Bikin Ngiler! Inilah 10 Makanan Khas Korea Yang Enak, Lezat dan Terkenal

Bagi pecinta K-pop (Korean Pop) pasti ingin mencicipi makanan khas Korea yang sering muncul diberbagai macam acara kan? Misalnya saja drama korea, reality show hingga sosial media para artis Korea.

Nah, maka dari itu, berikut ini piknikdong, bakal rangkum 10 Makanan khas Korea yang enak, lezat, dan terkenal, bahkan beberapa diantaranya sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Penasaran seperti apa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Kimchi

Makanan Korea Kimchi, Image by : oppaunnie.blogspot.com
Makanan Korea Kimchi, Image by : oppaunnie.blogspot.com

Kimchi merupakan salah satu kuliner khas Korea yang sangat terkenal. Banyak acara korea yang selalu menampilkan makanan yang satu ini. Saking terkenalnya kimchi, banyak orang bilang tidak lengkap jika liburan ke Korea belum mencicipi Kimchi langsung disana.

Kimchi merupakan makanan yang berbahan dasar sayuran yang difermentasi dengan bumbu yang khas hingga menghasilkan rasa yang asam dan pedas. Beberapa sayuran yang sering dijadikan kimchi adalah sawi putih, lobak dan mentimun.

2. Gogigui

Gogigui Khas Korea, Image : kursusbahasakorea123.com
Gogigui Khas Korea, Image : kursusbahasakorea123.com

Makanan yang sering muncul di berbagai drama dan acara Korea selanjutnya adalah Gogigui yang merupakan makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dipanggang dengan model barbeque diatas panggangan langsung di meja.

Mudah banget mencari makanan Korea Gogigui ini karena menjadi salah satu menu wajib ada di restoran khas Korea.

3. Miyeok Guk

Makanan Korea Miyeok Guk, Image by : patriciastoryblogger.blogspot.com
Makanan Korea Miyeok Guk, Image by : patriciastoryblogger.blogspot.com

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia Miyeok Guk merupakan sup rumput laut. Ya seperti namanya, makanan khas Korea ini berisi rumput laut yang berkuah kaldu daging atau ayam.

Miyeok Guk bisa dibilang makanan yang spesial lho, karena jika di negaranya Korea Selatan, sup ini disajikan untuk orang yang sedang ulang tahun dengan harapan bisa berumur panjang.

4. Bulgogi

Makanan Korea Bulgogi, Image : glorimelamine.com
Makanan Korea Bulgogi, Image : glorimelamine.com

Bulgogi merupakan makanan Korea yang tidak kalah terkenal dari beberapa makanan sebelumnya.

Bulgogi berbahan utama daging sapi yang dipotong-potong tipis lalu dipanggang setelah dibumbui. Setelah sudah matang, Bulgogi akan disajikan dengan taburan wijen diatasnya. Bikin ngiler kan ya?

5. Bibimbap

Makanan Korea Bibimbap, Image : bacaterus.com
Makanan Korea Bibimbap, Image : bacaterus.com

Bibimbap bisa dibilang nasi campur versi Korea. Dalam penyajiannya, makanan Korea yang satu ini dalam keadaan belum diaduk, lalu berbagai lauk-pauk yang ada disusun rabi diatas nasi.

Biasanya bakal ada 7 jenis sayuran dalam bibimbab, lalu kemudian akan dicampur dengan daging, telur dan tahu. Pas banget nih dengan lidah orang Indonesia.

6. Kimbap

Makanan Korea Kimbap, Image : alyasamira.wordpress.com
Makanan Korea Kimbap, Image : alyasamira.wordpress.com

Kimbap adalah sushi ala Korea. Untuk isi dari Kimbap juga tidak jauh dari sushi Jepang, yakni sayur, dan daging, bahkan biasanya dimodifikasi sesuai selera masing-masing.

Mencari Kimbap di Indonesia tidaklah sulit karena pasti ada di restoran khas Korea, namun apabila ingin membuat sendiri juga bisa, karena tidak terlalu sulit untuk diterapkan dirumah. Selain itu, bahan yang diperlukan juga mudah dicari di pasar atau supermarket terdekat.

7. Jjajangmyeon

Mie Khas Korea Jjajangmyeon, Image : inspirasistyana.wordpress.com
Mie Khas Korea Jjajangmyeon, Image : inspirasistyana.wordpress.com
Advertisements

Bagi pecinta drama Korea pasti tidak asing lagi dengan kuliner khas Korea satu ini yang dinamakan Jjajangmyeon.

Jika dilihat, Jjajangmyeon mirip dengan mie ayam yang ada di Indonesia, yang membedakannya adalah adanya saus kedelai hitam yang kental, kemudian tak lupa ada sayur dan potongan daging.

Jika ingin mencobanya bisa langsung mencari di resto khas Korea terdekat ya, namun yang muslim jangan lupa tanyakan terlebih dahulu, daging yang digunakan apakah ayam atau pork.

8. Samgyeopsal

Samgyeopsal Khas Korea, Image : my-favoritefoods.blogspot.com
Samgyeopsal Khas Korea, Image : my-favoritefoods.blogspot.com

Samgyeopsal juga sangat terkenal dan selalu muncul diberbagai drama Korea. Namun memang, Samgyeopsal tidak termasuk makanan halal ya, karena terbuat dari daging perut babi (pork) yang dipanggang.

Dalam penyajiannya Samgyeopsal juga sama dengan Gogigui dimana daging ini akan dipanggang diatas meja langsung, lalu setelah matang bisa langsung dicelupkan dalam saus yang spesial.

9. Tteokbokki

Makanan Korea Tteokbokki, Image : planetjember69.blogspot.com
Makanan Korea Tteokbokki, Image : planetjember69.blogspot.com

Tteokbokki merupakan makanan khas Korea yang sangat terkenal di Indonesia, hal ini karena rasanya yang sesuai dengan lidah warga Indonesia.

Tteokbokki adalah makanan yang berbahan dasar kue beras atau tteok yang dicampur dengan saus khas Korea. Rasanya yang pedas dan cenderung manis sangat pas dengan lidah orang Indonesia.

Jika ingin mencicipi Tteokbokki langsung di Korea Selatan dijamin mudah mencarinya, karena Tteokbokki dijajakan di berbagai warung-warung sederhana hingga restoran.

10. Ramyeon

Ramyeon Khas Korea
Ramyeon Khas Korea

Ramyeon adalah mie instan khas Korea. Yang membedakan Ramyeon dari mie instan indonesia adalah tekstur mie yang digunakan lebih tebal dan kuah yang dihasilkan dari Ramyeon lebih kental.

Bagi pecinta drama Korea pasti tidak asing lagi dengan makanan Korea yang satu ini, karena hampir kebanyakan film Korea ada adegan sedang makan Ramyeon. Salah satu keunikan dari Ramyeon adalah cara makannya yang langsung dari pancinya.

Itulah 10 makanan khas korea yang enak, lezat dan terkenal, mana yang sudah kalian coba? atau ada rekomendasi makanan Korea yang sudah terkenal hingga pelosok Dunia, bisa komentar dibawah ini.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.5 / 5. Jumlah 13

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?