di Festival Melupakan Mantan 2020

“FMM buatku tidak hanya menjadi sebuah festival yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang, namun juga menjadi tempat dan momen di mana orang-orang yang memiliki luka di masa lalu akhirnya bisa sedikit terobati, dengan cerita yang mereka bagikan di sana.

Mereka bersedih bersama, melupa bersama dan bersenang-senang bersama.”

Ungkap Bemandry, penyanyi solo yang baru saja merilis single barunya Membiarkanmu.

“di Festival Melupakan Mantan 2020 nanti kebanyakan lagu yang akan aku bawakan adalah lagu-lagu baruku.

Jadi jangan lupa untuk datang dan memeriahkan festival ini.”

Imbuh Bemandry.

Hal yang tidak pernah hilang pula dari gelaran FMM adalah membawa “donasi barang peninggalan mantan” serta “ritual doa melupakan mantan”. Dua hal ini yang menjadi simbol ‘mengikhlaskan masa lalu untuk menatap masa depan’.

Beberapa konten baru yang melibatkan pengunjung juga akan dihadirkan dalam Festival Melupakan Mantan tahun ini seberti: kado silang, melukis instalasi, dll.

Beberapa hal yang sangat menarik bakal hadir di Festival Melupakan Mantan 2020 ini dengan hadirnya banyak bintang tamu diantaranya :

Festival Melupakan Mantan 2020
Festival Melupakan Mantan 2020
  1. Candra
  2. Bemandry
  3. Tiki-Taka
  4. Irta
  5. Geamime
  6. Pantomime Box
  7. Anonimime
  8. Jenar Kidjing
  9. Maharani Khan Jade

Tidak hanya itu saja, masih ada bintang tamu spesial yang akan hadir di Festival Melupakan Mantan 2020 ini seperti :

Festival Melupakan Mantan, Toko Barang Mantan
Festival Melupakan Mantan, Toko Barang Mantan
  1. Reza Rahardian
  2. Marsha Timothy
  3. Iedil Dzuhrie Alaudin
  4. Dea Panendra

Penasaran seperti apa keseruannya nanti? Datang saja ke event Festival Melupakan Mantan 2020 “Mentas” yang kali ini berlokasi di Mezzanine Eatery & Coffee Jl. Palagan Tentara Pelajar No.Km. 8 No.30, Karang Moko, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (map) mulai pukul 18.00 WIB.

Dan ingat, jangan lupa bawa barang peninggalan mantan ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.