in ,

Dimulai Hari Ini, Video Mapping Performance Sumonar 2023 Yogyakarta, Ini Jam dan Lokasi Pertunjukannya, Gratis!

gnews piknikdong
Bagikan:

Piknikdong.com, Yogyakarta – Sumonar 2023, festival video mapping dan seni cahaya tahunan yang digagas oleh JVMP (Jogja Video Mapping Project – kolektif seniman visual dan media) yang berbasis di Yogyakarta, berlangsung sejak 2019.

Selain sebagai ajang presentasi karya, festival ini juga menjadi tempat berkumpulnya para pelaku dan pecinta seni cahaya dari Indonesia bahkan dunia.

Sumonar 2023
Sumonar 2023

Berpusat di Museum Affandi, Sumonar 2023 akan berlangsung pada tanggal 25 November – 05 Desember 2023, dengan menawarkan presentasi berbagai macam karya.

Tak hanya seni instalasi cahaya, namun juga karya dua dimensi dari beberapa seniman rupa Indonesia.

Dibuka pada Sabtu, 25 November 2023, Sumonar menjadi ruang interaksi penikmat seni instalasi cahaya untuk tidak sekadar melihat seni pertunjukan video mapping, namun juga memaknai pemikiran para maestro seni rupa melalui karya-karyanya.

Bertema Being as Such

Sumonar tahun 2023 ini menyajikan program presentasi khusus karya Affandi & Sudjojono, dua tokoh bersejarah dalam seni rupa Indonesia yang karyanya sudah menjadi legenda.

Menyandingkan dua karya maestro sebagai teladan sekaligus memberi gambaran tentang sejarah seni di Indonesia, dan terakhir mendedahnya berdasarkan perspektif ruang publik.

Sumonar ingin kembali kepada semangat beliau berkarya semasa hidupnya, dan menjadi ruang bagi Sumonar berdinamika, tumbuh dari waktu ke waktu.

Oleh sebab itu dipilihlah Museum Affandi sebagai ruang presentasi utama selama gelaran Sumonar 2023.

Lokasi Main Show Video Mapping Performance

Selain Museum Affandi, Sumonar di tahun ini tetap memanfaatkan ruang publik sebagai tempat presentasi karya seni cahaya.

Fasad Gedung BNI kawasan Nol Kilometer kembali menjadi tempat yang representatif untuk mempresentasikan karya-karya seni cahaya tersebut kepada publik.

Dihelat pada tanggal 01-03 Desember 2023, bertajuk “Main Show Video Mapping Performance”, yang menampilkan karya dari 9 seniman undangan, dan 1 karya video mapping hasil dari Program Workshop Video Mapping yang diselenggarakan beberapa hari lalu.

“Main Show Video Mapping Performance” dapat disaksikan mulai dari pukul 18:30 WIB untuk umum tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Daftar Seniman di Program Main Show Video Mapping Performance 2023:

– Amaya Madrigal
– Angel Sandimas
– Ari Dykier
– Cutemonster by Nindhita
– Fanikini
– Furyco
– Hendry Prasetya
– Indieguerillas
– Jonas Sestakresna
– Kevin Rajabuan
– Rodar Studio
– Studio Gambar Gerak

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya, langsung saja merapat untuk menyaksikan pertunjukan Video Mapping Performance yang bakal keren banget!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Yuk gabung channel whatsapp Piknikdong.com untuk mendapatkan info terbaru tentang Wisata, Kuliner, Resep, Event, Musik, Viral, Tips dan hal menarik lainnya. Klik di sini (JOIN)

Penulis : Redaksi

Mengulas tentang ragam informasi menarik yang sedang trending saat ini secara detail dan berdasarkan fakta.