Bersama Atta Halilintar, Sandiaga Resmikan Desa Wisata Rammang-Rammang Maros Sulsel

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Desa Wisata Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Hadirnya desa wisata ini diharapkan semakin memperkuat daya tarik wisata dan pengelolaan Desa Wisata Rammang-Rammang sehingga dapat meningkatkan semangat serta peluang baru bagi masyarakat sehingga meningkat kesejahteraan hidupnya.

Menparekraf Resmikan Desa Wisata Rammang-Rammang, photo : Kemenparekraf
Menparekraf Resmikan Desa Wisata Rammang-Rammang, photo : Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Rammang-Rammang, Kamis (17/6/2021), mengatakan, keberadaan Desa Wisata Rammang-Rammang akan mampu memberikan multiplier effect yang besar bagi masyarakat.

“Hadirnya desa wisata ini diharapkan semakin meningkatkan peluang bagi masyarakat, memberikan multiplier effect yang mendalam bagi masyarakat.

Ini yang kita dorong, serta saya juga menginstruksikan kepada jajaran Kemenparekraf untuk memberikan pendampingan baik dalam peningkatan sumber daya manusia, pengelolaan homestay, dan lainnya,”

kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Rammang-Rammang merupakan bagian dari Geopark Maros-Pangkep dan telah menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Maros.

Menggunakan perahu, wisatawan dapat menyusuri Sungai Putai sekaligus menikmati keindahan alam yang disuguhkan sebelum tiba di Kampung Berua.

Desa wisata ini juga dikenal dengan atraksi budaya, yakni tari tradisional Paduppa yang biasanya dihadirkan untuk menyambut tamu.

Wisatawan juga dapat menikmati produk ekonomi kreatif seperti suvenir khas yang berupa hasil kerajinan anyaman dari daun nipah, fashion payet yang juga menjadi salah mata pencaharian warga Kabupaten Maros, dan juga kuliner seperti abon telur, ikan bandeng tanpa tulang, dan ikan kambu.

Serta adanya fasilitas homestay dan rumah makan di rammang-rammang cafe ecolodge and coffee.

Di tahun 2019 jumlah pengunjung Rammang-Rammang mencapai lebih dari 50 ribu wisatawan dan memberikan dampak cukup besar bagi perekonomian masyarakat yang menawarkan jasa sewa perahu, tour guide, makanan, dan lainnya.

“Sinyal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif semakin saya rasakan di kampung Karst Ramang-Ramang di Maros ini.

Saya cek langsung tadi aspek digitalnya perlu diperkuat, juga jaringan telekomunikasi dan ini yang akan coba kita dorong,”

kata Sandiaga.

“Kita akan mendorong kolaborasi APBN dengan dunia usaha.

Seperti sinyal ini kita bisa arahkan kepada operator telekomunikasi.

Karena kalau menunggu anggaran pemerintah agak lama dan kita akan coba kerja sama dengan dunia usaha.

Bersama kita juga bisa bentuk pola perjalanan bagi wisatawan,”

kata Sandiaga.

Menparekraf Resmikan Desa Wisata Rammang-Rammang di Maros Sulsel
Menparekraf Resmikan Desa Wisata Rammang-Rammang di Maros Sulsel, photo : Kemenparekraf

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman; Anggota DPR RI Komisi X Andi Muawiyah; Bupati Maros Andi Syafril Chaidir Syam; Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan Denny Irawan Saardi; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros M Ferdiansyah; Kepala Desa Salenrang Syahrir; serta youtuber Atta Halilintar dan Thariq Halilintar.

Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizki Handayani; Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua; Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Wawan Gunawan; Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Fahlevi; Inspektorat II Kemenparekraf Bayu Aji; serta Direktur Politeknik Pariwisata Makassar Muhammad Arifin.

Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman, mengucapkan terima kasih atas dorongan dan motivasi terhadap Pemerintah Provinsi Selatan dan juga Pemerintah Kabupaten Maros khususnya dalam pengembangan desa wisata.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dorongan dan semangat dari Pak Menteri bagi kami untuk membangkitkan kembali desa wisata di Sulawesi Selatan.

Kami sedang berupaya terus membangun dan bagaimana memberi dukungan, seperti infrastruktur di beberapa wilayah desa wisata di Sulawesi Selatan,”

kata Andi Sudirman.

Hal senada dikatakan Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir Syam. Ia mengapresisi langkah cepat Menparekraf Sandiaga Uno dalam merespons kebutuhan yang dibutuhkan Desa Wisata Rammang-Rammang dalam meningkatkan kapasitas daya saing.

“Tadi Pak Menteri langsung merespons agar sinyal di Ramang-Ramang lebih kuat lagi.

Selama di perjalanan menikmati Kampung Karst juga menyatakan akan mendukung penuh dalam pengembangan desa wisata,”

kata Andi Syafril.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?