Jagongan Wagen Edisi November, Nyanyian Tapah, Ode Untuk Sungai Batang Hari

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) kembali mempersembahkan Jagongan Wagen (JW) edisi kesembilan tahun ini dalam format alih wahana digital.

Proses fasilitasi ruang kreatif keproduksian alih media dan sajian karya telah terlaksana sejak awal November di kompleks art center PSBK dengan menyertakan protokol kesehatan penyelenggaraan kegiatan.

Nyanyian Tapah
Nyanyian Tapah

PSBK akan menampilkan premiere karya baru ini di portal YouTube Media PSBK yang dapat diakses pada Jumat, 27 November 2020 mulai pukul 19:30 WIB.

Registrasi penonton sudah dibuka di www.psbk.or.id dari mulai diterbitkannya press release ini hingga hari H penayangan pukul 17.00 WIB. Penayangan Jagongan Wagen juga disertai dengan adanya Closed Caption bagi audiens dengan difabilitas.

Karya ini terinspirasi dari cerita rakyat Tapah Malenggang yang berkembang di daerah pinggir sungai Batang Hari, tepatnya di Kabupaten Batang Hari.

Tapah merupakan sosok dewa yang bisa berwujud seperti manusia dan ikan yang bertugas menjaga sungai Batang Hari. Tapah Malenggang dengan adik sepupunya memiliki tugas untuk memelihara sungai Batang Hari dari penyusup yang ingin merusak atau mengekploitasi sungai Batang Hari.

Cerita tersebut menjadi inspirasi dalam memotret kondisi sungai Batang Hari di masa kini. Eksploitasi sungai selalu terjadi dari tahun ke tahun. Racun-racun merkuri dari tambang emas illegal jadi salah satu unsur yang mencemari sungai. Kemudian, erosi karena penebangan hutan juga menyebabkan kedangkalan air sungai.

Dua contoh tersebut menjadi hal yang mengancam kehidupan ekosistem sungai di masa sekarang dan di masa depan. Manusia sedang dalam kondisi ambivalen, di satu sisi mereka sadar telah merusak hutan di sisi lain mereka harus melakukan itu untuk kelangsungan hidup. Hal tersebut menyebabkan ketidakstabilan dalam bertindak.

Ketidakstabilan tersebut akhirnya berdampak kepada manusia itu sendiri, makhluk hidup yang lain, dan lingkungan tempat tinggalnya.

JWNOV2020_Nyanyian Tapah_Foto oleh Sito Adhi Anom A
JWNOV2020, Nyanyian Tapah. Foto oleh Sito Adhi Anom A

Karya ini akan merepresentasikan sebuah potret dampak ketidakstabilan manusia dalam eksploitasi sungai Batang Hari dalam dua dimensi waktu masa kini dan masa depan, dengan menggunakan idiom tradisi joget dan vokal dari daerah Batang Hari.

Hilangnya sikap hidupmenghidupi, ketidak adilan, Ikan-ikan tidak bisa lagi meliuk-liuk, burung-burung tidak bisa terbang ke sungai, dan kemudian alam akan meratapi perilaku manusia.

Mendalo Dance Project dalam pembuatan karya ini berkolaborasi dengan komposer musik, pemusik, dan penata artistik dengan mengusung konsep adaptasi joget Batang Hari dan Silat Jambi dalam pengembangan gerak serta menggunakan vocal krinok untuk memperkuat setiap adegan yang disusun.

Online Streaming Pertunjukan Nyanyian Tapah oleh Mendalo Dance Project ini bisa disaksikan pada hari Jumat, 27 November 2020 Pukul 19:30 WIB di portal YouTube Media PSBK, Ramah difabilitas (CC tersedia).

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Menyajikan informasi menarik terkini
BAGIKAN
Komentarmu?