10 Tempat Wisata Malam Jogja Yang Satupun Tidak Boleh Dilewatkan

Yogyakarta, bicara soal liburan di kota ini memang tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari kita membuka mata sampai terlelap lagi, di Yogyakarta selalu ada tempat untuk menikmati pesonanya.

Kali ini, kita bakalan bahas tentang wisata malam di Jogja. Ingat Jogja tidak pernah tidur, jadi buat kalian yang liburan di Jogja, mau wisata 24 jam pun ada.

Nah maka dari itu kali ini kita bakal rangkum menjadi top 10 Wisata Malam Jogja yang satupun tidak boleh dilewatkan ketika liburan disini. Penasaran dimana saja tempatnya? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Jalan Malioboro Hingga Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Image By IG : @litadeladell
Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Image By IG : @litadeladell

Tentu setiap orang sudah tau, jika Malioboro adalah lokasi yang tidak boleh dilewaatkan saat liburan di Jogja. Nah perlu diketahui jika disini tidak pernah tidur, walaupun siangnya sudah berkunjung ke Malioboro, jangan ragu untuk mengunjunginya saat malam tiba.

Selain berbelanja, disini kita bisa duduk menikmati suasana Jogja sambil kulineran yang bisa nikmati hingga larut malam.

2. Alun-alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun Kidul Yogyakarta, image By Ig : @alexander_dendy_setyawan
Alun-alun Kidul Yogyakarta, image By Ig : @alexander_dendy_setyawan

Alun-alun kidul atau alun-alun bagian selatan, adalah salah satu lokasi yang tidak boleh dilewatkan. Saat malam hari tiba, Alun-alun kidul akan sangat ramai dengan banyaknya penjaja makanan disekeliling alun-alun.

Kita bisa duduk sambil kulineran, atau bisa berkeliling menggunakan wahana mobil-mobilan hias yang unik dan pasti akan jadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Selain itu, kita juga bisa mencoba Masangin, dimana kegiatan ini merupakan berjalan melewaati dua pohon beringin yang berada di tengah alun-alun kidul dengan mata tertutup. Walaupun terlihat mudah, namun tidak semua orang bisa melewatinya lho. Dan konon katanya kalau bisa melwatinya jika kita memiliki harapan, maka akan harapannya akan terkabul. Berani coba? Datang ke Alun-alun kidul Yogyakarta.

3. Bukit Bintang

Bukit Bintang, Image By IG : @rvanmy
Bukit Bintang, Image By IG : @rvanmy

Wisata Malam Jogja yang ketiga adalah Bukit Bintang. Lokasi Bukit Bintang ini memang agak jauh dari pusat Kota Yogyakarta, Namun akses jalannya sangat mudah kok.

Letak dari Bukit Bintang sendiri berada tepat di Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Disini kita bisa menikmati keindahan malam Jogja dari atas bukit sambil mencicipi hidangan yang tersedia, mulai dari jagung bakar sampai makanan berat. Saat Sore hari hingga malam hari, disini selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati suasana malam Jogja yang tentu sangat istimewa.

4. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta, Image By IG : @rickyeligius
Tugu Yogyakarta, Image By IG : @rickyeligius

Siapa sih yang tidak kenal Tugu Pal Putih yang notabene merupakan landmark dari Yogyakarta?

Tugu Yogyakarta masuk kedalam list wisata malam Jogja, karena saat malam hari disini banyak sekali wisatawan yang ingin berfoto berlatar belakang Tugu Yogyakarta. Jadi, tentu menjadi lokasi yang tidak boleh kita lewatkan dong yang saat liburan di Jogja?

Selain berfoto, kita bisa mencicipi banyak kulineran yang ada disekitar Tugu. Dijamin bakal bikin nggak mau pulang deh.

5. Angkringan Kopi Jos

Angkringan Lik Man, Image By IG : @mariannejanty
Angkringan Lik Man, Image By IG : @mariannejanty

Wisata malam Jogja yang kelima adalah angkringan Kopi Jos. Pasti sudah pernah dengar Kopi hitam yang disajikan dengan arang panas yang dimasukkan kedalam gelas kan? Disinilah kita bisa menemui langsung dengan pencetusnya yakni angkringan Lek Man.

Di area Kopi Jos ini kita bisa menemukan banyak angkringan yang berderet, dan disalah satu deretan angkringan tersebut ada angkringan yang legendaris yakni lek man. Tak perlu bingung milih angkringannya, karena semua juga menyediakan kopi Jos jika ingin mencobanya. Duduk bersama teman atau orang terkasih hingga larut malam pasti akan terasa sangat cepat jika disini, karena lokasinya memang sangat menyenangkan, walaupun banyak pengamen yang lalu-lalang.

6. Pasar Malam Sekaten

Sekaten Jogja, Image By IG : @nur.mustaqim
Sekaten Jogja, Image By IG : @nur.mustaqim

Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) atau sering juga disebut dengan Sekaten Jogja merupakan event tahunan yang memang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat jogja dan sekitarnya.

Jadi kita hanya bisa menemuinya hanya pada waktu tertentu saja. So jika liburan di Jogja dan pas dengan perayaan Sekaten seperti sekarang ini. Jangan lupa untuk mengunjunginya.

Sekaten memang sama seperti pasar malam pada umumnya, namun yang membuat lain adalah karena di Jogja. Kalau ga percaya, cobain deh atmosfir perayaan sekaten di Jogja ini bakal bikin ga mau pulang.

Namun ingat, karena Perayaan Sekaten ini selalu dipadati pengunjung, jangan lupa menjaga barang bawaan kita ya. Atau sebelum datang bisa membaca Tips Nyaman Berkunjung Ke Sekaten Jogja disini.

7. Taman Pelangi di Monumen Jogja Kembali

Taman Pelangi, Image By IG : @tiafauzi.tf
Taman Pelangi, Image By IG : @tiafauzi.tf

Monumen Jogja Kembali atau sering juga disebut dengan Monjali merupakan monumen sejarah perjuangan Republik Indonesia yang letaknya berada di Jalan lingkar Utara atau Ring Road Utara Yogyakarta.

Saat malam hari, kita bisa menemukan banyak lampion yang unik dan membuat suasana menjadi sangat romantis. Lokasi yang mudah dijangkau, Taman Pelangi atau Taman Lampion selalu menjadi pilihan utama keluarga atau wisatawan yang ingin menikmati wisata malam Jogja.

8. Tebing Breksi

Tebing Breksi, Image By IG : @fanfanphotograph
Tebing Breksi, Image By IG : @fanfanphotograph

Pasti sudah tau dengan Tebing Breksi Yogyakarta kan? Sekarang kita bisa menikmati keindahan Tebing Breksi pada malam hari lho, sebelum jam 9 malam sih.

Nah jika sudah melihat tebing breksi saat siang, jangan ragu untuk berkunjung dimalam hari. Suasana tenang dan romantis akan kita temukan disini. Datanglah sebelum petang tiba, dan kita bisa menghabiskan sore hingga malam disini.

9. Cobain Sate Klathak

Sate Klathak Pak Pong, Image By IG : @bow__17inch
Sate Klathak Pak Pong, Image By IG : @bow__17inch

Untuk yang kesembilan ini masuk juga dalam kuliner malam jogja. Nah jika lapar melanda saat malam tiba, pilihan tepat untuk meluncur ke Sate Klathak yang lokasinya di kawasan Pleret, Bantul. Tepatnya di sepanjang jalan dari Ringroad, Jalan Imogiri Timur, sampai Jejeran, Wonokromo, Pleret Bantul dan jam buka dari warung tersebut dari 09.00-23.30 WIB.

Sate Klathak sendiri merupakan sate kambing, namun untuk sate klathak ini menggunakan tusuk sate dari jeruji sepeda, jadi daging di dalam bisa lebih matang saat dibakar. Dalam penyajiannya, sate Klathak biasanya bebarengan dengan kuah gulai dan nasi putih.

Nah untuk legenda sate klathak yang terkenal adalah Sate Klathak Pak Pong yang berlokasi tepat di Jl. Imogiri Tim. No.KM, Jejeran II, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dijamin deh, rasanya bakal memanjakan perut kita.

10. Nongkrong di Cafe Unik dan Instagramable di Jogja

Warung Kopi DST, Image By IG : @kopidst
Warung Kopi DST, Image By IG : @kopidst

Wisata malam jogja yang ke sepuluh adalah dengan mengunjungi cafe unik dan instagramable di Jogja. Dimana sajakah lokasinya? Berikut ini beberapa pilihan tepat yang bisa diunjungi.

  1. Kopi DST. Lokasi Tamantirto, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tutup pukul 00.00. Suasana dari cafe ini akan sangat berbeda, karena berada jauh dari keramaian, selain instagramable, Kopi DST memiliki pilihan kopi asli yang lengkap dan tentu saja sangat nikmat.
  2. Cafe Brick, Jl. Damai No.8, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka 24 jam. Cafe bertema vintage British, setiap sudutnya di desain ala Eropa. Jadi sangat instagramable banget.
  3. The House Of Raminten, Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224. Buka 24 jam. Desain yang unik dan jadul jadi primadona tersendiri disini, suasana tenang, nyaman bakal memanjakan pengunjung sambil ngobrol bareng teman.
  4. Roaster And Bear, Jl. P. Mangkubumi No.52, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB. Lokasinya yang sangat mudah dijangkau transportasi, menjadikan Roaster And Bear ini wajib untuk dikunjungi. Banyak mural lucu berpadu dengan ornamen kayu dan besi, so pasti kesan vintage/klasik bisa kita temui disini.

Nah itulah Top 10 Tempat Wisata Malam Jogja Yang Satupun Tidak Boleh Dilewatkan. Mana yang jadi favoritmu? Atau mungkin ada tambahan lokasi lain? Komentar dibawah ya.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?