5 Tips Cerdas Merencanakan Liburan Murah Akhir Tahun

Meskipun liburan akhir tahun masih bisa dibilang lama, namun tidak ada salahnya jika kita merencanakan dari sekarang. Tak peduli mau liburan di dalam negeri atau di luar negeri, kalau kita sudah mempersiapkan jauh-jauh hari akan mendapatkan banyak kemudahan, mulai dari tiket murah sampai akomodasi yang terjangkau.

Pasti sudah tahu lah, ketika peak season atau liburan panjang akhir tahun, semua biaya mulai dari pesawat, hotel, sampai sewa kendaraan pun akan lebih mahal. Jadi merencanakan liburan sejak awal adalah pilihan tepat untuk mendapatkan liburan murah akhir tahun.

Nah untuk menunjang itu semua, berikut ini ada 5 tips cerdas merencanakan liburan murah akhir tahun yang bisa kita terapkan jauh-jauh hari. Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

1. Kapan akan liburan dan kapan akan berangkat, atur sejak awal

Kapan akan liburan dan kapan akan berangkat, aturlah sejak awal
Kapan akan liburan dan kapan akan berangkat, aturlah sejak awal

Kapan kita akan berangkat liburan dan berapa lama liburan sebaiknya atur sejak awal. Jangan anggap sepele hal ini karena akan berdapak pada pemesanan tiket perjalanan sampai akomodasi saat liburan.

Jika mendadak membeli tiket pesawat atau trasnportasi lain, tentu akan sangat berpengaruh pada harga. Untuk akomodasi pun juga begitu, bahkan bisa jadi kita tidak dapat tempat menginap ketika tidak direncanakan jauh sejak awal.

Sedangkan untuk lama liburan ini juga wajib diperhatikan, karena semakin lama kita liburan, kesehatan dompet juga akan semakin memburuk. Jadi jangan disepelekan ya.

2. Atur budget yang dibutuhkan

Atur budget yang dibutuhkan
Atur budget yang dibutuhkan

Setelah selesai menentukan kapan berangkat dan berapa lama liburan, saatnya kita menyusun budget yang dibutuhkan saat liburan. Catat berapa kebutuhan anggaran untuk membeli tiket pesawat PP misalnya, biaya penginapan, sewa kendaraan, tiket masuk obyek wisata, sampai biaya makan selama liburan, dan tidak lupa juga untuk budget membeli oleh-oleh.

Ingat, usahkan jangan melebihi target atau total budget liburan yang sudah kita tentukan. Hal ini akan sangat penting, agar tidak mengalami defisit keuangan paska liburan. Tentu pilihlah liburan yang sesuai dengan kemampuan budget yang kita miliki juga. Jangan memaksakan untuk liburan yang berlebihan apalagi terlalu mewah.

3. Memilih lokasi liburan yang tepat

Memilih lokasi liburan yang tepat
Memilih lokasi liburan yang tepat

Tidak mau kan kalau kita sudah merencanakan liburan jauh-jauh hari tapi lokasi yang kita pilih tidak sesuai dengan harapan? Maka dari itu, sejak awal harus memiliki destinasi yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

Melakukan riset kecil untuk menentukan lokasi yang tepat untuk liburan adalah pilihan yang bijaksana, browsing di internet atau tanya dengan teman tentang lokasi wisata yang rekomended untuk dikunjungi tentu tidaklah sulit.

Apabila memiliki budget yang mumpuni dan waktu yang lumayan panjang, jangan ragu untuk memilih destinasi yang lebih jauh, karena bukan tidak mungkin kita bisa melakukannya lain waktu.

4. Transportasi dan akomodasi persiapkanlah sejak awal

Transportasi dan akomodasi persiapkanlah sejak awal
Transportasi dan akomodasi persiapkanlah sejak awal

Untuk tips yang keempat ini juga sangat penting, karena transportasi dan akomidasi jika dipersiapkan sejak awal, tentu akan mempermudah kita dalam mempersiapkan hal lainnya.

Dengan membeli tiket trasnportasi dan akomodasi sejak awal, kita tentu akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah, jadi kita bisa mengalokasikan dana yang sudah kita persiapkan untuk kebutuhan lain lagi.

Jangan malas untuk meng-kompare harga baik untuk transportasi ataupun akomodasi, karena sekarang sudah sangat mudah mengetahui harga dengan adanya internet.

5. Mulailah menabung sekarang juga

Mulailah Menabung
Mulailah Menabung

Apabila 4 tips diatas sudah dijalankan. Sekarang mulailah untuk mengumpulkan dana khusus untuk liburan kita. Persiapkanlah sejak dini untuk mencega terjadinya pemborosan untuk keuangan kita. Alokasikan kurang lebih 10% gaji untuk liburan akhir tahun, atau bisa juga dihitung dari berapa budget yang kita butuhkan untuk liburan.

Ingat, kunci dari keberhasilan liburan yang menyenangkan dan sesuai impian kita adalah dengan merencanakan sedini mungkin minimal 2-3 bulan sebelum tanggal liburan.

Terus jika tidak jadi liburan karena urusan mendadak percuma dong? Jawabannya TIDAK. Masih ingatkan, dengan mengatur liburan sejak awal, kita malah akan mendapatkan tabungan yang lebih besar dari biasanya, dan tentu kita bisa mengatur lagi untuk liburan selanjutnya ketempat yang lebih baik lagi, dengan anggaran yang tentu lebih banyak lagi.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?