Yuk Intip Keindahan Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka

Apa yang ada dipikiranmu ketika mendengar wisata Majalengka? Pasti Tentang sejuk dan indahnya Terasering Panyaweuyan Majalengka. Wajar jika jawabannya itu, karena memang sejak beberapa waktu lalu, lokasi wisata ini hits sekali di media sosial khususnya Instagram.

Nah bagi yang belum kenal dengan  Terasering Panyaweuyan Majalengka, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lokasi Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka

Terasering Panyaweuyan Argapura, berada tepat di Sukasari Kidul, Argapura, Sukasari Kidul, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.


Bicara lokasi, Terasering Panyaweuyan Argapura ini berada di daerah perbukitan dengan kisaran tinggi antara 400-2000 Mdpl, dengan kemiringan tanah antara 25%-40%. Dari bentuk lokasi itulah banyak lahan dijadikan berundak-undak, dan terciptalah terasiring yang bisa dimanfaatkan untuk sektor pertanian dan perkebunan.

Keindahan Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka

Keindahan Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka, Photo By IG : @sherlyputri19
Keindahan Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka, Photo By IG : @sherlyputri19

Nah, dari bentuk lokasi tadi tadi pasti sudah bisa membayangkan keindahan yang disajikan disana? Benar sekali, kita bisa menikmati keindahan alam berupa lanscape area perkebunan terasering.

Terasering Panyaweuyan Argapura, Image By IG : @rikza_zainul_umam
Terasering Panyaweuyan Argapura, Image By IG : @rikza_zainul_umam

Memang, model perkebunan terasering tidak hanya di Argapura Majalengka saja, namun perlu ketahui lagi, jika pemandangan alam disini sangat indah. Hijaunya perkebunan terasa sejuk nan damai akan kita rasakan ketika melintasi atau datang ketempat ini.

Karena keindahan yang luar biasa ini, Terasering Panyaweuyan sekarang menjadi Destinasi Agrowisata di Kabupaten Majalengka. Tiap weekend atau minggu sekarang ramai didatangi oleh wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah Majalengka.

Keunikan Terasering Panyaweuyan Argapura Majalengka

Tahukah kamu yang ditanam di  Terasering Panyaweuyan ini adalah daun bawang dan bawang merah lho bukan padi. Uniknya, bawang merah yang ditanam disini adalah jenis bawang merah Sumenep yang notabene tumbuh di dataran rendah, namun disini bisa tumbuh subur.

Jalan Menuju Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan Majalengka, Image By IG : @kevinyung88
Terasering Panyaweuyan Majalengka, Image By IG : @kevinyung88

Untuk mencapai Terasering Panyaweuyan cukup mudah kok. Kita bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Jika kita dari Cirebon, bisa langsung lewat bundaran Cigasong-Maja-Terminal Maja. Setelah itu bisa mengikuti arah ke Argalingga sampai pertigaan Sudasari-Sukasari lalu ambil kanan menuju Teja Permana dan sampailah di lokasi Wisata Terasering  Panyaweuyan.

Jika dari Ciamis, bisa mengambil arah jalan Rd.A. Kusumadiningrat ke Jl. Nasional III kemudian ambil ke Jl. Raya kawali-Panjalu, Jl. Cikijing- Panjalu, Jl Nanggeleng- Cirahayu sampai ke Jl. Desa Banjarsari.

Bicara kondisi jalan menuju Terasering Panyaweuyan tak perlu kawatir, karena kondisi jalan yang cukup baik, walaupun memang agak sempit, jadi jika menggunakan kendaraan roda 4 atau mobil harus lebih extra hati-hati lagi.

Tiket Masuk Panyaweuyan

Untuk berkunjung ke Terasering Panyaweuyan Argapura tak perlu kawatir juga kantong jebol, karena untuk masuk kesini pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp. 5000 rupiah saja, dan Parkir Rp. 2000 untuk roda 2 sedangkan untuk roda 4 dikenakan tarif Rp. 5000.

Tips Berkunjung ke Terasering Panyaweuyan Majalengka

  1. Jangan lupa membawa kamera, karena akan sangat disayangkan jika tidak mengabadikan lokasi yang sangat mempesona ini.
  2. Bawa bekal makanan akan sangat membantu, karena namanya juga perkebunan tentu belum ada yang menjualn makanan lengkap.
  3. Jam berkunjung paling baik adalah saat pagi hari sekitar pukul 5:30 sampai jam 08:00. Selain itu bisa juga berkunjung saat sore hari sekitar pukul 03:00 – Senja.
  4. Musim terbaik untuk berkunjung ke Terasering Panyaweuyan tentu saat musim hujan, karena semua lahan akan nampak hijau, damai dan tentu sangat sejuk.
  5. Jagalah kebersihan saat berkunjung, karena jika bukan kita sendiri, siapa lagi?
  6. Ingat, berkunjung boleh, namun tetap memperhatikan sekitar ya, jangan sampai menginjak tanaman pertanian hanya untuk mencari angle foto yang baik.

Penginapaan di Argapura Majalengka

Jika ingin menginap? bisa cari hotel di Majalengka disini. Tipsnya, untuk mencari hotel yang murah, bisa di sortir bedasarkan harga paling murah.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?