5 Tips Mudah Mendapatkan Foto Bawah Air Yang Menakjubkan

Ketika liburan ada hal yang tidak boleh terlewatkan, yakni dokumentasi atau foto. Foto ini akan menjadi saksi atau bukti kamu sudah pernah kesana.

Nah agar mendapatkan foto yang memuaskan pastinya sudah pada tau kan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya tentang Tips Mengambil Foto Yang Bagus Ketika Traveling. Untuk kali ini sedikit berbeda, karena kita akan mengambil gambar dari bawah air.

Memang untuk mengambil gambar atau foto dari bawah air ini memerlukan keterampilan khusus, namun bukan berati kamu tidak bisa melakukanya. Maka dari itu jika kamu ingin mengambil gambar dari bawah air, berikut ini ada tipsnya untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Penasaran seperti apa? Berikut ini selengkapnya.

1. Persiapkan Peralatan Yang Memadahi Seperti Case Underwater

Case Underwater
Case Underwater

Untuk yang pertama adalah persiapan alat. Jika memang belum memiliki kamera yang khusus untuk bawah air yang pastinya memiliki harga mahal, kamu bisa menggunakan alrternatif lain.

Menggunakan Case Underwater untuk melindungi kamera, smartphone maupun action cam adalah solusi tepat. Tapi, sebelum menggunakan case ini periksalah apakah ada kebocoran atau tidak.

2. Sebelum Mengambil Gambar, Perhatikan Kabut Yang Muncul

Perhatikan Kabut Yang Muncul, Image By : slamsr.com
Perhatikan Kabut Yang Muncul, Image By : slamsr.com

Sebelum mengambil gambar, sebaiknya periksalah pada kamera yang dipakai. Karena biasanya akan muncul kabut saat menggunakan case underwater ini. Hal ini dikarenakan adanya suhuh yang berbeda antara air yang akan membuat kabut atau fog.

Jadi jangan sampai kamu sudah berenang capek ke bawah air, tapi tidak dapat hasil jepretan bagus karena adanya kabut yang mengganggu kejernihan kamera.

3. Perhatikan Sinar Matahari

Perhatikan Sinar Matahari, Image By IG : @underwater.photo
Perhatikan Sinar Matahari, Image By IG : @underwater.photo

Untuk yang ketiga ini perlu kamu perhatikan baik-baik, karena sangat berbeda dengan mengambil gambar saat di darat. Biasanya ketika kamu mengambil gambar di daratan pastinya menghindari backlight, yakni obyek foto berada di depan sumber cahaya.

Advertisements

Nah ketika kamu akan mengambil gambar di bawah air, sebaiknya obyek berada di area backlight atau didepan cahaya. Disni kamu akan mendapatkan gambar yang sangat pas dan keren ketika berada didepan sumber cahaya langsung atau menghadap matahari.

4. Perhatikan Air

Perhatikan Air, Image By IG : @_tukangphoto
Perhatikan Air, Image By IG : @_tukangphoto

Yang keempat adalah arus air. Hal ini akan lebih menyulitkan ketika kamu harus berfoto di dalam air dengan arus yang kurang tenang. jadi carilah arus yang memang lebih tenang untuk mengambil foto.

Arus yang tidak tenang, selain akan menyulitkan kamu untuk berpose juga akan membuat gambar menjadi blur. Hal inilah yang menjadi faktor sulitnya mengambil gambar di laut dibanding di kolam renang yang cenderung tenang airnnya.

5. Perhatikan Setingan Kamera

Perhatikan Setingan Kamera, Image By IG : @pecinta_alam.ind
Perhatikan Setingan Kamera, Image By IG : @pecinta_alam.ind

Ketika semua faktor diatas sudah terkendali, kamu bisa mengatur setingan kamera yang akan kamu gunakan. Jika kamu menggunakan kamera DSLR atau mirrorless sebaiknya mulai mengatur shuuter speed, ISO, dan f numbernya.

Disarankan untuk mengambil gambar dibawah air, kamu bisa menggunakan ISO dan Shutter speed yang tinggi. Ketika kamu sudah mendapatkan setingan yang pas, maka gambar yang kamu ambil kemungkinan besar akan bagus dan tentunya sangat menakjubkan.

Itulah 5 tips sederhana mendapatkan foto bawah air yang menakjubkan, sangat simpel kan? Namun tetap butuh beberapa kali latihan untuk mendapatkan hasil yang terbaik, hal inilah yang menjadi salah satu faktor sulitnya foto underwater atau bawah air. Selamat mencoba.

5.0
02

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?