Sebelum Ke Taj Mahal, Pahami Dulu 5 Aturan Yang Wajib Dipatuhi Berikut Ini

Siapa yang tak mau jika diberi kesempatan untuk traveling ke luar negri? Mimin yakin pasti banyak diantara kalian yang akan menerima tawaran tersebut. Kapan lagi bisa jalan-jalan ke luar negri mengunjungi berbagai tempat yang menarik, dan penuh nilai sejarah, seperti mengunjungi salah satu bangunan favorit di India yaitu Taj Mahal, bangunan yang dibangun pada abad ke 17 ini memiliki arsitektur yang indah.

Tidak heran jika sampai saat ini tercatat setiap tahunnya pengunjung mencapai 7-8 juta, dengan jumlah yang fantastis tersebut maka pemerintah India membuat kebijakan yaitu membatasi jumlah pengunjungnya, yaitu 40 ribu setiap harinya, kebijakan tersebut digunakan untuk menjaga bangunan yang disebut sebagai simbol cinta Kaisar Mughal untuk mendiang istrinya ini tetap terawat dan mengurangi polusi yang menyebabkan bangunan ini terlihat memudar.

Bagi yang tertarik berkunjung ke India dan menyempatkan mampir ke Taj Mahal berikut ini ada 5 aturan yang wajib dipahami dan dipatuhi, Jadi, jangan sampai nanti ditegur gara-gara melanggar beberapa peraturannya ya.

Kemegahan Taj Mahal di India
Kemegahan Taj Mahal di India

Yuk mari disimak, apa saja yang tidak boleh dilakukan saat mengunjungi Taj Mahal yang megah ini

1. Batas parkir kendaraan yaitu 500 meter

Bukan tanpa alasan peraturan ini dibuat ya, karena menurut keterangan dahulu lantai marmer di Taj Mahal ini berwarna putih namun belakangan ini berubah warna menjadi menguning, hal itu disebabkan oleh polusi dari kendaraan, maka dari itu sebaiknya parkir kendaraan yang jauh atau bisa kesana menggunakan sepeda saja.

Booking.com

2. Ketika memasuki Taj Mahal smartphone harus dimatikan

Hal ini dilakukan karena pengunjung yang datang tidak hanya untuk bersenang-senang namun ada juga yang berziarah. Suara dari smartphone dikhawatirkan dapat mengganggu kekhusyukan para peziarah tersebut. Tapi santai, masih diperbolehkan untuk memotret bangunan ini kok.

3. Sepatu harus dibungkus menggunakan pembungkus yang sudah disediakan

Alasan utama peraturan ini adalah untuk melindungi lantai bangunan yang sudah berusia kurang lebih 386 tahun, jangan sampai hak sepatu wanita yang tinggi dan tajam, serta sol sepetu yang kotor merusak lantai marmer tersebut.

Pembungkus sepatu ini diwajibkan saat masuk ke bangunan utama, yaitu tempat makam Kaisar Mughal Shah Jahan beserta istrinya dan juga area Masjid.

4. Dilarang makan di dalam area

Sepertinya peraturan ini sudah jelas ya, karena kebanyakan wisatawan masih sering membuang sampah sembarangan, dan dikhawatirkan mengotori area ini, maka dibuat larangan untuk tidak makan di komplek Taj Mahal. Tetapi pengunjung masih diperbolehkan untuk membawa botol minum kok, air mineral misalnya.

5. Dilarang memotret di dalam Mausoleum

Memang, pengunjung diperbolehkan membawa kamera masuk, namun hanya boleh digunakan sampai pintu masuk Mausoleum saja, jadi sebaiknya disimpan dulu kameranya jika ingin masuk, nanti setelah keluar bisa digunakan utnuk memotret keindahan bangunan ini dari luar.

Nah, itulah tadi 5 aturan yang wajib dipahami dan dipatuhi saat berkunjung ke Taj Mahal di Indoa, semoga bermanfaat dan mari jadi pengunjung yang tertib.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?