Serunya Liburan Ala Negeri Dongeng Di Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Sudah pernah mendengar Wisata Seribu Batu Songgo Langit? Pasti masih asing kan dengan nama ini? Tapi, jika ditanya Rumah Hobbit Jogja, pasti tau dong?

Benar sekali, Seribu Batu Songgo Langit adalah lokasi dimana terdapat Rumah Hobbit Jogja yang hits di media sosial khususnya Instagram.

Mungkin bertanya-tanya, kenapa sih tidak dinamakan Rumah Hobit saja? Kenapa harus dengan nama Seribu Batu Singgo Langit? Apakah disana ada seribu batu yang tingginya sampai ke langit?

Kali ini mimin berkesempatan wawancara dengan salah satu pengelola Wisata Seribu Batu Songgo Langit, belau adalah mas Endra Dewa sebagai Sekretaris di Wisata Seribu Batu Songgo Langit, beliau bercerita tentang Seluk Beluk Wisata Seribu Batu Songgo Langit, simak yuk.

Sejak kapan obyek wisata Ini ada, dan kenapa dinamai Wisata Seribu Batu Songgo Langit? Apakah ada artinya?

Seperti yang dituturkan mas Endra, obyek wisata Seribu Batu Songgo Langit ada sejak 26 maret 2016, sedangkan arti dari nama Seribu Batu Songgo Langit adalah “Sewu Watu”  atau “Seribu Batu”  yakni “Sejatine Wong Urip Iku Kudu Tumindak Utomo” atau dalam bahasa Indonesia “Sejatinya manusia itu hidup untuk berbuat keutamaan atau berbuat kebaikan” dan untuk arti nama Songgo Langit adalah dibawah lokasi wisata ini merupakan tempat tinggal masyarakat atau rumah-rumah warga sekitar yang tinggal di bawah puncak tersebut, ditambah karna tempatnya yang tinggi seperti menyangga langit.

Songgo Langit sendiri jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah “menyangga langit”, namun bukan berati memangku langit lho apalagi ada batu yang sampai ke langit, hanya seperti menjadi penyangga langit, karena lokasinya yang tinggi.

Hal menarik apa yang ditawarkan Seribu Batu Songgo Langit daripada tempat lain?

Bicara hal menarik yang ada di Wisata Seribu Batu Songgo Langit tidak ada habisnya, karena disini selain udara yang sangat sejuk, dan pemandangan yang sangat indah, pengunjung akan dibawa seolah-olah liburan di Negeri Dongeng.

Rumah Hobbit, Seribuu Batu Songgo Langit, Image By : Endra Dewa
Rumah Hobbit, Seribuu Batu Songgo Langit, Image By : Endra Dewa

Pengunjung bisa berswafoto ria dengan background tempat yang sudah diseting seperti yang ada dalam dongeng, salah satu yang sangat populer adalah Rumah Hobbit yang sangat mirip dengan yang ada di New Zealand.

Spot Foto Kincir Angin, Seribu Batu Songgo Langit, Image By : Endra Dewa
Spot Foto Kincir Angin, Seribu Batu Songgo Langit, Image By : Endra Dewa

Tidak hanya itu, di Seribu Batu Songgo Langit masih banyak spot foto lain seperti Kincir Angin dan yang memiliki banyak filosofi dalam pembuatannya yakni Rumah Ranting.

Filosofi pertama dari Rumah Ranting ini adalah bentuknya yang menyerupai kukusan/kerucut yang terdiri dari tiga pilar, masing-masing pilar tersebut adalah kesinambungan antara Manusia, Alam dengan Tuhan. Dengan harapan kita sebagai manusia selalu ingat akan manfaat Alam dan selalu bersyukur atas nikmat Tuhan yang Maha Esa agar selalu melestarikan alam ciptaannya.

Rumah Ranting, Seribu Batu Songgo Langit, Image By : Endra Dewa
Rumah Ranting, Seribu Batu Songgo Langit, Image By : Endra Dewa

Filosofi kedua, lokasi dan tata letaknya yang dibuat menanjak serta saling berhadapan, dimana pusat dari kukusan tersebut terletak di bagian paling atas menghadap ke semua rumah kukusan yang di bawahnya. Tatanan rumah tersebut mengandung makna, guna mencapai sebuah kesuksesan ataupun sebuah tujuan dibutuhkan sebuah proses yang harus di lalui dengan penuh perjuangan yang dimulai dari bawah.

Nah, bagi kalian yang suka memacu adrenalin bisa juga mencoba wahana flyingfox yang ada di Wisata Seribu Batu Songgo Langit. Tenang, murah kok, cukup membayar Rp. 15.000 Rupiah saja kita bisa langsung meluncur, tentu dengan arahan petugas disana, agar tetap aman.

Wow, Menarik nih lokasinya. Tapi untuk fasilitas apakah sudah lengkap?

Fasilitas umum yang ada di Wisata Seribu Batu Songgo Langit bisa dibilang sangat lengkap ghaes, karena disini terdapat 14 Toilet, 2 Mushola, 2 Aula, 1 Lokasi Outbond, 1 Panggung Terbuka, dan yang lebih utama adalah 11 Warung Makan yang siap memanjakan pengunjung ketika lapar melanda.

Lokasi Seribu Batu Songgo Langit, dan akses jalannya bagaimana?

Wisata Seribu Batu Songgo Langit berada tepat di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini sangat berdekatan dengan Hitan Pinus Mangunan, jadi saat liburan kesini, kita juga bisa mampir ke Hutan Pinus Mangunan karena memang satu jalan.


Sedangkan untuk akses jalan menuju lokasi Seribu Batu Songgo Langit ini mulus dan lancar, baik untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat. Namun tetap perlu hati-hati ya, karena tanjakan disini lumayan tinggi, jadi diharapkan kendaraan dalam keadaan fit untuk liburan kesini.

Waktu yang tepat ke Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Seribu Batu Songgo Langit, Image By IG : @24pino_pino
Wisata Seribu Batu Songgo Langit, Image By IG : @24pino_pino

Sebenarnya untuk waktu berkunjung kesini bisa kapan saja, baik pagi, siang, ataupun sore. Namun perlu diperhatikan jam pelayanan mulai pukul 07:30 – pukul 17:00 WIB ya. Dan jika ingin mendapatkan foto yang bagus bisa datang pagi, saat belum banyak pengunjung, kita bisa berfoto dengan background sempurna.

Oke, bakal liburan kesana deh, tapi berapa Harga Tiket Masuk Seribu Batu Songgo Langit, dan bagaimana pengunjung bisa membelinya?

Berikut ini detailnya HTM Wisata Seribu Batu Songgo Langit :

  1. Tiket masuk per orang :  Rp.2000 + asuransi Rp.500
  2. Tiket kendaraan roda dua : Rp.2000
  3. Tiket mobil : Rp.5000
  4. Minibus (elf) : Rp 10.000
  5. Bus : Rp 20.000

Semua tiket masuk ini bisa dibeli di loket yang letaknya di dekat gerbang masuk lokasi wisata.

Harapan dan mungkin akan ada inovasi apa saja di Seribu Batu Songgo Langit kedepan?

Harapan kedepan Seribu Batu Songgo Langit yaitu menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang banyak diminati wisatawan, baik dalam, maupun wisatawan luar negri, Sehingga mampu miningkatkan perekonomian warga masyarakat sekitar.

Mengenai inovasi kedapan Wisata Seribu Batu Songgo Langit yaitu penambahan wahana permainan, fasilitas, spot foto, Serta menyajikan kuliner khas asli warga sekitar untuk di jajakan di warung di dalam wisata.

Ditambah Inovasi dalam akses jalan serta pelestarian hutan sekitar kawasan wisata.

Ungkap Endra Dewa, Sekretaris Wisata Seribu Batu Songgo Langit.

Nah, itulah  sekilas tentang Wisata Seribu Batu Songgo Langit yang akan membawa kita liburan ala negeri dongeng. Sangat menarik bukan?

Jadi, jangan lupa ya, masukkan Wisata Seribu Batu Songgo Langit kedalam list yang wajib diunjungi saat liburan di Yogyakarta. Selamat liburan

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?