Inilah Cara Membuat Telur Asin Enak dan Masir

Telur asin merupakan makanan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan diasinkan. Biasanya telur yang dijadikan telur asin adalah telur bebek, walaupun memang bisa juga menggunakan telur-telur yang lainnya.

Telur asin bisa disajikan bersama berbagai macam hidangan mulai dari nasi jamblang, nasi lengko, nasi putih biasa atau bisa juga dimakan tanpa nasi.

Untuk membuat telur asin memang bisa dibilang tidak sulit, namun memang untuk waktu pembuatannya membutuhkan waktu yang lama, yakni 10-15 hari, tergantung tingkat keasinan yang diinginkan.

Nah, ingin membuat telur asin sendiri dirumah? Berikut ini ada rekomendasi cara membuat telur asin yang enak dan mudah. Simak yuk!

Cara Membuat Telur Asin Enak dan Mudah
Inilah Cara Membuat Telur Asin Enak dan Masir 1

Cara membuat telur asin yang enak tidak sulit kok, berikut ini langkah-langkahnya.

Tipe: Lauk

Masakan: Khas Jawa Tengah

Jumlah Yang Dihasilkan Resep: 10-20 telur

Kalori: 137

Total Waktu: 10D

Bahan Resep:

  • 15-20 butir telur bebek, pilih yang masih baru
  • 300 gram garam kasar, lebih juga boleh
  • 10 siung bawang putih/jumlah sesuai selera
  • 8 cabe rawit, potong potong
  • Secukupnya air, sekitar 1 liter

Petunjuk Resep:

Langkah 1, cuci telur bebek: Cuci telur bebek menggunakan air bersih, lalu sikat dengan perlahan menggunakan sabut kasar. Hal ini untuk membuat pori-pori telur terbuka dan telur benar-benar bersih.

Langkah 2, merebus air garam: Rebus air dalam panci hingga mendidih lalu masukkan garam. Aduk sampai garam larut kemudian matikan api. Dinginkan hingga bersuhu ruangan.

Langkah 3, rendam telur bebek: Masukkan dan susun telur dalam toples kaca/plastik. Pastikan bisa ditutup rapat. Masukan air garam yang sudah dingin, sampai merendam semua telur.

Langkah 4, geprek bawang dan potong cabai: Geprek (gepuk) bawang putih dan potong kecil cabe. Setelah itu masukan ke dalam air rendaman garam yang berisi telur.

Langkah 5, buat ganjalan telur: Ambil plastik putih 1 kg lalu isi air secukupnya dan ikat seperti membuat es batu. Taruh plastik yang berisi air ini dalam toples untuk menindih telur agar menahan telur tidak naik kepermukaan air garam, jadi air garam meresap sempurna pada semua telur. Diamkan selama 10 Hari.

Langkah 6, ambil dan masak telur asin: Setelah 10 hari, bawang putih dan cabe sudah berada didasar toples. Saat itu bau sudah seperti bawang putih dan cabe dan tidak tercium aroma amis. Angkat dan tiriskan telur lalu bisa direbus atau dikukus selama 30 menit. Angkat dan sajikan.

Tips membuat telur asin

  1. Jika ingin membuat telur yang lebih asin bisa diremdam sekitar 15 hari.
  2. Telur asin juga bisa menggunakan telur ayam, namun memang biasanya kuning telur pada telur ayam susah padat alias lumer.
  3. Walaupun menggunakan cabe, bukan berati telurnya menjadi pedas lho. Rasanya tetap seperti telur asin pada umumnya kok. Tidak ada rasa pedanya.

Itulah resep dan cara membuat telur asin yang enak. Mudah sekali bukan? Coba bikin sekarang juga yuk!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.3 / 5. Jumlah 13

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?