Inilah Perbedaan Asuransi Perjalanan Dengan Asuransi Kecelakaan Diri

Tahukah kalian apa perbedaan Asuransi Perjalanan dengan Asuransi Kecelakaan Diri? memang jika dilihat dari tujuannya sebenarnya sama saja, yakni memberikan rasa tenang, baik saat bekerja hingga melakukan perjalanan.

Selain itu, dari segi manfaatpun juga sama, yakni sama-sama memberikan perlindungan terhadap kondisi finansial penggunanya.

Perbedaan Asuransi Perjalanan dengan Asuransi KecelakaanDiri, Image : pixabay
Perbedaan Asuransi Perjalanan dengan Asuransi Kecelakaan Diri, Image : pixabay

Nah, dibalik itu semua, Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan ini ternyata memiliki banyak perbedaan seperti  pada perlindungan yang diberikan, durasi perlindungan, jankauan asuransi hingga tingkat premi.

Asuransi Perjalanan

Pada dasarnya, asuransi perjalanan adalah asuransi yang melindungi pada saat melakukan perjalanan. Asuransi Perjalanan sangatlah penting dan bermanfaat untuk melindungi diri dari resiko yang mungkin terjadi pada saat liburan.

Perlindungan yang diberikan Asuransi Perjalanan

Perlindungan yang diberikan asuransi perjalanan biasanya adalah jaminan atas resiko kerugian yang berhubungan dengan medis serta ketidaknyamanan pada saat melakukan sebuah perjalanan.

Beberapa contoh resiko medis dan ketidaknyamanan yang ditanggung asuransi perjalanan :

  1. Kecelakaan
  2. Kondisi medis darurat
  3. Pemulangan jenazah
  4. Biaya pemakaman
  5. Cacat tetap
  6. Kehilangan atau keterlambatan bagasi
  7. Keterlambatan, penundaan dan pembatalan penerbangan
  8. Kehilangan uang pribadi, hingga
  9. Aksi terorisme dan kriminalitas

Durasi perlindungan Asuransi Perjalanan

Namanya juga asuransi perjalanan, tentu durasi perlindungannya hanya berlaku pada saat melakukan perjalanan saja.

Jadi bisa disimpulkan asuransi perjalanan memiliki durasi yang terbatas, selain itu berbanding lurus dengan lamanya sebuah perjalanan. Ada beberapa pilihan produk asuransi perjalanan, mulai dari hitungan hari, minggu, dan hitungan bulan.

Jangkauan Asuransi Perjalanan

Untuk jangkauannya asuransi perjalanan, bisa menyesuaikan, tergantung kita ingin melakukan perjalanan kemana, pilihannya adalah domestik dan asuransi perjalanan internasional.

Jadi, jika kita mengambil produk asuransi pejalanan domestik, tentu tidak akan berlaku pada saat melakukan perjalanan internasional, begitu juga sebaliknya. Namun kita bisa bisa kok ambil kedua produk tersebut, agar bisa dilindungi, baik resiko yang mungkin terjadi di perjalanan domestik maupun internasional.

Premi Asuransi Perjalanan

Karena asuransi perjalanan memiliki durasi yang fleksibel dan tergolong singkat, tentu premi asuransinya cukup murah.

Untuk harga asuransi perjalanan pun beragam, mulai dari puluhan ringu hingga ratusan. Premi asuransi perjalanan biasanya hanya dibayar sekali, dan pelanggan sudah berhak mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi, serta bisa menerima tanggungan sesuai dengan resiko.

Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri memberikan pertanggungan baik pada saat melakukan perjalanan maupun tidak. Asuransi kecelakaan ini juga bisa berlaku perorangan ataupun keluarga.

Perlindunngan yang diberikan Asuransi Kecelakaan Diri

Advertisements

Perlindungan yang diberikan asuransi kecelakaan diri adalah segala resiko finansial yang bisa terjadi akibat kecelakaan yang tidak disengaja, mencakup kecelakaan kendaraan bermotor, hingga kecelakaan diri, misalnya saja, kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, dan keracunan gas beracun.

Tidak hanya itu, kecelakaan seperti jatuh di kamar mandi, tertimpa, terpotong, hingga tersandung pun bisa terlindungi asuransi kecelakaan diri.

Pada intinya asuransi kecelakaan diri memberikan ganti rugi atas biaya perawatan hingga pengobatan karena kecelakaan. Asuransi ini juga memberikan perlindungan terhadap resiko meninggal karena kecelakaan, resiko cacat tetap yang disebabkan kecelakaan yang meliputi :

  • Hilang atau tidak berfungsinya satu atau kedua tungkai kaki
  • Kehilangan penglihatan sebelah atau kedua belah mata
  • Hilang atau tidak berfungsinya satu atau kedua lengan
  • Kelumpuhan total

Durasi perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri

Tentu, untuk asuransi kecelakaan diri lebih panjang durasinya dibandingkan dengan asuransi perjalanan. Polis dari asuransi kecelakaan diri berlaku tahunan bahkan bisa memberikan perlindungan hingga 50 tahun dan perlindungan yang diberikan akan terus berlaku selama polis masih aktif.

Jangkauan Asuransi Kecelakaan Diri

Jangkauan asuransi kecelakaan diri sebenarnya tergantung dari produk setiap perusahaan asuransi. Namun umunya hanya berlaku di dalam negeri saja.

Perlu ditekankan juga jika jangkauan ini bisa berbeda dari 1 polis ke yang lainnya, jadi jangan lupa untuk memperhatikan isi polis yang ditawarkan.

Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Apabila dibandingkan dengan premi asuransi perjalanan tentu asuransi kecelakaan diri akan lebih mahal. Hal ini karena durasi asuransi yang sangat panjang, namun jika dibandingkan dengan harga asuransi jiwa dan kesehatan akan lebih terjangkau.

Premi dari asuransi kecelakaan diri, juga bisa tergantung dari tingkat resiko yang mungkin terjadi. Apabila kita bekerja di lingkungan yang memiliki resiko lebih tinggi, biasanya harus membayar premi yang lebih tinggi, begitupun sebaliknya.

Itulah sekilas perbedaan antara Asuransi Perjalanan dengan Asuransi Kecelakaan Diri. Pada intinya, jika ingin memanfaatkannya jangan lupa untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Jika merencanakan liburan, tentu pilihkan asuransi perjalanan, dan apabila kegiatan sehari-hari memiliki resiko kecelakaan tinggi, maka akan lebih baik jika memilih asuransi kecelakaan diri.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 5

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?