8 Cara Mudah Menjadi Lebih Produktif Setiap Hari

Jadi lebih produktif setiap hari? Kenapa tidak! Dengan menjadi pribadi yang produktif setiap hari, tentu akan sangat menguntungkan dan mampu membuat kira bisa menjalani kewajiban sehari-hari dengan lebih baik.

Tapi, Memang tidak bisa dipungkiri, jika menjadi produktif itu tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa faktor yang sangat berpengaruh dengan produktivitas kita seperti masalah dengan orang terdekat, rasa malas yang sangat tinggi, dan mood yang tidak menentu selalu membayangi.

Namun, bukan berati dengan adanya beberapa masalah tersebut, kita tidak bisa menjadi produktif, karena berikut ini ada 8 cara mudah yang bisa diterapkan sehari-hari agar selalu jadi manusia yang lebih produktif. Selain mudah, cara berikut ini sangat efektif lho.

Cara Mudah Menjadi Lebih Produktif Setiap Hari

1. Cobalah memulai hari dengan air putih

memulai hari dengan air putih
Memulai hari dengan air putih

Kebiasaan memulai hari dengan minum kopi ternyata bisa berakibat kurang produktif lho. Memang benar, kafein yang ada di dalam kopi akan membuat kita lebih semangat saat pagi, tapi ingat ini hanya “sesaat“.

Cobalah mengganti kebiasaan itu dengan meminum air putih saja. Air putih merupakan metode paling baik untuk membangunkan tubuh setelah istirahat di malam sebelumnya. Air putih merupakan alarm yang akan membuat tubuh menjadi siap untuk melakukan kegiatan produktif setiap hari. Selain itu, dengan rutin meminum air putih akan membuat tubuh lebih sehat dan fresh.

2. Punya tugas sulit? Jadikanlah yang pertama, jangan menghindarinya

jangan menghindari tugas yang sulit
Jangan menghindari tugas yang sulit

Biasanya, kalau ada tugas yang sulit dan merepotkan, setiap orang akan menghindarinya, itu adalah hal yang sangat normal. Namun tahukah kamu, jika hal itu terus dilakukan, akan sangat merugikan diri sendiri, karena sebenanrnya kita hanyalah menundanya dan tidak menyelesaikannya, bahkan akan membuat tugas itu semakin sulit.

Untuk jadi lebih produktif setiap hari, cobalah untuk mengubah pradigma tentang tugas yang sulit ini. Taruhlah urutan tugas yang kamu rasa sulit untuk dikerjakan segera, disini kamu akan paham sesuatu hal, yakni semua itu tidak sesulit yang dibayangkan, asalkan jangan pernah menundanya.

Jika tugas yang sulit sudah dikerjakan, kita tentu akan memiliki sisa waktu banyak untuk merampungkan kewajiban lain dengan hati yang lebih tenang dan akan berimbas dengan hasil yang maksimal.

3. Susun To Do List dulu baru ke yang lain

Susun To do list setiap hari
Susun To do list setiap hari

Membuat To Do List sekarang ini sangat mudah kok, bisa secara manual dengan tulisan atau download aplikasi di smartphone yang kita miliki.

Ingat, buatlah sedemikian rupa jadwal yang harus dilakukan setiap hari dan cobalah untuk bertanggung jawab dengan apa yang sudah kamu susun itu. Selesaikanlah setiap harinya, jangan ada penundaan.

4. Hindari membawa dokumen yang tidak penting

Jangan membawa dokumen yang tidak penting
Jangan membawa dokumen yang tidak penting

Biasanya nih, kita akan tergoda untuk membawa tumpukan dokumen langsung dimasukkan kedalam tas atau yang lainnya, karena malas untuk memilah mana yang penting dan mana yang kurang penting.

Tahukah kamu, jika kita selalu membawa dokumen yang tidak penting ini ternyata bisa berdampak pada penurunan produktivitas orang. Hal ini dikarenakan barang atau doumen tadi bisa membuat distraksi dan gagal fokus. Konsentrasi kita akan mudah teralihkan pada hal-hal yang memang tidak begitu signifikan untuk dilakukan hari ini.

5. Meeting yang ringkas dan produktif

Meeting yang ringkas dan produktif
Meeting yang ringkas dan produktif

Meeting atau rapat kerja dengan teman kantor memang menjadi salah satu cara untuk menemukan solusi dari berbagai permasalahan yang ada di tempat kerja. Namun ingat, hal ini bisa menjadi bomerang yang sangat ampuh untuk menjegal produktivitas seseorang.

Meeting yang tidak diatur dengan baik hanya akan menghabiskan jam berharga setiap orang, karena menunda banyak pekerjaan. Jadi cobalah komunikasikan hal yang memang sedang dihadapi saja, jangan kebawa untuk ngerumpi saat meeting.

6. Buka Tab layar sesuai yang diperlukan saja

Buka tab sesuai kebutuhan
Buka tab sesuai kebutuhan

Hal ini sangat simpel namun sangat menganggu produktivitas seseorang setiap hari lho. Kadang kita sering tergoda untuk membuka banyak tab atau halaman sekaligus, mulai dari email, facebook, twitter dan yang lainnya. Kegiatan ini akan membuat distraksi yang akan mempengaruhi produktivitasmu sehari-hari.

7. Sebagai pengingat Post It Note di layar sangatlah membantu

Post note di layar
Post note di layar

Saat kegiatan kantor sedang riuh, tentu kita akan mudah sekali terganggu dan beralih tugas dan tanpa sadar belum menyelesaikan tugas yang sebenarnya sedang kita kerjakan.

Dengan adanya Post It Note yang tertempel di layar, hal ini akan menjadi alarm kita untuk kembali fokus pada apa yang seharusnya kita pegang untuk dikerjakan. Tulislah tugas yang harus segera dikerjakan sebelum beranjak ke tugas lainnya.

8. Tanyakan pada diri sendiri, pencapaian apa yang sudah dilakukan hari ini

Pencapaian apa yang sudah kita raih
Pencapaian apa yang sudah kita raih

Cobalah untuk jujur untuk dirimu sendiri. Setiap hari nilailah performamu, apakah sudah melakukan sesuatu yang terbaik yang kita mampu? apakah waktu sudah dimanfaatkan dengan sebaik mungkin?

Hal ini akan sangat baik untuk mengingatkan kita pada tujuan awal yang ingin kita capai, baik dalam waktu dekat maupun jangka panjang.

Nah, itulah 8 Cara Mudah Menjadi Lebih Produktif Setiap Hari, sangat simpel dan sederhana bukan? Yuk coba dan buktikan hasilnya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?