Selain Palung Mariana, Inilah 7 Palung Laut Terdalam di Dunia

Dunia ini memang menyimpan banyak misteri, baik di daerah pegunungan yang tinggi maupun dalamnya samudera, dibalik keindahan alamnya nyatantya masih banyak misteri dari bagian dunia yang sulit untuk dicerna dengan logika manusia.

Jikalau kita mengenal puncak Everest sebagai puncak tertinggi dari pegununungan yang terletak diantara Nepal dan Tibet, sedangkan untuk bagian samudrea terdalam tentu kita mengenal Palung Mariana yang terletak di dasar barat laut samudera pasifik yang tak jauh dari Jepang sebagai palung laut terdalam.

Ilustrasi Palung Laut, Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay
Ilustrasi Palung Laut, Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Namun tahukah kalian jika sebenarnya masih terdapat beberapa palung laut lainnya di bagian dunia ini, seberapa dalam dan di mana saja letak palung laut terdalam di dunia, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Lubang Molloy

Molloy Deep atau biasa disebut dengan Lubang Molloy merupakan titik terdalam yang ada di samudera Arktik yang memiliki luas lantai cekungan 220 km, kedalaman bagian pinggiran lubang adalah 2700 meter dan bagian  paling dalamnya adalah 5600 meter dibawah permukaan laut.

Lokasi lubang molloy ini berada di laut greendland sekitar 160km dari bagian barat Svalbard. Uniknya nama lubang molloy ini diambil dari nama ilmuwan peneliti Angkatan laut AS yang bernama Arthur E. Molloy.

Sedangkan  orang pertama dan satu-satunya yang berhasil mencapai dasara lubang molloy adalah Victor Vescovo pada tanggal 24 Agustus 2019.

2. Palung Sandwich Selatan

Dilihat dari Namanya palung sandwich selatan ini terletak di bagian britania raya, dan benar saja palung sandwich selatan ini terletak 100 km sebelah timur dari kepulauan sandwich selatan dan menjadi salah satu palung terdalam di samudera Atlantik selatan.

Palung sandwich selatan memiliki Panjang 965 km serta memiliki kedalaman 8266 di bawah permukaan laut.

Angka ini diperoleh setelah melalui pengukuran dengan sonar multibeam Kongsberg EM 124 pada tanggal 2-7 Februari 2019 saat Five Deeps Expedition berlangsung.

Hal menarik lainnya dari lokasi ini adalah kepulauan sandwich selatan yang merupakan busur vulkanik yang dikelilingi gunung api aktif.

3. Palung Filipina

Palung filipina atau biasa dikenal dengan nama palung Mindanao merupakan parit bawah laut yang berada di sebelah timur negara Filipina dan di bagian barat Samudera Pasifik Utara.

Palung filipina memiliki lebar 30 km dan memiliki Panjang 1320 km yang membentang dari pusat pulau Luzon Filipina hingga ke Pulau Halmahera di Maluku Utara, sedangkan titik terdalam palung filipina yaitu 10.540 meter di bawah permukaan laut, menurut penelitian palung ini terbentuk sekitar 8-9 juta tahun yang lalu dan menjadi palung terdalam ke 3 di dunia.

4. Palung Tonga

Palung tonga terletak di barat daya samudera pasifik dan menjadi parit terdalam di belahan bumi selatan dengan bagian terdalamnya yaitu 10800 meter di bawah permukaan laut.

Titik terdalam palung tonga pertama kali ditemukan pada Desember 1952 dan menjadi parit terdalam ke 2 di dunia hingga saat ini, menariknya di palung tonga ini terdapat biodiversitas dan keanekaragaman biota laut yang beragam seperti cacing gelang yang melimpah.

5. Palung Puerto Rico

Palung laut terdalam di Dunia yang satu ini berlokasi di perbatasan antara samudera atlantik dan laut karibia yang memiliki Panjang bentangan 800 km dan titik terdalamnya 8376 meter di bawah permukaan laut.

Menurut studi ilmiah yang dilakukan gempa bumi yang terjadi di sepanjang zona palung Puerto rico bisa menghasilkan tsunami yang berakibat fatal, salah satu contohnya Ketika tanggal 11 Oktober 1918 terjadi gempa bumi san fermin yang menyebabkan tsunami yang merusak wilayah sekitar.

6. Palung Diamantina

Palung laut terdalam di Dunia selanjutnya adalah palung diamantina yang terletak di barat daya Perth, Australia barat.

Palung ini memiliki Panjang 1900 km yang membentang dari Ninety East Ridge hingga Naturaliste Plateau, untuk titik terdalamnya yaitu 7079 di bawah permukaan laut.

Banyak spekulasi bermunculan mengenai kedalaman dari palung diamantia ini dimana menurut situs Sciencing kedalaman dari palung diamantina ini sedalam 8047meter di bawah permukaan laut dan menjadikan palung ini palung terdalam ke 11 di dunia.

7. Cekungan Eurasia

Palung laut terdalam di Dunia yang terakhir adalah cekungan Eurasia yang memiliki perbatasan Lomonosov Ridge, Greendland yang merupakan pegunungan bawah laut di samudera arktik serta laut laptev, laut Barents dan laut kara.

Menurut penelitian cekungan Eurasia ini dapat dilihat sebagai perpanjangan dari cekungan atlantik utara yang melalui selat fram, dan diperkirakan cekungan aurasia ini tercipta sekitar 53 juta tahun yang lalu.

Untuk kedalamannya cekungan Eurasia ini memiliki kedalaman 5449 meter di bawah permukaan laut.

Demikian tadi ulasan mengenai 7 palung  laut terdalam di dunia selain palung mariana, apakah kalian tertarik untuk mengunjungi dan menyelam hingga ke dasar dari salah satu pelung tersebut? Ngeri juga sih ya!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Seorang mahasiswa ekonomi yang hobi akan main musik, selalu meluangkan waktu untuk travelling ditengah kesibukan. Masih terus belajar untuk menuliskan kisah perjalanan.
BAGIKAN
Komentarmu?