Wedang Uwuh, Minuman Khas Yogyakarta Yang Nikmat Penuh Khasiat

Jika diperhatikan sekilas, nama Wedang Uwuh memang terdengar aneh, apalagi jika diartikan, wedang berati minuman, dan uwuh berati sampah dalam Bahasa Jawa.

Wedang Uwuh selalu disajikan saat panas atau hangat dengan rasa khas cenderung manis, pedas karena menggunakan jahe dan berwarna merah karena menggunakan secang.

Wedang Uwuh, Minuman Khas Yogyakarta, Image By IG : @wedanguwuh.jogja_
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja, Image By IG : @wedanguwuh.jogja_

Asal-Usul dan Sejarah Wedang Uwuh

Pasti penasaran kan kenapa wedang atau minuman yang nikmat ini dinamakan seperti itu? Jika kita telusuri lagi, ternyata asal-usul wedang uwuh berasal dari Kerajaan Mataram.

Asal-usul nama wedang uwuh yang berati wedang sampah ini karena bahan yang digunakan dalam minuman terdiri berbagai macam rempah yang dicampur menjadi satu dan jika dilihat memang seperti sampah.

Untuk sejarah wedang uwuh, jika kita tengok kebelakang lagi, konon berasal dari kisah Sultan Agung yang merupakan Raja Mataram di Yogyakarta.

Pada suatu hari Sultan Agung bersama para pengawalnya sedang mencari tempat untuk makam keluarga Raja. Setelah beliau berkeliling di berbagai tempat, beliau kemudian memilih Bukit Merak Imogiri Bantul yang memang dirasa paling cocok.

Sebelum benar-benar diputuskan, Sultan Agung pun melakukan semedi (menyepi) ditempat tersebut untuk memantapkan hatinya. Setelah itu, Sang Raja menyuruh salah seorang pengawalnya membuatkan minuman untuk menghangatkan tubuh saat dalam proses semedi di bukit yang dingin itu.

Atas perintah Sang Raja, pengawal tersebut membuatkan wedang secang dan meletakkannya dibawah pepohonan yang berdekatan dengan tempat semedi Sang Raja. Seiring dengan berjalannya malam, dimana angin bertiup dan menerbangkan daun dan ranting pohon, lalu tak sengaja jatuh di wedang milik Raja, kemudian larut dan menjadi satu.

Karena gelapnya malam, Sang Raja tak menyadari ada yang salah pada minumannya, kemudian beliau meminum wedang dan menikmatinya tanpa ada rasa aneh sedikitpun.

Di hari berikutnya, Sang Raja kembali memanggil pengawalnya untuk dibuatkan minuman yang sama persis dengan malam sebelumnya. Sang Raja mengungkapkan jika minuman yang diminumnya itu sangat enak, belum pernah dirasakan dan bisa menghangatkan tubuh dari dinginnya udara Imogiri.

Advertisements

Pengawal yang merasa penasaran dengan kata Sang Raja tadi lalu mengambil wadah minuman Sang Raja lalu memeriksanya. Betapa terkejutnya dia bahwa yang ada dalam wadah minuman yang dibikin untuk Sang Raja tersebut terdapat bahan-bahan yang bukan dia buat atau masukkan.

Pengawal tadi kemudian mengamati bahan apa saja yang ada dalam wedang itu, lalu pada malam berikutnya dia meraciknya kembali untuk disuguhkan pada Sang Raja.

Hingga pada akhirnya minuman nikmat yang bisa menghangatkan tubuh tersebut menjadi favorit Sang Raja dan masyarakat Yogyakarta. Kemudian dinamakanlah Wedang Uwuh, karena banyak rempah yang dicampur menjadi satu dalam satu gelas.

Khasiat Wedang Uwuh

Dibalik nama unik dari wedang uwuh ternyata memiliki banyak sekali manfaat lho, hal ini tidak lain karena bahan utama yang digunakan adalah 100% rempah alami. Berikut ini beberapa khasiat dari wedang uwuh untuk kesehatan.

  1. Menyembuhkan batuk ringan
  2. Pegal-pegal
  3. Perut kembung dan masuk angin
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Sebagai anti oksidan
  6. Menyegarkan badan
  7. Menghilangkan capek-capek
  8. Melancarkan aliran darah
  9. Menyembuhkan dan mencegah masuk angin
  10. Menghangatkan badan
  11. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mencari Penjual Wedang Uwuh?

Pakt Wedang Uwuh, Minuman Khas Yogyakarta, Image By IG : wedanguwuh.jogja_
Paket Wedang Uwuh, Minuman Khas Yogyakarta, Image By IG : @wedanguwuh.jogja_

Ingin mencicipi wedang uwuh yang penuh manfaat bagi kesehatan ini tidaklah sulit. Sekarang ini banyak angkringan di Jogja, cafe, restoran, spa, hotel menyediakannya. Bahkan di marketplace online yang ada sudah banyak sekali yang jual. Biasanya penjual wedang uwuh sudah membuat 1  paket rempah-rempanya, jadi nantinya tinggal masak saja. Untuk cara membuat wedang uwuh bisa cek disini.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 3.3 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?