Inilah 10 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Paling Menakjubkan

Pacitan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang letaknya paling barat. Mungkin saat ini memang masih banyak wisatawan yang belum menuliskan Pacitan sebagai tujuan wisata dalam agenda liburannya, karena belum terekposnya lokasi wisata yang ada disini.

Tahukah kamu jika tempat kelahiran mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memiliki objek-objek wisata yang sangat menakjubkan. Bahkan bisa dibilang  tidak ada duanya.

Nah daripada penasaran seperti apa tempat wisata di Pacitan yang tidak ada duanya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini tentang 10 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Paling Menakjubkan.

1. Pesisir Landai di Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria
image : pertamax7.wordpress.com

Tempat wisata di Pacitan yang pertama dan menjadi favorit wisatawan adalah Pantai Teleng Ria.

Pantai yang berjarak sekitar 3 km dari Kota Pacitan, tepatnya di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan ini memiliki ombak yang tidak begitu besar, jadi cocok buat kamu yang ingin melakukan selancar.

Selain berselancar, disini pengunjung bisa bermain air, bermain pasir, duduk-duduk bersantai menikmati pemandangan sampai menikmati hidangan khas pantai di warung-warung yang berada disitu. Jika ingin membawa pualng oleh-oleh berupa ikan segar, kamu bisa membelinya di TPI (Tempat Pelelangan Ikan).

2. Merasakan Kehangatan Pemandian Tirto Husodo

Merasakan Kehangatan Pemandian Tirto Husodo
image : cahbrogo.wordpress.com

Pemandian Tirto Husodo merupakan tempat wisata Pacitan yang menawarkan wisata pemandian air hangat. Lokasinya sekitar 15 km dari sisi utara Kota Pacitan, tepatnya di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari.

Di pemandian ini terdapat 4 kolam renang, 1 kolam renang sebagai sumber air panas, 2 kolam  renang khusus untuk dewasa, dan 1 kolam renang untuk anak-anak. Pengunjung dilarang berenang di kolam yang menjadi sumber air panas, jadi hanya diperbolehkan di 3 kolam yang sudah dialiri air panas.

3. Indahnya Pantai Srau, Pantai Yang di kelilingi  Perbukitan

Indahnya Pantai Srau, Pantai Yang di kelilingi Perbukitan
image : www.pasirpantai.com

Pantai Srau merupakan tempat wisata yang cukup jauh dari pusat Kota Pacitan, yaitu sekitar 25 km. Pantai ini berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Pantai Srau dibagi dalam 3 kawasan, yaitu kawasan pertama berupa hamparan pasir yang putih dan lembut, kawasan kedua berupa hamparan pasir yang kasar dihiasi batuan karang, dan kawasan ketiga lebih didominasi batuan karang.

Ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan disini, seperti berselancar, berenang, bersantai menikmati panorama alam pantai yang indah sambil menyantap aneka hidangan yang dijual oleh pedagang setempat.

4. Wisata Sungai Maron, Green Canyon Milik Pacitan

Wisata Sungai Maron Green Canyon Milik Pacitan yang menakjubkan
image : jawabagus.blogspot.com

Sungai Maron merupakan tempat wisata Pacitan yang sayang jika dilewatkan. Keindahan panorama hijau yang mengelilinginya, serta air sungai yang begitu jernih menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pacitan.

Untuk menuju ke Sungai Maron, perjalanan wisata bisa dimulai dari Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, dan berakhir di Pantai Ngiroboyo.

5. Indah dan Landainya Pantai Sidomulyo

Masih Dengan Landainya Pantai Sidomulyo
image : detik.com

Pantai landai dengan hamparan pasir yang berwarna kekuningan ini merupakan tempat wisata Pacitan yang seru banget untuk dikunjungi. Tempat wisata yang nyaman untuk bersantai ini, berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Dengan jarak tempuh sekitar 50 km dari pusat Kota Pacitan.

Ombak yang dimiliki Pantai Sidomulyo tidak begitu besar, sehingga cocok digunakan untuk pengunjung yang ingin belajar berselancar. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah memancing, berenang, atau berjalan kaki menyusuri pantai sepanjang 2 km.

6. Menakjubkannya Goa Gong

Advertisements

Menakjubkanya Goa Gong

Ingin berwisata ala-ala pendekar ? Kunjungi saja Goa Gong. Goa ini berada tepat di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan dan letaknya tidak jauh dari Goa Tabuhan.

Tempat wisata Pacitan yang satu ini sudah dikelola oleh pihak yang bersangkutan dengan baik, Sekitar 300 meter kedalaman dalam goa, wisatawan akan menemukan warna-warni cahaya lampu. Serta jalan setapak yang dibatasi dengan pagar.

Dinamakan Goa Gong karena dalam goa terdapat batuan besar yang jika dipukul akan menghasilkan suara seperti gong. Sangat aneh bukan? Makannya agar tidak merasa aneh, sebaiknya buktikan sendiri kesini yuk.

7. Mempesonanya Pantai Klayar

Mempesonanya Pantai Klayar
image : www.artebia.com

Hamparan pasir putih yang menawan serta eksotisme batuan karang membuat pantai di Pacitan ini menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, keunikan Pantai Klayar lainnya adalah terdapatnya bunyian yang menyerupai bunyi seruling. Bunyi itu berasal dari ombak yang menerpa celah batuan karang.

Pantai Klayar berlokasi di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, dan berjarak sekitar 35 km dari Kota Pacitan. Disini pengunjung tidak diperbolehkan berenang lho, karena kondisi pantai yang idak aman untuk berenang. Pengunjung bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati panorama alam khas Pantai Klayar.

8. Merdunya Suara Goa Tabuhan

Merdunya Suara Goa Tabuhan
image : tourpacitan.weebly.com

Goa Tabuhan ini letaknya tidak jauh dari Goa Gong, yaitu di Desa Dukuh, Kecamatan Punuh, Kabupaten Pacitan, berjarak sekitar 25 km dari Kota Pacitan.

Selain menyaksikan keindahan stalagmit dan stalaktit, wisatawan juga bisa mendengarkan suara gamelan yang keluar melalui beberapa stalaktit yang terdapat di dalam goa.  Goa Tabuhan ini memiliki kedalaman kurang lebih 100 meter dan mempunyai 2 ruangan.

9. Istimewanya Pantai Banyu Tibo

Istimewanya Pantai Banyu Tibo
image : www.pegipegi.com

Tempat wisata Pacitan selanjutnya adalah Pantai Banyu Tibo, pantai ini yang masih segaris dengan Pantai Klayar dan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan.

Seperti namanya Banyu Tibo, yang berarti Air Jatuh, disini pengunjung bisa menjumpai air terjun dipinggir pantai dengan ketinggian 10 meter. Hal inilah asal-usul penamaan Pantai Banyu Tibo.

Di Pantai Banyu Tibo pengunjung bisa melakukan beberapa aktiviitas seperti bermain pasir dan air di tepi pantai, serta menikmati keindahan alam yang mempesona.

10. Birunya Air Di Pantai Watu Karung

Birunya Air Di Pantai Watu Karung
image : yuliaslovic88.blogspot.com

Sama seperti G-Land di Banyuwangi, tempat wisata Pacitan ini juga terkenal sebagai tempat berselancar kalangan profesional karena memiliki ombak yang ganas. Pantai Watu Karung berlokasi di Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Tidak hanya bagus untuk berselancar saja, letaknya yang berdekatan dengan Pantai Srau membuat pantai ini memiliki hamparan pasir putih menawan. Suasana di Pantai Watu Karung relatif sepi, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?