Inilah Keindahan Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon Ala Sumba Timur, NTT

Air Terjun Tanggedu di Sumba Timur memang salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat liburan di NTT. Banyak yang bilang jika ada secuil surga jatuh ditempat ini menjadi sebuah air terjun dan menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa, ya Air Terjun tersebut bernama Tanggedu.

Keberadaan Air Terjun Tanggedu sebernanya bisa dibilang tersebunyi dan jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, namun karena keindahannya viral di media sosial, sekarang Air Terjun ini sudah dikenal para wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Keindahan Air Terjun Tanggedu

Keindahan Air Terjun Tanggedu, Image By : Fano Brott (IG: @fanobrott)
Keindahan Air Terjun Tanggedu, Image By : Fano Brott (IG: @fanobrott)

Bicara keindahan Air Terjun Tanggedu tidak perlu diragukan lagi, karena masih sangat asri, terjaga keindahannya, jauh dari jangkauan tangan jahil dan bagi yang sudah pernah berkunjung kesini, pasti bilang mirip degan Grand Canyon yang ada di Amerika.

Air Terjun Tanggedu,Image By : Fano Brott (IG: @fanobrott)
Air Terjun Tanggedu,Image By : Fano Brott (IG: @fanobrott)

Kemiripan ini bisa dilihat dari tebing-tebing yang ada dipinggir Air Terjun Tanggedu. Walaupun banyak yang bilang mirip Grand Canyon, namun sebenarnya hal ini tidak bisa dibandingkan sih, karena Air Terjun Tanggedu Sendiri memiliki karakteristik yang berbeda, baik bentuk dan keindahannya.

Air yang ada disini, sangat bersih, dan selalu tersedia, walau sedang musim kemarau. Keindahan alam yang sangat memanjakan mata, ditambaha warna air yang kebiru-biruan, membuat rasa lelah, penat dan suntuk hilang seketika.

Fasilitas di Air Terjun Tanggedu Sumba Timur

Walaupun berada jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, untuk fastilias seperti warung yang menyediakan makanan, hingga es kelapa muda sudah ada di Air Terjun Tanggedu. Jadi tidak perlu begitu kawatir akan logistik makanan dan minuman saat kesini.

Namun memang untuk fasilitas akomodasi seperti penginapan masih belum ada, jadi harus menginap di luar daerah atau bisa berdiskusi dengan masyarakat sekitar, apakah ada rumah yang bisa dijadikan guesthouse atau tempat menginap.

Kurang lengkapnya fasilitas ini bukan menjadi hambatan untuk liburan di Air Terjun Tanggedu, justru dengan adanya kekurangan tersebut akan menjadikan petualangan kita semakin menarik, seru dan pasti tidak akan terlupakan.

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Tanggedu


Air Terjun Tanggedu berada tepat di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Tanggedu, Photo By IG : @putraadelvos13
Akses Menuju Lokasi Air Terjun Tanggedu, Photo By : Noverdisa (IG  @putraadelvos13)

Seperti yang sudah dituliskan diatas, lokasi dari Air Terjun Tanggedu jauh dari pusat kota, sekitar 45 KM dari Kota Waingpau, dan bisa diakses menggunakan roda dua maupun roda menuju Desa Tanggedu.

Advertisements

Sedangkan untuk menuju titik lokasi Air Terjun hanya bisa kita jangkau dengan trekking berjalan kaki dari parkiran kendaraan di rumah warga Desa Tanggedu.

Perjalanan menuju Air Terjun biasanya memakan waktu sekitar 30 menit dengan berjalan kaki. Santai, perjalanan selama 30 menit ini benar-benar tidak akan terasa berat, karena sekeliling kita selama perjalanan menuju Air Terjun Tanggidu sangat-sangat luar biasa indah.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Tanggidu

Pesona Air Terjun Tanggedu, Image By : Fano Brott (IG: @fanobrott)
Pesona Air Terjun Tanggedu, Image By : Fano Brott (IG: @fanobrott)

Banyak kegiatan atau aktivitas yang bisa dilakuan disini, seperti :

Berenang di Air Terjun Tanggidu

Hal yang tidak boleh dilewatkan saat bekrunjung ke Air Terjun Tanggidu tentu adalah berenang. Namun sebelum melakukannya, jalan lupa untuk tanya penduduk sekitar yang ada disana tentang kedalamannya ya, karena beberapa titik disini memiliki titik kedalaman yang berbeda-beda. Selain itu, ada beberapa titik yang debit airnya sangat deras, jadi wajib untuk berhati-hati.

Berswafoto di Tebing

Seperti yang disebutkan diawal tadi, jika Air Terjun Tanggedu ini dibilang mirip dengan Grand Canyon karena tebing yang dimilikinya. Nah disinilah kita bisa berswafoto ria, karena lokasinya sangat keren dan instagramable.

Bersantai sambil menikmati kelapa muda

Di dekat lokasi Air Terjun ada beberapa penjual yang menjajakan jajanannya, salah satunya adalah kelapa muda yang sangat segar, jadi jangan lupa untuk membelinya ya. Duduk santai sambil menikmati kesegaran kelapa muda akan membuat suasanya menjadi sangat lengkap.

Tips sebelum ke Air Terjun Tanggidu

  1. Siapkan fisik yang prima ya, karena kita haru treking sekitar 30 menit.
  2. Jika ingin berenang, tentu jangan lupa untuk membawa pakaian ganti.
  3. Bawalah uang cash, karena tidak ada ATM disini.
  4. Jangan lupa cas penuh baterai smartphonemu dan bawa baterai cadangan untuk kamera.
  5. Tempat ini masih sangat bersih dan asri, jangan kotori dengan tangan jahil.
  6. Buanglah sampah pada tempatnya, jika belum menemukan tempat sampah, bawalah dulu sampahmu.

Itulah sekilas tentang Air Terjun Tanggedu yang sangat istimewa indahnya. Jadi jika liburan ke NTT terutama di Sumba Timur, jangan lupa memasukkan Air Terjun Tanggedu ini kedalam list yang wajib dikunjungi ya!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah 8

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?