Tengok Yuk Pulau Pasumpahan di Padang Yang Menyimpan Sejuta Keindahan

Pulau Pasumpahan ini terletak di Sumatera Barat dan masih masuk dalam wilayah Kota Padang. Pulau ini menyuguhkan panorama Laut yang sangat indah serta memiliki garis pantai yang cukup panjang sekitar 84 kilometer dan dikelilingi oleh banyak pulau – pulau kecil membuat Pasumpahan ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Menurut cerita yang beredar, warga mempercayai bahwa pulau tersebut merupakan jelmaan dari Malin Kundang yang dikutuk olah Ibunya di Pulau tersebut, sehingga pulau ini dinamai Pulau Pasumpahan.

Indahnya pulau pasumpahan di padang

Pulau Pasumpahan hanya memiliki Luas sekitar 5 hektar dan dikelilingi oleh Pantai dengan pasir yang sangat Putih. Selain itu ada yang lebih menarik lagi dari Pulau Pasumpahan ini adalah perairan sekeliling Pulau tersebut terbagi menjadi 3 warna, warna bening pada tepi pinggir pantai, warna Hijau dibagian tengah, dan warna biru pekat dibagian luar. Hal itu dikarenakan oleh kedalaman laut disekeliling pulau tersebut, sehingga menciptakan gradasi warna yang sangat indah.

Disekitar Perairan Pulau Pasumpahan ini tinggal beraneka Biota laut dan salah satunya Red Lionfish yang saat ini sudah jarang dijumpai di perairan manapun di Dunia.

Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Pasumpahan, dapat dengan menginap di penginapan yang terdapat di pulau tersebut, atau bahkan bisa juga mendirikan Tenda di Pantai yang memiliki Pasir yang sangat putih ini.

berkemah di pulau pasumpahan

 

Selain memiliki Daya Tarik dari pantainya yang berpasir putih, Pulau Pasumpahan juga menyuguhkan kekayaan Ekosistem bawah laut yang mempesona dan dapat kamu nikmati dengan kegiatan Snorkeling atau penyelaman. Disekitar Pulau Pasumpahan ada beberapa spot terbaik untuk melakukan penyelaman yaitu pada Pulau Ular, Pulau Sirandah, Pulau Gosong, dan juga Pulau Pandan.

Arus di sekitar Pulau Pasumpahan ini terbilang cukup tenang sehingga memungkinkan anda untuk melakukan berbagai macam kegiatan seperti berenang.

Panorama pulau pasumpahan di sumatra barat

Wisatawan yangi ingin mengunjungi Pulau Pasumpahan ini dapat menggunakan Perahu motor, atau perahu kayu dari dermaga yang ada di sebelah barat Kota Padang, persisnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Dari sana akan menempuh perjalanan sekitar 20 menit dan biasanya akan dikenakan biaya sebesar RP 35.000 perorang untuk meyewa perahu tersebut.

Selian itu jika ingin langsung mengunjungi Pulau Pasumpahan dapat menggunakan Perahu Motor dari dermaga yang ada di Teluk Bayur.