10 Kuliner Bandung Yang Wajib Dicicipi Saat Liburan Kesana

Bandung, apa yang ada dibenak kita ketika mendengar kata itu? Benar sekali, pasti adalah kota mode. Namun tahukah kamu jika dibalik terkenalnya Bandung dengan kota mode, disini juga terkenal akan ragam kulinernya yang menggugah selera.

Banyak sekali pilihan kuliner Bandung yang nikmat, bahkan saking banyaknya, susah banget untuk menentukan mana yang wajib untuk kita cicipi.

Tapi tak usah kawatir, kali ini piknikdong bakal pilihkan 10 kuliner Bandung yang wajib untuk dicicipi, jadi tak perlu lagi nih bingung mau cobain yang mana. Penasaran kuliner Bandung yang mana aja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Cuanki Serayu Yang Selalu Ramai

Cuanki Serayu, Image By IG : @funeats11
Cuanki Serayu, Image By IG : @funeats11

Warga Bandung dan sekitarnya pasti sudah paham dengan kuliner yang satu ini. Di Cuanki Serayu ini kita bisa menikmati Bakso atau Batagor khas Bandung.

Tahukah kamu dibalik kata Cuanki ini adalah Cari Uang Jalan Kaki, konon dulu penjualnya ini berjualan pertama kali menggunakan gerobak dan berkeliling. Sedangkan untuk Serayu adalah nama lokasi untuk berjualan.

Kuliner Bandung yang satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau, jadi peminatnya sangat banyak.

Jam Buka : 11.00 WIB – 19.00 WIB

Lokasi Cuanki Serayu : Jl. Serayu No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 

2. Mie Kocok Persib Yang Sudah Melegenda

Mie Kocok Persib, Image By IG : @taruang_gais
Mie Kocok Persib, Image By IG : @taruang_gais

Dilihat dari namanya, tentu bisa ditebak dimana lokasi dari Mie Kocok Persib ini. Dan benar sekali, sebutan atau nama dari Mie Kocok ini adalah karena lokasinya berada di Stadion Persib.

Selain sudah teruji kenikmatannya, Mie Kocok Persib sudah ada sejak 1963 dan menjadi salah satu legenda Mie Kocok di Bandung. Cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp. 25.000 saja, kita bisa menikmati sensasi Mie Kocok Persib plus kikil dan daging iga.

Jam buka : 10.00 WIB – 16.00 WIB

Lokasi Mie Kocok Persib : Jl. Jendral Ahmad Yani No.274, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung

3.  Batagor Haji Isan, Sang Pelopor Batagor

Batagor Haji Isan, Image By IG : @ernie_khe
Batagor Haji Isan, Image By IG : @ernie_khe

Kamu suka batagor? Nah jika liburan di Bandung adalah rumahnya nih. Batagor Haji Isan konon adala salah satu pelopor makanan khas Kota Bandung ini.

Batagor Haji Isan dirintis sejak tahun 1970 an, hingga sekarang sudah memiliki banyak gerai di berbagai pelosok Kota Bandung.

Salah satu kelebihan dari Batagor Haji Isan adalah tekstur Batagor yang kering diluar namun sangat lembut dan guruh di dalamnya. Disini kita bisa menikmati dengan saus kacang pedas atau disiram dengan kuah panas yang tentu sangat nikmat.

Jam Buka : 09.00 WIB -19.00 WIB

Lokasi Batagor Haji Isan : Jl. Bojongloa No.38, Panjunan, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 

4. Nasi Timbel Bawean Yang Juga Melegenda

Nasi Timbel Bawean, Image By IG : @kuliner_nasi_bandung
Nasi Timbel Bawean, Image By IG : @kuliner_nasi_bandung

Nasi Timbel Bawean adalah salah satu kuliner legendaris di Bandung karena sudah ada sejak tahun 1985. Jika bicara soal rasa tentu sudah sangat teruji dong ya.

Kita bisa menikmati Nasi Timbel dengan berbagai pilihan lauk seperti ayam goreng, aneka pepes, perkedel, tempe, tahu, sampai sayur asem. Selain itu, nasinya kita juga bisa memilih, mau nasi putih atau nasi merah.

Jam Buka : 07.30 WIB – 17.00 WIB

Lokasi Nasi Timbel Bawean : Jl. Bawean Pav. 3, Merdeka, Sumur Bandung, Jawa Barat 40113

5. Kupat Tahu Gempol Rekomendasi Kang Emil

Kupat Tahu Gempol, Image By IG : @kaniarizthy
Kupat Tahu Gempol, Image By IG : @kaniarizthy

Di Bandung ada Kupat Tahu yang wajib kita cicipi, yakni Kupat Tahu Gempol yang konon dulunya terkenal karena rekomendasi dari Kang Emil saat di interview.

Ada yang unik dari Kupat Tahu Gempol ini karena menggunakan kerupuk terasi yang berwarna merah. Saking enak dan terkenalnya kita harus datang lebih awal jika ingin mencicipi, karena Kupat Tahu Gempol ini selalu ramai, walaupun lokasinya agak jauh dari jalan besar.

Jam Buka : 06.00 WIB – 12. 00 WIB

Lokasi Kupat Tahu Gempol : Jl. Gempol Kulon No.53, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

6. Seblak Oces Yang Menggugah Selera

Seblak Oces, Image By IG : @doyanicipicip
Seblak Oces, Image By IG : @doyanicipicip

Kuliner Bandung keenam yang wajib untuk dicicipi adalah Seblak. Untuk mencari Seblak di Bandung tentu sangat mudah karena banyak yang menjajakan kuliner yang berbahan dasar kerupuk ini.

Salah satu Seblak yang wajib untuk dicicipi saat liburan di Bandung adalah Seblak Oces. Seblak ini sangat menggugah selera dan bisa dibilang cukup terkenal, ditambah lagi dengan harga yang sangat merakyat, menjadikan Seblak Oces selalu ramai pembeli.

Ada 2 jenis seblak disini, yakni seblak basah dan seblak kering. Dan untuk menikmatinya kita bisa memilih berbagai pilihan toping sesuai selera.

Jam Buka : 10.00 WIB – 18.45 WIB

Lokasi Seblak Oces : Alfamart Purnawarman, Jl. Purnawarman No.22, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

7. Yamie Toko You Bandung

Yamie Toko You Bandung, Image By IG : @donnyrusmawan
Yamie Toko You Bandung, Image By IG : @donnyrusmawan

Tahukah kamu jika Toko You Bandung adalah salah satu tempat kuliner yang juga sangat legendaris ditambah unik dengan nuansa klasik. Konon Toko You ini sudah ada sejak 1947 lho.

Toko You merupakan tempat makan yang menyajikan berbagai menu kuliner khas Indonesia serta Chinese food dan Yamie adalah salah satu menu paling favorit yang ada disini.

Jam Buka : 07.30 WIB – 23.00 WIB

Lokasi Toko You Bandung : Jl. Hasanudin No.12, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

8. Warung Bu Eha Yang Terkenal

Warung Bu Eha Yang Terkenal, Image By IG : @otwkurus_
Warung Bu Eha Yang Terkenal, Image By IG : @otwkurus_

Kuliner Bandung yang kedelapan adalah Warung Bu Eha yang terkenal. Banyak pilihan makanan lezat yang disajikan disini.

Lokasi Warung Bu Eha di dalam pasar tradisional Cihapit dan berada tepat disebelah pojok kanan pasar. Dengan interior tempo dulu, warung Bu Eha ini konon sudaha da sejak tahun 1943.

Selain terkenal akan kebersihannya, Warung Bu Eha juga terkenal dengan harga yang sangat murah, jadi wajar banet jika warung ini selalu ramai denan penggemarnya walaupun lokasinya yang bisa dibilang kurang strategis.

Jam Buka : 07.00 WIB – 15.00 WIB

Lokasi Warung Bu Eha : Pasar Cihapit, Jl. Cihapit No.8A, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung City, West Java 40114 

9. Sate Maulana Yusuf Yang Bikin Nagih

Sate Maulana Yusuf, Image By IG : @dewintage
Sate Maulana Yusuf, Image By IG : @dewintage

Penggemar Sate? Wajib banget mencicipi Sate Maulana Yusuf saat liburan ke Bandung. Sate disini sangat lengkap, ada Sate Sapi, Ayam dan Kambing. Sate Maulana Yusuf terkenal sangat enak dan dagingnya tebel namun tetap empuk.

Salah satu alasan memilih Warung Sate Maulana Yusuf menjadi kuliner yang wajib dicicipi saat di Bandung adalah sudah lama berdiri sejak tahun 1985.

Jam Buka : 10.00 WIB – 22.00 WIB

Lokasi Sate Maulana Yusuf : Jl. Maulana Yusuf No.21, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

10.  Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

restoran kehidupan tidak pernah berakhir
Image : nyapurnama.wordpress.com

Bagi kalian yang vegetarian tak perlu pusing cari tempat kuliner yang rekomended. Langsung saja menuju resto “Kehidupan Tidak Pernah Berakhir”.

Resto ini menyajikan makanan lezat dengan berbahan dasar sayuran, jadi sangatlah cocok untuk kalian yang vegetarian. Selain lezat, harga yang dibanderol disini sangat murah lho, jadi tidak perlu takut kantong jebol.

Jam Buka : 06.00 WIB – 21.00 WIB

Lokasi Resto Kehidupan Tidak Pernah Berakhir : Jl. Pajajaran No.63, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?