10 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Paling Populer

Liburan di Bali tentu tidak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh. Bicara tentang oleh-oleh khas Bali memang bisa dbilang tidak ada habisnya karena sangatlah banyak, mulai dari camilan, aksesoris, kaos, tas sampai kerajinan.

Nah dari banyaknya oleh-oleh khas Bali, tak jarang wisatawan kebingungan mana yang harus dibawa pulang untuk oleh-oleh, maka dari itu, di artikel kali ini, piknikdong sudah rangkum menjadi 10 oleh-oleh khas Bali yang paling populer. Penasaran apa saja isinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1.  Kaos Joger Paling Populer Untuk Jadi Oleh-oleh

Kaos Joger Bali, Image By IG : @jastipbalikmbul
Kaos Joger Bali, Image By IG : @jastipbalikmbul

Siapa sih yang tidak kenal dengan kaos Joger? Banyak wisatawan yang mewajibkan untuk membawa pulang kaos joger saat liburan di Bali. Memang wajar sih, kaos Joger ini selain unik dengan kata-kata yaang tertulis di kaos juga identik sekali dengan Bali, so bisa jadi pilihan yang tepat untuk jadi oleh-oleh khas Bali.

Sebenarnya di Outlet aslinya di Bali, kita tidak hanya akan menemukan kaos saja, namun juga ada banyak pilihan aksesoris seperti sandal, gantungan kunci, sampai souvenir.

Ingat lho ya, Joger yang asli hanya dijual di Pulau Bali dan mereka tidak menerima pesanan online. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk membeli saat liburan di Bali.

Lokasi Joger : Jl. Raya Denpasar-Bedugul KM 37,5 Ds. Luwus, Mekarsari, Baturiti, Tabanan Regency, Bali 82191

2.  Oleh-oleh Cemilan Khas Bali Pie Susu

Pie Susu Asli Enaaak Khas Bali, Image By IG : @piesusuaslienaaakreal
Pie Susu Asli Enaaak Khas Bali, Image By IG : @piesusuaslienaaakreal

Perlu kalian tau nih, jika ingin membawa pulang camilan, Pie Susu merupakan camilan khas Bali yang sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh.

Pie susu ini berbentuk bundar seperti pie pada umumnya, di bagian tengah ada fla susu yang berasa lumer saat dimakan, ditambah rasa manis yang pasti bakal bikin ketagihan.

Di Bali ada Pie Susu yang konon sudah ada sejak tahun 1989, dengan nama  “Pie Susu Asli Enaaak”. Disini kita bisa memilih berbagai varian rasa pie susu seperti rasa original, pie toping keju, almond, choco chips dan kismis.

Untuk harga dari pie susu bisa dibilang lumayan murah kok, harga per box Rp. 30.000 ribu buat yang isi 10 dan Rp. 60.000 buat yang isi 20 pcs.

Lokasi Pie Susu Asli Enaaak : Jl. Nangka Selatan No.163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80234

3. Oleh-oleh Kaos/Baju Barong Khas Bali Yang Murah Murah Meriah

Kaos barong Bali, Image By IG: @ijonktour_id
Kaos barong Bali, Image By IG: @ijonktour_id

Pilihan ketiga adalah Kaos Barong. Kaos yang satu ini sudah menjadi legenda, karena sudah ada sejak dulu kala.

Ciri-ciri dari kaos Barong adalah gambarnya yang menampilkan tokoh khas Bali yakni Barong (karena hal inilah banyak orang menyebutnya dengan kaos barong).

Sangat mudah menemukan oleh-oleh khas bali yang satu ini, karena mayoritas penjaja souvenir menjualnya. Untuk harga juga tidak perlu kawatir bikin kantong jebol, karena memang bisa dibilang sangat murah, mulai dari belasan ribu rupiah saja.

4. Oleh-oleh Buah Salak Khas Bali

Salak Gula Pasir Khas Bali, Image By IG : @meilie13
Salak Gula Pasir Khas Bali, Image By IG : @meilie13

Oleh-oleh buah sebenarnya memang sudah biasa, apalagi buah salak yang bisa ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Namun jika sedang di Bali, ada buah salak yang sangat enak yang hanya ada di Bali, yakni Salak Gula Pasir.

Jika dibandingkan dengan salak pondoh yang terkenal itu, salak Bali memiliki nilai rasa manis yang lebih tinggi dan biji yang dimilikinya cenderung lebih kecil.

Mencari penjaja salak Bali bisa dibilang mudah, karena banyak dijajakan di pasar tradisional untuk harga lebih murah sampai pasar modern dan biasanya di pusat oleh-oleh juuga menyediakan Salak Gula Pasir Khas Bali ini.

Untuk harga sekitar Rp. 10.000 – Rp. 25.000 Per kilo, namun perlu ditekankan sekali lagi, kalau harga dari salak Bali fluktuatif, jadi bisa naik dan turun kapan saja.

5. Oleh-oleh Kacang Disco Yang Sangat Unik

Kacang Disco Kecak Mama, Image By IG : @kkecak
Kacang Disco Kecak Mama, Image By IG : @kkecak

Kembali lagi ke camilan, dan kali ini nama camilannya adalah Kacang Disco. Kacang disco adalah camilan yang terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan tepung bumbu lalu digoreng kering.

Rasa dari kacang disco ini sangat bervariasi, mulai dari rasa manis, asin, pedas dan rasa udang. Untuk mencarinya juga sangat mudah, karena biasanya tersedia di pusat oleh-oleh Bali dengan kisaran harga Rp. 16.000 – Rp. 50.000 Sesuai dengan berat dan ukuran. Beberapa rekomendasi kacang disco yang terkenal adalah kacang disco “Kecak Mama”.

6. Oleh-oleh Pia Khas Bali

Pia Legong Khas Bali, Image By IG : @oleholehbalii
Pia Legong Khas Bali, Image By IG : @oleholehbalii

Jika di Jogja kita bisa menemukan bakpia, di Bali kita bisa menemukan pia. Jika dilihat dari wujudnya sebenarnya memang tidak berbeda jauh, begitupun juga dengan cara membuatnya.

Untuk variasi rasa dari Pia Khas Bali juga banyak seperti rasa cokelat, keju, stroberi, kacang tanah dan yang lainnya.

Nah, rekomendasi dan yang selalu jadi favorit wisatawan adalah Pia Legong Bali. Namun untuk membelinya kita harus rela antri lama karena memang sangat ramai pembeli. Bahkan, karena saking ramai dan larisnya pia yang satu ini, setiap pembeli dibatasi hanya boleh membeli 2 kotak saja, dengan harga per kotaknya sekitar Rp. 90.000.

Lokasi Pia Legong Bali : Ruko Kuta Megah No. 15, Jalan By Pass Ngurah Rai, Tuban, Kuta, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

7. Oleh-oleh Kopi Kintamani Dengan Cita Rasa Khas Bali

Kopi Kintamani Khas Bali, Image By IG : @kopikintamani
Kopi Kintamani Khas Bali, Image By IG : @kopikintamani

Kalian peconta kopi? Wajib banget nih untuk membawa pulang oleh-oleh khas Bali yang satu ini, yakni Kopi Kintamani.

Kenapa namanya kopi Kintamani? karena kopi arabika yang satu ini memang dibudidayakan di kawasan Kintamani Bali. Rasanya yang khas membuat Kopi Kintamani sudah dikenal dunia, dengan bukti ekspor ke luar negeri seperti ke Jepang, Australia, Arab, dan bahkan sampai ke Eropa.

8. Oleh-oleh Kain/Sarung Pantai Khas Bali

Sarung Pantai Khas Bali, Image By Ig : @exotic.onshopping
Sarung Pantai Khas Bali, Image By Ig : @exotic.onshopping

Kain atau sarung khas Bali ini memiliki motif yang sangat khas seperti bunga sampai abstrak.

Kain atau sarung ini biasa dijual di Pantai, hal inilah yang mungkin mendasari penamaan sarung pantai khas Bali.

Untuk mencari oleh-oleh khas Bali yang satu ini sangat mudah, karena biasanya dijual di pinggir pantai, dan untuk harganya sendiri sangat bervariasi tergantung kita bisa menawar harga atau tidak. Range harga biasanya Rp. 25.000 – Rp. 50.000.  Biasanya untuk harga di toko bisa lebih mahal dari itu.

9. Oleh-oleh Ikat Kepala Khas Bali

Udeng Bali, Image By IG : @distro_udeng_bali
Udeng Bali, Image By IG : @distro_udeng_bali

Sudah pernah mendengar Udeng? Udeng merupakan ikat kepala khas Bali yang sering digunakan kaum pria  Bali. Udeng juga merupakan salah satu busana tradisional yang biasanya dipakai saat acara adat.

Untuk membuat ikat kepala atau Udeng ini membutuhkkan keahlian tersendiri lho, walaupun jika dilihat memang sangat sederhana. Pengrajin Udeng paling banyak di daerah Karangasem, dan salah satu Desa yang paling terkenal dengan kerajinan kain adalah Desa Sidemen.

10. Oleh-oleh Kacang Asin

Kacang Asin Khas Bali, Image By IG : @kacangrahayu
Kacang Asin Khas Bali, Image By IG : @kacangrahayu

Dan yang kesepuluh adalah Kacang Asin khas bali. Jika ke Bali kemudian makan seafood di tepi pantai Jimbaran pasti pernah kan cobain kacang asin yang memang biasanya disajikan untuk camilan sembari menunggu makanan siap untuk disajikan.

Kacang Asin Bali memiliki citarasa yang sangat unik, dan sangat cocok untuk menemani saat santai. Untuk rekomendasi kacang asin yang sudah sangat populer adalah kacang asin Rahayu, dengan kisaran harga sekitar Rp. 35.000an untuk berat 150 gram.

10 Oleh-Oleh Khas Bali Yang Paling Populer
5 (100%) 2 vote[s]

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?