Goa Kiskendo Kulon Progo, Sebuah Keindahan Dibalik Cerita Pewayangan

Pernah mendengar Goa Kiskendo? Goa Kiskendo, merupakan salah satu destinasi wisata dari Yogyakarta bagian paling barat, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo.

Goa Kiskendo ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik, karena disini kita bisa menemukan ornamen atau hiasan goa berupa stalaktit dan stalagmit. Goa Kiskendo juga menjadi salah satu geoheritage di Yogyakarta.

Cerita Pewayangan dibalik Goa Kiskendo

Ada sebuah cerita yang berkembang di masyarakat tentang Goa Kiskendo ini, yakni tentang kisah pewayangan yang menceritakan jika Goa ini merupakan tempat tinggal Mahesasura yang berkepala kerbau dan Lembusura degan kepala Sapi.

Nah dalam kisah itu, Goa Kiskendo ini adalah tempat terjadinya pertemputan antara Subali, Sugriwa dengan Mahesasura dan Patih Lembusura yang menghuni Goa ini.

relief cerita wayang goa kiskendo
Image : www.instagram.com/onyone96

Goa Kiskendo juga merupakan Goa yang disakralkan, hal ini mungkin karena dulu sering dipakai untuk ritual bertapa, disini juga terdapat relief cerita wayang dan ada goa lagi yakni Goa Sumitro dan Watu Blencong disebelahnya.

Keindahan Yang Ada di Goa Kiskendo

Seperti yang sudah disebutkkan tadi, jika di Goa Kiskendo terdapat banyak stalaktit dan stalagmit yang menghiasi sepanjang Goa.

Goa Kiskendo Kulon Progo Yogyakarta
Image : www.instagram.com/masdapit

Goa Kiskendo sendiri memiliki kurang lebih 15 ruangan yang memiliki nama dan cerita menarik, misalnya saja ruangan Lidah Mahesasura, du ruangan ini terdapat batu yang berbentuk seperti lidah, dan konon ceritanyanya merupakan lidah Raja Mahesasura yang diotong oleh Subali agar Raja tersebut tidak bisa hidup lagi.

Masih ada lagi tentang ruangan yang bernama Lumbung Kampek yang menurut ceritanya dulu menyimpan barang-barang berharga millik Kerajaan.

Masuk Goa Kiskendo
Image : www.instagram.com/ardianofauzy

Dan yang paling unik, adanya sungai bawah tanah yang mengalir, dan konon diujung Goa Kiskendo ini ada terowongan air yang aliranya sampai ke laut kidul.

Sebenarnya tidak hanya keindahan dalam goa saja yang disuguhkan, namun mulai dari pemandangan alam yang sangat asri, hijau dan sejuk sampai tempat berkemah yang sangat asik, ditambah lagi banyaknya spot foto yang sangat instagramable disini.

Sendra tari di Goa Kiskendo
Image : www.instagram.com/luckydiio

Dan setiap bulanya bakal ada seni pertunjukan sendratari yang menceritakan kisah-kisah pewayangan. Jika ingin menontonya tinggal menunggu jadwal yang pas saja saat berkunjung kesini.

Menuju Goa Kiskendo

Sekarang ini untuk menuju Goa Kiskendo bisa dibilang sangat mudah gaes, Goa yang menjadi salah satu Pesona Pegunungan Menoreh yang berada 1200 mdpl ini hanya berjarak 35 km dari Kota Yogyakarta dan sekitar 21 Km dari Kota Wates. Lebih tepatnya berada di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Jika dari Yogyakarta, bisa menuju Kulon Progo gaes, bisa menentukan jalur apakah mau lewat Girimulyo dengan mengambil jalan godean atau melewati Waduk Sermo dengan mengambil Jalan Wates menuju Alun-alun Wates kebarat.

Tips ke Goa Kiskendo

  1. Periksa kendaraanmu gaes, pastikan dalam kondisi fit ya, karena harus menanjak lumayan tinggi
  2. Jalan bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun 4 kok, jadi tentukan sendiri mau pakai yang mana
  3. Jangan lupa bawa jaket gaes, karena udara disini bisa dibilang dingin
  4. Ada jadwal pertunjukan sendra tari setiap bulanya, jadi jika ingin melihatnya bisa cari jadwalnya

Masih penasaran akan keindahan Goa Kiskendo? Jangan lupa masukkan kedalam list yang wajib dikunjungi saat liburan di Jogja ya gaes, karena gak bakalan rugi deh saat berkunjung kesini.