Budaya Mudik Lebaran dengan Kereta Api, Bikin Tiket Kereta Laris Manis

Mudik sudah menjadi sebuah tradisi yang berlangsung setiap kali momen Lebaran tiba. Di Hari Raya Idul Fitri, saling bermaafan dan bersilaturahmi dengan keluarga adalah sebuah keharusan. Dan bagi para perantau, ini adalah momen liburan terbaik untuk pulang ke kampung halaman menemui sanak keluarga.

Selain identik dengan pulang, mudik juga identik dengan perburuan tiket kereta api. Sebagai moda transportasi massal dengan harga terjangkau, tiket kereta api selalu diburu para pemudik sejak jauh hari.

sumber:jatimplus.id
sumber:jatimplus.id

Perburuan tiket kereta api buat mudik Lebaran ini sudah berlangsung sejak tiga bulan sebelum hari keberangkatan. Perlu tips dan trik khusus untuk mencari tiketnya, terlebih sebagian besar tiket sudah habis sejak Februari lalu.

Kereta Tambahan Lebaran

Buat kamu yang tidak kebagian tiket kereta api buat mudik, jangan sedih. Masih ada kereta tambahan 2019 yang bisa diburu buat pulang kampung. Kereta tambahan ini selalu ada setiap tahun dan jadwal penjualan tiketnya sudah dimulai sejak 6 April untuk keberangkatan 25 Mei – 15 Juni 2019.

Tahun ini, tiket kereta tambahan Lebaran langsung dijual untuk mudik dan balik. Tidak lagi terpisah seperti tahun-tahun sebelumnya. Sementara ketersediaan tiket kereta tambahan Lebaran bisa dicek di aplikasi Traveloka dan juga dibeli di sana.

Manfaatkan Kereta Lanjutan

Alternatif lain kalau kamu kehabisan tiket kereta tambahan adalah dengan memanfaatkan fitur kereta lanjutan. Untuk tiket ini, kamu akan transit di satu kota sebelum melanjutkan perjalanan dengan kereta berikutnya.

Waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan dengan kereta lanjutan memang lebih panjang. Namun kamu akan tetap nyaman, karena terbebas dari kemacetan di jalan raya ketika musim mudik tiba.

Beli Tiket di Partner Resmi, Ya!

Berburu tiket mudik memang bukan hal yang mudah. Tetapi bukan sebuah alasan untuk mencari jalan pintas asal bisa dapat tiket kereta api buat pulang kampung. Dengan ketatnya peraturan perusahaan kereta api Indonesia sekarang ini, tidak ada calo yang bakal bisa membelikan tiket untuk orang lain. Jadi kamu jangan mudah percaya jika ada yang menjanjikan jasa pembelian tiket kereta.

Advertisements

Paling aman adalah membeli tiket di partner resmi seperti Traveloka. Selain mudah diakses dari mana saja, kamu juga aman dari penipuan. Selain itu, dengan fitur penyimpanan nama penumpang sekaligus datanya, beli tiket pun jadi lebih cepat dan hemat tenaga. Data kamu pun aman, karena aplikasi ini menjaga data penumpang dengan sangat baik.

Kelebihan lain membeli tiket kereta tambahan Lebaran di Traveloka adalah kamu bisa dapat notifikasi ketersediaan kursi. Nyalakan fitur seat alert, ketika ada kursi yang dibatalkan oleh penumpang lain, pemberitahuan pun akan dikirim ke kamu secara langsung. Jadi, kursi yang tidak jadi dibeli penumpang lain ini bisa kamu tempati.

Perhatikan Bagasi

Seperti pesawat terbang, naik kereta api pun ada batasan bagasi, lho. Perhatikan barang yang akan kamu bawa pulang ke kampung halaman. Pastikan berat dan volume bagasinya tidak melebihi batas yang diberikan oleh perusahaan kereta api Indonesia. Jika memang harus membawa banyak barang bawaan, maka kamu harus membayar kelebihan bagasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Semoga perburuan tiket kereta tambahan Lebaran kamu sukses dan mudik tahun 2019 ini berjalan lancar. Selamat mencari tiket Lebaran!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?