Menyingkap Pesona Candi Ijo, Candi Yang Letaknya Paling Tinggi Di Jogja

Tidak lengkap ceritanya jika berbicara tentang wisata Yogyakarta tanpa wisata sejarah seperti Candi. Di Yogyakarta sendiri memiliki banyak peninggalan candi, namun kali ini yang akan kita bahas adalah Candi Ijo, yang merupakan canti paling tinggi letaknya di Jogja.

Letak Candi Ijo ini sendiri berlokasi di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada di sekitar 357,402 m – 395,481 m dpl. Hal inilah yang membuat lebih tinggi dari banyaknya candi di Yogyakarta.

Menyingkap Pesona Candi Ijo, Candi Yang Letaknya Paling Tinggi Di Jogja
image : klosetide.wordpress.com

Nama dari Candi Ijo sendiri diambil dari nama lokasi candi itu dibangun. Candi ijo ini memilliki kemiripan dengan beberapa candi disekitarnya seperti Candi Ratu Boko dan Candi Banyunibo, dimana candi itu juga terletak di antara perbukitan.

Diperkirakan Candi Ijo ini dibangun pada abad ke -9 Masehi. Jika dilihat dari beberapa bentuk reliefnya, Candi Ijo ini merupakan candi peninggalan umat Hindu. Seperti yang dikutip dari ‘njogja.co.id’ jika Candi ijo ini memiliki kkala makara dengan motif kepala ganda serta atributnya yang terletak diatas pintu masuk. Ada beberapa Candi lain di Jogja yang juga memiliki motif kala makara seperti Candi Ngawen, Candi Plaosan dan Candi Sari.

Letaknya di perbukkitan ini menjadikan Candi Ijo sebagai obyek wisata yang sangat indah dan wajib dimasukkan kedalam list wisata yang wajib dikunjungi ketika ke Jogja.

Bayangkan saja, jika kamu mencoba melihat kearah selatan ketika di Candi Ijo, akan melihat sebuah hamparan lembah yang hijau yang sangat mempesona. Sedangkan jika kamu melihat ke arah barat, akan terlihat hamparan kecil perkotaan dan Bandara Adisucipto dengan kesibukan pesawatnya. Yang paling indah, kamu bisa menikmati menakjubkanya Sunset di Candi Ijo ini.

melihat sunset candi ijo

Keunikan dari Candi Ijo ini juga terdapat pada pondasi candi yang dipahat dari bukit kapur yang tertanam ditanah yang membuat Candi Ijo ini sangat kokoh dan kuat. Hal ini sangatlah berbeda dengan candi yang lainya yang disusun dari batuan dan tidak menempel atau tertanam di tanah.

Untuk akses ke Candi Ijo ini bisa dibilang mudah, kamu bisa mengunjunginya dengan Trans Jogja, Taxi Ataupun mobil pribadi menuju arah prambanan. sekarang sudah banyak papan nama yang bisa dijadikan rute jalan ke Candi Ijo ini. Selain itu kamu juga bisa mengakses GPS di smartphone.

Nah berikut ini letak dari Candi Ijo
[symple_googlemap title=”Candi Ijo Yogyakarta” location=”Candi Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Kecamatan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta” height=”300″ zoom=”15″]

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?