Resep Biji Salak Lembut dan Manis

Biji salak merupakan makanan khas Indonesia yang biasanya selalu hadir saat bulan Ramadhan. Teksturnya yang empuk, sedikit kenyal, lembut dan rasanya cenderung manis agak gurih sangat cocok dinikmati saat berbuka puasa.

Jika kita tengok kebelakang lagi, biji salak merupakan salah satu kuliner khas betawi yang bahannya terbuat dari ubi jalar/ubi ungu dan tepung tapioka yang direbus, lalu disantap dengan gula merah dan santan.

Sudah kebayangkan enaknya seperti apa? Bagaimana jika membuat sendiri biji salak dirumah?

Resep biji salak sangat sederhana kok, kita hanya memerlukan beberapa langkah saja. Karena sangat sederhana inilah yang menjadikan biji salak selalu digemari para ibu untuk membuat hidangan pembuka saat bulan ramadhan. Lalu bagaimana cara membuat biji salak ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Resep Biji Salak Empuk, Lembut dan Praktis
Resep Biji Salak Lembut dan Manis 1

Resep biji salak memang sangatlah sederhana, hanya memerlukan beberapa langkah saja, yakni membuat biji salak, kuah santan, dan kuah gula. Berikut ini langkah dan cara membuatnya.

Jumlah Yang Dihasilkan Resep: 5 Porsi

Total Waktu: 50M

Bahan Resep:

  • 1/2 kg ubi jalar, kupas lalu kukus
  • 100 gram tepung kanji
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 L Air matang (bahan saus gula)
  • 200 gr gula merah (bahan saus gula)
  • 1 sdm gula pasir (tingkat kemanisan disesuaikan dgn selera)
  • 2 lbr daun pandan (bahan saus gula)
  • 1 bungkus kelapa parut (bahan saus santan)
  • 250 cc air matang (bahan saus santan)
  • 1/2 sdt garam (bahan saus santan)
  • 1 lbr daun pandan (bahan saus santan)

Petunjuk Resep:

Langkah 1, membuat biji salak: Haluskan ubi yang sudah dikukus tadi, tambahkan tepung kanji, garam lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian buatlah bulatan seperti biji salak. Karena buat sendiri, untuk ukuran sebaiknya jangan terlalu besar.

Lanngkah 2, rebus biji salak: Didihkan air dalam panci lalu masukkanlah biji salak yang sudah kita bentuk tadi. Rebus hingga biji salak mengapung. Setelah itu ditiriskan.

Langkah 3, membuat saus gula: Campur semua bahan saus gula. 1/2 L Air matang, 200 gr gula merah, 1 sdm gula pasir (tingkat kemanisan disesuaikan dgn selera) dan 2 lbr daun pandan. Rebus hingga mendidih, kemudian tuangkan larutan tepung sagu, lalu masak hingga agak mengental. Masukkanlah biji salak, dan masak sebentar saja. Matikan api

Langkah 4, membuat saus santan: Campur semua bahan saus santan. Santan dari 1 bungkus kelapa parut, 250 cc air matang, 1/2 sdt garam dan 1 lbr daun pandan. Rebuslah sampai mendidih dan jangan lupa untuk selalu diaduk. Setelah itu angkat.

Langkah 5, sajikan biji salak empuk, lembut dan praktis: Ambil dan masukkan biji salak kedalam wadah/gelas saji/mangkuk, lalu tuang saus santan sesuai selera, kemudian sajikan.

Itulah resep biji salak empuk, lembut dan manis. Sangat mudah sekali bukan? Selamat mencoba.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk memberi vote.

Penilaian rata-rata 4.6 / 5. Jumlah 11

Jadilah yang pertama memberi peringkat disini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

FREE 100% Dapatkan info dan penawaran menarik langsung di email! 

Daftar klik disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?