10 Kuliner Sekitar Malioboro Yang Paling Terkenal, Cobain Yuk!

Malioboro adalahh tempat wisata yang sangat wajib untuk dikunjungi saat liburan di Yogyakarta. Disini kita bisa menemukan berbagai hal, mulai dari oleh-oleh, busana, kerajinan sampai kulineran.

Nah, bicara soal kuliner yang ada di sekitar Malioboro tentu tidak akan ada habisnya, karena disini tersedia tempat kuliner yang sangat banyak, namun jika yang kalian cari adalah kuliner sekitar Malioboro yang paling terkenal berikut ini piknikdong rangkum menjadi 10 kuliner sekitar malioboro yang paling terkenal.

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum, Image By IG : @gudegyudjum
Gudeg Yu Djum, Image By IG : @gudegyudjum

Siapa sih yang tidak kenal dengan nama Gudeg Yu Djum yang sudah sangat melegenda ini. Jika kalian sedang berada di Malioboro, kita bisa menemukan Gudeg ini di Jl. Dagen No.2C, Malioboro, Yogyakarta.

Kuliner yang satu ini sangatlah cocok disantap bareng teman ataupun keluarga. Citarasa yang sudah melegenda ditambah pengolahannya yang masih sangat tradisional yakni menggunakan tungku dan kayu bakar menjadikan Gudeg Yu Djum ini sangat terkenal hingga saat ini.

Jam buka Gudeg Yu Djum Malioboro  : 07.00-22.00 WIB

2. Lumpia Samijaya

Menggoreng Lumpia Samijaya
Menggoreng Lumpia, Image By Andri

Untuk yang kedua adalah Lumpia Samijaya, piknikdong pernah mengulas lengkap disini. Kuliner yang satu ini sangat rekomended bagi kalian yang ingin camilan di kala santai sambil menikmati suasana Malioboro.

Rasa dari Lumpia Samijaya ini sangat nikmat, apalagi disantap kala masih panas. Untuk harga yang di tawarkan sangatlah murah karena tidak sampai sepuluh ribu. Namun memang harus ekstra sabar jika ingin menikmati kuliner sekitar maliboro yang satu ini, karena selalu ramai oleh pembeli.

Lokasi dari Lumpia Samijaya berada tepat di depan toko ponsel Samijaya, hal inilah yang membuat banyak orang menyebutnya dengan nama lumpia Samijaya.

Perlu diketahui jika sekarang toko ponsel ini sudah tidak ada lho. Tapi tak perlu kawatir, untuk mencarinya sangatlah mudah, karena selain dekat toko ponsel, lumpia ini juga dekat dengan Hotel Mutiara. Jadi tinggal cari saja Hotel Mutiara Malioboro, dan tepat disampingnya itu ada lumpia yang sangat terkenal dengan nama Lumpia Samijaya.

Jam buka Lumpia Samijaya : 08.00-21.00 WIB

3. Mie Ayam Grabyas Red Door

Mie Ayam Grabyas Red Door Yang Unik, Image By Ig :@porsimakan

Sudah lelah keliling Malioboro saat malam hari dan tiba-tiba rasa lapar melanda? Sudah saatnya untuk mencoba Mie Ayam Grabyas.

Mie Ayam Grabyas Red Door merupakan salah satu mie ayam paling favorit yang ada di Jogja. Uniknya dari Mie Ayam ini adalah hanya buka saat malam hari saja dan berlokasi tepat di depan Hotel Ina Garuda.

Grabyas sendiri merupakan sebutan lain dari kulit ayam krispi yang merupakan pendamping sajian Mie Ayam ini, bayangin saja sudah bikin ngiler kan?

Jam buka Mie Ayam Grabyas : 23.00-04.00 WIB

4. Lesehan Terang Bulan

Burung Dara Goreng, Image By IG : @stanzazone
Burung Dara Goreng, Image By IG : @stanzazone

Lesehan Terang Bulan ini berada tepat di Jl. Margo Mulyo, Ngupasan, Gondomanan, Jogja. Jika siang, lokasi yang satu ini menjadi toko batik Terang Bulan, dan dari lokasi inilah banyak orang yang menyebutnya menjadi Lesehan Terang Bulan.

Walaupun lokasi yang sangat sederhana, banyak orang yang datang untuk mencicipi kuliner sekitar Malioboro yang sangat terkenal ini, mulai dari pejabat dan artis ibukota mengakui kelezatan yang ada di Lesehan Terang Bulan.

Salah satu menu yang terkenal disini adalah burung dara gorengnya, selain itu masih ada juga dada ayam goreng, paha ayam goreng dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jam buka Lesehan Terang Bulan : 21.00-00:30 WIB

5. Sate Kere

Sate Kere, Image By IG : @anastasia.astrii
Sate Kere, Image By IG : @anastasia.astrii

Mungkin memang terdengar sangat asing bahkan aneh dengan sebuta Sate Kere? Namun siapa sangka, jika sate ini merupakans alah satu promadona kuliner jogja yang wajib kita coba.

Untuk mencicipinya kita bisa menemukan kuliner sekitar Malioboro ini di area Pasar Beringharjo. Keunikan dari Sate Kere ini adalah dari bahan utama yang digunakan, yakni gajih sapi atau lemak sapi, saat dibakar sate kere mengeluarkan aroma yang sangat khas, ditambah adalah bumbu dendeng yang pasti akan sangat menggugah selera.

Kita bisa datang saat sore hari di area pasar Beringharjo, disini banyak yang menjajakan Sate Kere Khas Malioboro.

6. Gado-Gado Bu Hadi

Gado-gado Bu Hadi, Image By IG : @gadogadobuhadi
Gado-gado Bu Hadi, Image By IG : @gadogadobuhadi

Kuliner sekitar Malioboro yang keenam adalah Gado-Gado Bu Hadi yang letaknya di Pasar Beringharjo lantai 2.

Gado-Gado Bu Hadi ini sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1952. Gado-gado yang sudah diwariskan turun temurun ini sangatlah enak dan bikin kenyang, jadi jika saat sudah capek keliling malioboro saat siang hari, langsung saja masuk ke pasar Beringharjo untuk mencari Gado-Gado Bu Hadi.

Jam buka Gado-Gado Bu Hadi 09.00-15.30

7. Angkringan Lek Man

Angkringan Lik Man, Image By IG : @mariannejanty
Angkringan Lik Man, Image By IG : @mariannejanty

Kuliner sekitar Malioboro yang ketujuh adalah Angkringan Lek Man. Disini kita bisa menemukan berbagai kuliner khas angkringan, seperti nasi kucing, tempe mendoan, tahu bacem, ceker, sate telur puyuh dan masih banyak lagi.

Advertisements

Di angkringan Lek Man ini kita juga bisa mencicipi kopi jos, kopi yang disajikan dengan arang panas yang dimasukkan kedalam gelas. Nah perlu diketahui, jika angkringan Lek Man inilah pencetus Kopi Jos pertama kali.

Lokasinya sendiri sangat mudah dicari, karena berada tepat disebelah utara setasiun Tugu atau Stasiun Yogyakarta, tepatnya berada di Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Jam buka Angkringan Lek Man : 14.00-03.00 WIB

8. Soto Ayam 61

Soto Ayam 61, Image By IG : @sotoayam61
Soto Ayam 61, Image By IG : @sotoayam61

Soto Ayam 61 ini sudah sudah sangat legendaris lho, karena berdiri sejak tahun 1976. Walaupun sudah lama dibuka, citarasa yang disajikan dari Soto Ayam 61 tidak ada yang berubah hingga saat ini.

Disini kita bisa menikmati soto ayam dengan tambahan sate-satean, otak goreng hingga telur kecap. Untuk mencicipinya kita cukup datang ke Jl. Margo Mulyo No.61, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Jam buka Soto Ayam 61 : 06.00 – habis

9. Pecel Senggol

Pecel Senggol, Image By IG : @maharaniek
Pecel Senggol, Image By IG : @maharaniek

Kuliner Sekitar Malioboro yang kesembilan adalah Pecel Senggol. Kamu suka pecel? pas banget nih jika sedang liburan di Malioboro bisa langsung menuju kedepan pasar Beringharjo. Disini banyak ditemukan penjual pecel.

Mungkin dinamai pecel senggol, karena lokasinya berada tepat di depan pasar Beringharjo dan saat makan disini biasanya akan kena senggol pengunjung lain yang sedang lewat.

Bumbu pecel disini benar-benar Jogja Banget dengan citarasa yang cenderung manis dan ada pedasnya. Untuk pelengkap, kita bisa makan pecel senggol bersama tempe bacem ataupun tahu yang siap dipilih.

Disajikan diatas pincuk daun pisang atau piring beralas daun pisang, menjadikan Pecel Senggol Beringharjo sangat spesial, ditambah lagi kita makan sambil menikmati suasana Malioboro yang sangat bersahabat.

Jam buka Pecel Senggol : 06.00-16.00 WIB

10. Empal Bu Warno

Empal Bu Warno, Image By IG : @indigowine
Empal Bu Warno, Image By IG : @indigowine

Warung Empal Bu Warno memang sudah menjadi legenda karena kenikmatan rasa yang disuguhkan.

Di Warung Empal Bu Warno ini daging yang digunakan adalah daging pangkal betis (kisi) dan paha (gandik) saja. Daging dari kedua bagian itu dianggap yang terbaik karena tidak banyak mengandung lemak.

Nasi Empal Bu Warno akan semakin nikmat saat disantap dengan sambal korek yang bikin lodah begoyang karena pedasnya. Selain sambal, disediakan juga petis untuk cocolan lalapan, membayangkan saja sudah bikin ngiler kan?

Untuk mencobanya, kita bisa langsung ke Pasar Beringharjo Lantai 2 Los Timur PA 1 No 423.

Jam buka Warung Empal Bu Warno : 09.30 – 16.00 WIB

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?