5 Tips Nyaman Berkunjung Ke Sekaten Jogja

Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) atau sering juga disebut dengan Sekaten Jogja merupakan event tahunan yang memang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat jogja dan sekitarnya.

Konsep Sekaten Jogja yang sederhana dan merakyat ini membuat banyak kalangan mulai dari anak-anak, dewasa tua, muda berduyun-duyun mengunjungi setiap malamnya.

5 Tips Nyaman Berkunjung Ke Sekaten Jogja
Image By : www.instagram.com/jo.chryst (@jo.chryst)

Perayaan Sekaten Jogja diadakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan seperti biasanya, Sekaten Jogja bertempat di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Nah, saking ramainya pengunjung Sekaten Jogja, tentu ada beberapa hal yang bisa membuat kita kurang nyaman saat berkunjung, seperti hujan, sampai tindak kejahatan seperti pencopet. Namun hal itu tidak perlu dikawatirkan karena berikut ini ada 5 tips nyaman berkunjung ke Sekaten Jogja.

1. Sandal bisa jadi pilihan paling tepat untuk pergi ke Sekaten Jogja

Perlu diingatkan lagi nih gaes, jika Sekaten Jogja selalu bertepatan dengan musim hujan, jadi kondisi Alun-Alun Utara tentu menjadi becek.

Oleh karena itu akan lebih nyaman jika menggunakan sandal dibandingkan dengan sepatu saat berkunjung ke Sekaten Jogja.

2. Payung Jangan Ketinggalan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, jika Sekaten Jogja selalu bertepatan dengan musim hujan, jadi, payung jangan sampai ketinggalan saat berkunjung ke Sekaten Jogja.

Memang sih, banyak kios dan lorong yang memasang terpal untuk menutupi air hujan, namun akan lebih nyaman jika menggunakan payung sendiri yang tentu akan lebih leluasa dalam berkeliling di area Sekaten Jogja.

3. Bawa barang seperlunya dan selalu dijaga

Nah, poin ketiga ini sangat penting lho, karena Sekaten Jogja ini sangat ramai, apalagi saat weekend, tentu bisa menjadi celah orang yang tidak bertanggung jawab, seperti copet atau tinda kejahatan lainya.

Jadi untuk menangulanginya adalah selalu waspada dan selalu dijaga bawang bawaan. Jika menggunakan tas selempang bisa diletakkan di depan badan.

4. Prioritaskan untuk membawa motor saja

Untuk masalah parkir ini adalah hal yang sangat klasik. Pada saat Sekaten Jogja, tentu banyak orang dari berbagai daerah datang kesana. Hal ini membuat banyak kantong parkir yang penuh dan tidak muat.

Jadi jika memang memungkinkan, akan lebih baik jika memperioritaskan untuk membawa motor saja daripada mobil, karena selain sulit mencari tempat parkir, sekitar Pasar Malam Perayaan Sekaten seringkali macet pada saat malam hari.

5. Berkelilingnlah dan temukan hal baru

Diperayaan Sekaten Jogja, tentu banyak sekali stand daerah yang menampilkan berbagai keunggulan setiap daerah. Jadi jangan cuma datang untuk belanja saja.

Cobalah untuk mengekplore seluruh Sekaten Jogja, walaupun agak melelahkan, tentu bakal banyak hal baru yang akan didapatkan seperti pengetahuan baru tentang kesenian, kerajinan dan budaya yang akan selalu menarik untuk dikunjungi.

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik.
Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

BAGIKAN
Komentarmu?