Intip Keindahan Gunung Sepikul Yuk, Lokasi Pembuatan Film Wiro Sableng

Sudah pernah dengar Gunung Sepikul Sukoharjo? Yap benar banget, akhir-akhir ini, Gunung Sepikul ramai dibicarakan di lini masa karena dipakai untuk Syuting Film Legendaris “Wiro Sableng”.

Bukan tanpa alasan kenapa Syuting Wiro Sableng di Gunung Sepikul, selain karena lokasinya yang sangat unik, ternyata juga menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Gunung Sepikul, Lokasi Syuting Wiro Sableng, Image By IG : @wirosablengofficial
Gunung Sepikul, Lokasi Syuting Wiro Sableng, Image By IG : @wirosablengofficial

Keindahan Gunung Sepikul

Memang sekilas Gunung Sepikul mirip dengan Gunung Api Purba Nglanggeran, hanya saja lokasinya berada di Sukoharjo.

keindahan Gunung Sepikul Sukoharjo, Image By IG : @ayulindapuspitadewi
keindahan Gunung Sepikul Sukoharjo, Image By IG : @ayulindapuspitadewi

Gunung yang berada tepat di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ini memiliki beberapa nama lain seperti, Situs Danyangan, Komplek Batu Seribu dan Bukit Sepikul. Terserah mau memanggil lokasi ini apa, tapi yang pasti jika datang kesini akan takjub akan keindahan alamnya, apalagi saat pagi dan sore hari, sunrise dan sunset di Gunung Sepikul terkenal sangat luar biasa indah.

Sunrise Gunung Sepikul Sukoharjo, Image By IG : @rifandy.p
Sunrise Gunung Sepikul Sukoharjo, Image By IG : @rifandy.p

Di komplek Gunung Sepikul terdapat beberapa spot menarik untuk dikunjungi seperti  Watu Jaran, Watu Kandang, Watu Tinggik, Watu Pawon, dan Watu Tumpuk. Sedangkan yang selalu menjadi favorit wisatawana dalah Watu Tumpuk.

Untuk mencpai Puncak Gunung Sepikul kita harus mendaki bukit dengan kemiringan sekitar 40-60 derajat, tapi jangan kawatir, karena masih tergolong mudah untuk pendaki, walaupun masih pemula.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Puncak Gunung Sepikul juga tidak lama kok, cuma sekitar 15-30 menit saja, tergantung stamina kita. Dan sesampainya diatas, kita akan dimanjakan keindahan alam Sukoharjo dari atas, sawah yang luas, hutan sampai Gunung Merbabu yang tampak samar dari sini.

Dibalik Sejarah Gunung Sepikul

Tahuka kamu jika ternyata dibalik lokasi pembuatan film “Wiro Sableng” ini ada cerita seru, salah satunya adalah Sejarah dari Gunung Sepikul yang konon dulunya merupakan bebatuan yang digunakan Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 Candi yang di minta oleh Roro Jonggrang. Tapi karena adanya tipu daya Roro Jonggrang, bebatuan itu ditinggal begitu saja oleh Bandung Bowndowoso yang kini dikenal dengan Gunung Sepikul.

Menuju Gunung Sepikul Lokasi Pembuatan Film Wiro Sableng

Untuk sampai ke Gunung Sepikul bisa dibilang sangat mudah kok. Jika dari arah Wonogiri, kita bisa melalui Jl. Solo-Wonogiri, dan setibanya di pintu masuk Kota Wonogiri, atau di Patung Kereta Nyi Roro Kidul, bisa berbelok ke arah kanan. Setelah itu akan menemui Gerbang Wisata Batu Seribu, kemudian belok arah kiri sampai menemui papan penujuk untuk sampai di Gunung Sepikul.

 

Sedangkan dari jika dari arah Solo, kita bisa melalui Terminal Induk Wonogiri lewat jalaur alternatif Wonogiri-Jogja. Dengan mengikuti jalan ini kita akan sampai di Wisata Batu Seribu di kiri jalan, silahkan masuk ke Gapura dan ikuti jalan sampai menemukan pertigaan dengan petunjuk arah menuju Gunung Sepikul.

Harga Tiket Masuk Gunung Sepikul Sukoharjo

Mengenai biaya masuk masih sangat terjangkau, hanya sekitar Rp. 2000 Rupiah untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil (Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Nah itulah keindahan dari Bukit Sepikul Sukoharjo yang menjadi salah satu lokasi pembuatan film Wiro Sableng dan akan tayang di  30 agustus 2018 nanti. So jangan lupa nonton filmnya lalu kunjungi lokasinya ya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?