Resep Donat Empuk Tanpa Kentang, Bikin Yuk!

Siapa sih yang tidak suka donat? Camilan yang satu ini memiliki banyak sekali penggemarnya mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua.

Tekstur donat yang empuk dan bisa disantap atau disajikan kapan saja, merupakan salah satu alasan utama mengapa camilan ini sangat digemari.

Pada umumnya, donat terbuat dari tepung terigu, telur, ragi, mentega, gula dan satu lagi kentang yang bisa membuat donat lebih lembut daripada donat terigu.

Namun bukan berati kita tidak bisa membuat donat empuk tanpa kentang lho. Menambahkan kentang pada donat selain menambah biaya untuk membeli bahannya, juga tidak semua orang suka kentang. Lalu bagaimana cara membuat donat empuk tanpa kentang?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang resep donat empuk tanpa kentang. Selain benar-benar empuk, cara membuat donat empuk ini sangat sederhana dan mudah. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Resep Donat Empuk Tanpa Kentang
Resep Donat Empuk Tanpa Kentang, Bikin Yuk! 1

Resep donat empuk tanpa kentang sangat sederhana da untuk bahan yang digunakan tidak terlalu banyak dan mudah dicari, berikut ini ulasannya.

Waktu Memasak: 1J50M

Bahan Resep:

  • 500 gr tepung terigu
  • 250 ml air hangat
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 100 gr margarin, cairkan
  • 6 gr (1,5 sdt) ragi instant
  • 2 sdm susu bubuk
  • minyak goreng
  • gula halus

Petunjuk Resep:

Langkah 1, buat adonan: Masukkan 250 ml air hangat dalam wadah, lalu masukka bahan utama donat seperti, 5sdm terigu, gula, ragi dan aduklah searah jarum jam hingga tercampur rata.

Langkah 2, sempurnakan adonan donat: Langkah yang kedua adalah memasukkan setengah ukuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah itu masukkan juga telur, susu bubuk dan margarin yang sudah dicairkan tadi. Aduk atau uleni lagi hingga kalis, elastis dan tidak lengket, kira-kira 6-8 menit.

Langkah 3, diamkan adonan: Setelah adonan selesai, tutuplah dengan plastik wrap atau yang lainnya, dan diamkan adonan mengembang sekitar 30 menit (hingga mengembang 2 kali lipat).

Langkah 4, kempeskan dan sedikit uleni lagi: Setelah kurang lebih 30 menit, kempeskan adonan, lalu bisa diuleni sebentar, dan diamkan lagi hingga mengembang. Kali ini cukup 10 menit saja.

Langkah 5, goreng donat: Panaskan minyak untuk menggoreng. Sebelum donat digoreng jangan lupa untuk membentuk atau mencetak donat, buat lobang dengan jari telunjuk(sesuai selera). Setelah itu bisa langsung digoreng dengan api yang kecil hingga matang.

Langkah 6, angkat dan sajikan: Setelah matang, angkat donat lalu tiriskan sebentar, lalu bisa ditaburi topping gula halus atau sesuai selera, contohnya parutan keju, atau cokelat.

Tips donat empuk

  1. Apabila menggunakan cetakan, setelah adonan mengembang 2 kali lipat tadi, bisa kempiskan lagi, lalu uleni sebentar dan gilas dengan rolling pin, setelah itu cetak dan diamkan sekitar 10 menit, kemudian bisa langsung digoreng.
  2. Jika ingin menyimpan di freezer, setelah mengembang 2 kali lipat tadi dilangkah pertama, bisa dikempiskan dahulu, uleni sebentar, bulatkan, dan simpan dalam wadah yang rapat terbungkus plastik wrap atau plastik biasa, asalkan tidak ada udara yang masuk. Jika ingin menggoreng kembali, tinggal keluarkan, tunggu hingga lentur lagi, cetak dan diamkan 10 menit, kemudian bisa digoreng.

Itulah resep donat empuk walaupun tanpa menggunakan kentang. Sangat mudah sekali kan? Cobaik langsung yuk!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.3 / 5. Jumlah 23

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?