10 Tempat Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan di Jaipur, India

Dahi ini sudah otomatis mengerut ketika melihat ada WA dari markimin piknikdong saat baru saja tiba dirumah.

Dan benar saja, ada kata yang sok manis bilang,

“Mbak ca, sepulang dari India jangan lupa ditulis lho ceritanya di piknikdong”

Lah wong baru aja naruh tas ransel lho, kan males yaaa. Jetlag masih terasa, jalan saja masih terngiang suara klakson di India yang nyaring setiap detik didengar, lah ini sudah disuruh nulis dan cerita.

Okedeh singkat cerita, karena sebenarnya sangat panjang perjalanan kesanggupanku menulis namun tak kunjung selesai. Nunggo Mood laah.

“Terus yang mau diceritain apa nih ndri? eh min?”

Kayaknya lokasi yang wajib dikunjungi di India seru deh, pada belum tau kan? selain itu yang ngulas juga masih sedikit. Tapi sebelum itu ceritain dulu alasan kenapa memillih India sebagai destinasi liburanmu?…”Begitu kata markimin yang sok ada maunya kalau nyuruh nulis”.

Okedeh, bicara kenapa memilih India sebagai destinasi liburan kali ini karena banyak faktor, seperti mengejar  7 Wonder Of The World, mengejar situs-situs UNESCO, dan yang paling serius adalah sudah lama penasaran sama India, yang dibilang media masa kalau India itu kotor, kasar, jorok, tertinggal, daerah yang berbahaya vs kata traveler India itu indah, nagih, unik, gak tergantikan plus karena dapat promo tiket murah. Ayeeeee, Mantul kan?

Nah mengenai lokasi yang wajib dikunjungi saat liburan ke Jaipur India itu sebenarnya buanyak banget, namun yang bakal di-share kali ini yang sempat aku kunjungi aja tentunya. Langsung nih yang pertama :

1. City Palace

City Palace
City Palace, Dok. Pribadi

Istana ini terletak dalam komplek Pink City Jaipur, dibangun sekitar abad 17 oleh Maharaja Sawai Jai Singh II.

Untuk masuk ke area City Palace Jaipur kita dikenakan biaya 500 rupee atau sekitar Rp. 103.000 rupiah saja, sedangkan tiket untuk masuk ke seluruh bagian istana di banderol mulai dari 3000 rupee atau sekitar Rp. 616.000 rupiah. Namun sayang sekali di dalam area istana kita tidak boleh menggambil gambar.

2. Hawa Mahal

Hawa Mahal, Dok. Pribadi
Hawa Mahal, Dok. Pribadi

Terletak tidak jauh dari City Palace Jaipur, Hawa Mahal atau Palace of Winds ini sangat besar, dan konon dulunya diperuntukan untuk istri-istri sang Raja. Yang paling unik disini adalah bahan dasar dari Istana yang menggunakan batu pasir merah dan merah muda.

Hawa Mahal selesai dibangun oleh Maharaja Sawai Pratap Singh tahun 1799 dengan jumlah jendela 953 buah, disini kita bisa melihat Jantar Mantar, Govind Djevi, Amber Fort, Naharghar Fort, Ram Niwas Bagh dan masih banyak lagi. Aku sendiri mengambil foto ini dari seberang Hawa Mahal.

3. Galta Ji Temple

Galta Ji Temple, Dok. Pribadi
Galta Ji Temple, Dok. Pribadi

Galta Ji Temple merupakan Monkey Temple yang terletak 10km dari pusat kota Jaipur.

Untuk kesini kita bisa naik Bus Kota atau jika takut nyasar bisa banget memanfaatkan ojek online (UBER / OLA) atau auto (bajaj). Namun sebelum naik bajaj, alangkah baiknya compere dulu dengan tarif Ojol agar bisa menawar dengan baik.

Galta Ji Temple memiliki dua pintu masuk, dan saat itu aku masuk melalui pintu terdekat dari kota, namun memang dari sini menuju ke atas bukitnya cukup bikin “nganga”.

Sesuai dengan namanya, sepanjang jalan banyak sekali monyet, mereka akan mendekat untuk minta makan atau mengambil sesuatu dari kita, jadi jangan pake sesuatu yang sekiranya menarik perhatian si monyet lho.

Karena sangat merasa terganggu dengan monyet, dikira saudaranya kali, #eh, akhirnya akupun menyewa seorang guide lokal untuk menjauhkan monyet-monyet itu, dan sempet naik ojek motor karena gak kuat booo, jaraknya terlampau jauh, di-eman kakinya, perjalanan masih panjang, hari pertama dilarang pegel-pegel.

4. Jal Mahal

Jal Mahal, Dok. Probadi
Jal Mahal, Dok. Pribadi

Jal Mahal merupakan istana yang terletak ditengah danau Maan Sagar dan di bangun pada abad ke 18 oleh Maharaja Jai Singh II.

Lokasi tepatnya ada di jalan Amber-Maan Sagar Dam road, atau sebelum Amber Fort.

Namun memang, sayang sekali istana ini tidak dibuka untuk umum, kita bisa mengambil gambar dari kejauhan saja. Tapi jangan sedih, sepanjang pinggiran danau ada street market yang menjual berbagai macam souvenir hingga kebutuhan sehari-hari.

Nah disini aku dan tim gak sengaja menemukan jasa sewa kostum dan foto, awalnya memang tidak tertarik, tapi ternyata setelah mengetahui harganya yang hanya 100 rupee atau sekitar Rp. 20.600 rupiah saja, langsung deh narsis minta difoto.

5. Amber Fort

Amber Fort, Dok. Pribadi
Amber Fort, Dok. Pribadi

Ya, Jaipur sangat terkenal dengan benteng-benteng megah yang mengelilingi kota dan Amber Fort  adalah salah satunya.

Untuk sampai di Atas Amber fort kita bisa naik safari Gajah, Jeep ataupun ojek motor. Disamping pemandangan yang akan disuguhkan sangat istimewa, ada hal lucu disini, banyak  turis domestik yang tidak segan untuk mengajak kita berfoto kayak artis gitu.

Untuk masuk sampai ke bagian dalam benteng kita dikenakan biaya 500 rupee atau sekitar Rp. 103.000 rupiah.

6. Panna Meena Ka Kund

Panna Meena Ka Kund, Dok. Probadi
Panna Meena Ka Kund, Dok. Probadi

Panna Meena Ka Kund adalah Step Well-nya Jaipur. Terletak persis dibawah Amber fort, dan wajib banget dikunjungi saat di India. Selain sangat unik dan masuknya gratis, Step Well ini sangat instagramable lho, namun memang butuh keahlian khusus dalam mencari angle yang tepat.

Ditambah lagi, jangan menggunakan busana yang mirip dengan warna bangunan disini ya, ini salah satu kekeliruanku, ketika foto disini kayak tidak terlihat, karena baju yang kurang kontras.

7. Nahargarh Fort

Naharghar Fort, Dok. Pribadi
Naharghar Fort, Dok. Pribadi

Terkenal dengan sunset-nya yang indah (tapi masih kalah indah dari sunset di Sun temple, yang tidak sengaja saya temui kemarin saat menuju ke Galta Ji temple) ke Nahargarh Fort pas sore hari itu wajib banget. Namun memang agak apes, pas kesini malah Sunset-nya malu-malu.

Untuk masuk ke area dalam benteng dan istana dikenakan biaya 600 rupee atau Rp. 124.000 rupiah, tapi kalau hanya ingin menikmati sunset saja, kita bisa mampir ke restauran kanan pintu utama, cukup bayar 200 rupee atau sekitar Rp. 42.000 rupiah ditambah gratis soft drink.

9. Belanja di Johri Bazaar

Belanja di Johri Bazaar, Dok. Pribadi
Belanja di Johri Bazaar, Dok. Pribadi

Lokasi Johri Bazaar masih di dalam Pink City Jaipur, tepat berseberangan dengan Hawa Mahal. Kalau kata supir taksi, supir auto bahkan tour guide, belanja di Johri Bazaar itu mahal. Setelah saya buktikan sendiri, ternyata tidak semahal itu.

Bukan karena bawa duit sekarung ya, ini terus bisa bilang tidak mahal, karena sebenarnya ada triknya. Ilmu tawar-menawar wajib diterapkan saat belanja di india. Salah satu triknya adalah menawar 80% dari harga awal, agak sadis kayak lagunya afgan sih, namun ini tidak ada salahnya kok, namanya juga ngirit, selain itu memang harga awalnya memang bener-bener nggak masuk akal.

10. Patrika Gate

Patrika Gate, Dok Pribadi
Patrika Gate, Dok Pribadi

Baru-baru ini Patrika Gate masuk kedalam list must visit Jaipur para turis. Keindahan arsitektur dan lukisan di dalam Patrika Gate emang bener bikin gemes.

Lokasinya tidak jauh dari Jaipur International Airport, jadi kalau melintas di Jawahar circle kita akan disuguhi oleh sebuah gerbang yang cantiknya gak habis-habis yaitu Patrika Gate.

Jika dari pusat kota Jaipur ke Patrika Gate bisa ditempuh sekitar dua puluh menit menggunakan Ola.

Untuk mendapatkan foto yang keren, datanglah sebelum jam 12 siang, karena setelah itu bakal ramai pengunjung. Oh iya, untuk masuk kesini, pengunjung tidak dipungut biaya lho, so jangan sampai terlewatkan ya.

Nah, itulah 10 Tempat Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan di Jaipur, India. Oke, tugas cerita yang pertama selesai, jika ada pertanyaan, komentar aja dibawah ya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Indonesian | Hashtag #backpackerdunia | SHOPPING WELL & TRAVEL OFTEN | Please enjoy my travel diaries
BAGIKAN
Komentarmu?