5 Tips Dan Trik Belanja Murah Di Pasar Seni Sukawati Bali

Belanja adalah hal yang sangat wajib kita lakukan saat sedang liburan di Bali, dan salah satu tempat yang asik untuk berbelanja adalah Pasar Seni Sukawati.

Kenapa Pasar Seni Sukawati? Karena disini kita bisa menemukan berbagai hal menarik, baik untuk oleh-oleh ataupun mau dipakai sendiri. Ragam baju pantai, kaos oblong, baju batik, tas, pernak-pernik sampai aneka kerajinan khas Bali lengkap bisa kita temukan di Pasar Seni Sukawati ini.

Pasar Seni Sukawati, Image By IG : @kikiqoy
Pasar Seni Sukawati, Image By IG : @kikiqoy

Lokasi Pasar Sukawati berada tepat di Desa Sukawati Kabupaten Gianyar Bali, jika ingin belanja bisa datang lebih awal karena disini tidak pernah sepi dari wisatawan yang ingin berbelanja. Pasar yang bisa ditempuh sekitar 45 menit dari kota Denpasar Bali ini terbagi menjadi 3 bagian yang saling berdekatan, yakni Pasar Sukawati satu, dua, dan tiga.

Seperti pasar pada umumnya, kita bisa menawar harga barang yang ada di Pasar Sukawati, namun pasti tau dong, tidak semua orang bisa menawar untuk mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kondisi kantong kita.

Nah di kesempatan kali ini piknikdong bakal share bagaimana berbelanja murah di Pasar Sukawati. Penasaran seperti apa tips dan triknya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Perhatikan Waktu, Belanja Di Pasar Sukawati Saat Pagi Adalah Pilihan Tepat

Pasar Sukawati buka pukul 6 pagi dan akan tutup pukul 6 sore. Jam paling tepat berbelanja di disini adalah antara pukul 6-10 pagi.

Para pedagang disini percaya bahwa pelanggan pertama yang datang membeli dagangan adalah seorang penglaris yang nantinya bisa membuat dagangan menjadi ramai dikunjungi pelanggan yang lain. Nah dengan datang berbelanja di awal buka, diharapkan kita bisa menjadi pelanggan pertamanya dan bisa mendapatkan potongan harga yang lebih tinggi.

2. Sopan Pada Penjual Adalah Kunci

Sopan santun adalah kunci untuk mendapatkan harga yang terbaik. Membangun hubungan akrab dengan para penjual akan mempermudah kita dalam menawar.

Kita bisa menggunakan sapaan khas bali seperti “Bli” untuk laki-laki dan “Mbok” untuk perempuan. Dengan begitu pedagang akan merasa ada hubungan yang menyenangnkan, dan secara logika mereka akan memberikan potongan harga yang lebih untuk kita.

3. Survei Keliling Toko Lain Untuk Mendapatkan Harga Terbaik

Jika point nomor 1 dan 2 sudah dilakukan, saatnya berkeliling untuk mendapatkan harga yang murah dan sesuai dengan kantong kita. Bandingkan mana yang terbaik dan sesuai, baik secara kualitas barang dan harga barang yang dibanderol.

4. Belanja Dalam Jumlah Banyak Atau Borongan

Belanja di pasar Sukawati dalam bentuk satuan terkadang memang sulit mendapatkan harga yang murah, namun jika kita belanja banyak atau borongan, biasanya mereka langsung akan memberikan diskon lain untuk barang yang akan kita beli. Tidak percaya? Cobalah.

5. Menawar Dengan Baik dan Benar

Kunci utama agar kita bisa berbelanja dengan harga yang sesuai adalah dengan menawar. Namun ingat ada beberapa point yang harus diperhatikan dalam menawar ini. Jangan keterlaluan dalam menawar, misalnya saja menawar dengan harga yang terlalu murah dan tidak masuk akal, hal ini malah akan membuat suasana tidak menyenangkan.

Cobalah berdiskusi dengan penjual untuk harga yang terbaik, pastikan jangan ragu namun juga jangan terburu-buru. Jika memang sudah menemukan barang yang kita cari, biasanya banyak juga tersedia di toko lain, jadi apabila di toko yang kita tawar tadi tidak terjadi kesepakatan, cobalah untuk berpindah dahulu dan berharap ditempat lain bisa mendapatkan harga yang sesuai.

Nah itulah 5 Tips Dan Trik Belanja Murah Di Pasar Sukowati Bali, sangat mudah dan simpel bukan? Selamat berbelanja.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?