Ingat, Saat di Kota Tua Jakarta, Jangan Sampai Terlewatkan 5 Obyek Wisata ini

Salah satu cara untuk menghargai sejarah adalah dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah. Bagi para warga Jakarta atau wisatawan yang sedang mengunjungi ibu kota, Kota Tua merupakan tempat wisata bersejarah yang wajib untuk di kunjungi.

Kota Tua terdiri atas sebagian wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, mulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Museum Bank Indonesia.

Pada masanya, Pelabuhan Sunda Kelapa adalah pelabuhan tersibuk dan terbesar yang digunakan sebagai pusat kegiatan jual beli dalam perdagangan internasional. Sementara kawasan di sekitar Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahilah merupakan salah satu pusat pemerintahan kolonial.

Karena cakupannya terbilang luas, maka Kawasan Kota Tua Jakarta ini mempunyai sejumlah objek wisata menarik yang wajib dikunjungi untuk mengenal sejarah secara lebih dekat.

Penasaran dimana sajakah itu? berikut ini ulasanya

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah
image: weekendatmuseum.weebly.com

Museum yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia ini
memiliki tiga lantai dengan sedikitnya 25.000 koleksi benda bersejarah yang dimilikinya.

Untuk dapat masuk ke museum Fatahillah, kita wajib membeli tiket masuk seharga Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk mahasiswa  dan Rp 5.000 untuk dewasa.

Museum ini beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu, antara jam 9 pagi hingga 3 sore. Salah satu tempat yang paling penting di museum ini tidak berada di dalam, tetapi ada di lapangan yang terletak di luar gedung. Di tempat tersebut, para penjajah biasanya melakukan eksekusi tahanan.

2. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa
image : www.anythingjakarta.com

Pelabuhan kuno yang pernah dijadikan sebagai pelabuhan utama dalam perdagangan internasional ini menjadi saksi kejayaan Jakarta atau Batavia pada masanya. Tempat ini lah yang menjadi saksi kejayaan dari Kerajaan Pajajaran, kehidupan makmur Kerajaan Demak, kedatangan bangsa Portugal, hingga masa dimulainya kekuasaan Belanda di Indonesia.

Saat ini, pelabuhan ini digunakan sebagai tempat berlabuhnya kapal nelayan setempat. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi lokasi ini ialah pada sore hari menjelang senja. Siluet kapal nelayan yang dipadukan dengan cahaya jingga tentu akan menjadi objek foto yang sangat cantik untuk dikenang.

Untuk urusan kuliner, di sekitar tempat wisata tersebut terdapat berbagai warung makan yang menawarkan aneka olahan seafood yang tentunya enak dan lezat.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia, Image By : @b.l.chong
Museum Bank Indonesia, Image By : @b.l.chong
Advertisements

Museum Bank Indonesia adalah salah satu tempat wisata yang banyak menarik perhatian para wisatawan. Terdapat banyak objek menarik yang dapat kita lihat di Museum Bank Indonesia, khususnya bagi yang menyukai kegiatan fotografi.

Museum Bank Indonesia dapat dikunjungi setiap hari Selasa hingga Kamis, mulai pukul 8:00 sampai 14:30. Sementara pada Hari Jumat, Musium Bank Indonesia akan buka mulai pukul 08:00 hingga 11:00 serta Sabtu dan Minggu pada jam 9:00 sampai 16:00. Pengunjung dapat masuk ke museum ini dengan membayar Rp 5.000/orang.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik
image : blog.goindonesia.com

Museum yang menyimpan banyak karya dari seniman Indonesia yang berkelas internasional sejak tahun 1800an.

Museum Seni Rupa dan Keramik ini memiliki lebih dari 400 benda seperti sketsa, patung, batik lukis, lukisan, hingga totem kayu yang dibagi menjadi periode waktu tertentu. Jadi bakalan rugi jika tidak mengunjunginya.

5. Toko Merah

toko merah kota tua di jakarta
image : www.shrayaresidence.com

Tempat wisata lain yang sayang sekali untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kota Tua Jakarta ialah Toko Merah.

Baron Van Imhoff, yang merupakan gubernur jendral VOC dan penggagas bangunan Istana Bogor adalah sosok yang mendirikan tempat unik ini. Namun untuk memasuki tempat ini, kita harus mendapatkan izin khusus dari pihak yang berwajib.

Bangunan ini sangatlah unik dan instagramable, jadi jika memang tidak bisa masuk, cukup di area luarnya saja sudah mengasikan dan tentu akan membuat feed instagram semakin keren.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?